Tips Berhubungan dengan Keluarga Mantan

mirip

Berakhirnya sebuah hubungan memang suatu resiko dalam pacaran atau pernikahan. Namun, kita terlanjur akrab dengan keluarga mantan, apakah hubungan dengan mereka juga harus berakhir?

Dulu saat berpacaran atau menikah, kita selalu diajak bertemu dengan orang tuanya, bermain bersama kakak-adiknya, atau mengasuh sepupu yang masih kecil bersama. Hubungan bersama mereka terjalin dengan baik, bahkan saling tukar nomor hp untuk sms atau telpon.

Tapi, ketika ada suatu hal dan membuat hubungan harus berakhir. Kita nggak bisa untuk nggak memikirkan hubungan dengan keluarga mereka. Memutus tali silaturahim bukanlah hal yang tepat. Keluarga mantan pun mungkin nggak mau terputus kontak denganmu karena sudah menganggap kamu bagian dari mereka.

Bisakah kita menjalin hubungan dengan keluarga mantan? Tentu! Ada tips-tips yang kamu harus perhatikan untuk bisa menjalin hubungan dengan keluarga mantan.

Beri Jeda Waktu

Berikan waktu apabila kamu baru saja putus dengan mantan. Apalagi kalau kalian pisah dengan nggak baik. Sekitar 3-4 bulan untuk nggak bertemu atau bermain dengan keluarga mantan. Namun, kamu bisa menghubungi keluarga mantan dengan sms atau telepon selama waktu tersebut.

Bahas dengan Mantan

Tanyakan terlebih dahulu dengan mantan apabila masih ingin berhubungan dengan keluarganya. Apakah boleh kamu dan keluarganya untuk saling bertemu? Jika dia orang yang baik, dia pasti mengizinkan. Namun, jangan kaget kalau jawabannya adalah nggak boleh.

Content continue below...

Berikan Pengertian pada Keluarga Mantan

Ketika kamu sudah diperbolehkan untuk bertemu keluarganya, jelaskan pada mereka bagaimana status hubunganmu. Nggak perlu membahas detil berakhirnya hubungan kalian jika hanya akan membuat suasana menjadi nggak enak. Apabila keluarga mantan berharap kalian berpacaran lagi, tolak secara halus dan baik-baik.

Tidak Ada Kehadiran Mantan

Bertemulah saat nggak ada mantan di rumah. Atau kalau mau, pergi keluar bersama mereka. Mantan nggak perlu merasa canggung dengan kehadiran kamu. Kalau mantan nggak nyaman dengan keberadaan kamu, jangan dipaksa untuk bertemu. Karena hanya membuat posisi keluarga menjadi serba salah.

Hormati Keluarga Mantan

Jangan membahas hal-hal sensitif ataupun kejelekan mantan di hadapan mereka. Tindakan tersebut hanya akan menciptakan rasa canggung di keluarga mantan.

Susun Rencana

Buat rencana agar kamu dan keluarga mantan dapat bertemu. Misalnya mengundang mereka ke acara di rumah kalian.

Share Your Thoughts