Semakin Modern, Wanita Semakin Pintar daripada Pria

Home Articles Semakin Modern, Wanita Semakin Pintar daripada Pria
Share the knowledge!

Antara masa lalu dengan masa kini, banyak sekali perbedaan di antara kedua zaman tersebut. Salah satu perbedaan paling signifikan terjadi pada kehidupan wanita.
Di masa lalu, wanita dianggap sebagai makhluk lemah dan terikat budaya. Wanita nggak memiliki kebebasan untuk bergerak seperti pria. Wanita nggak boleh memiliki pendidikan tinggi, nggak boleh bekerja, nggak boleh berpikir secara kritis. Mereka seakan ditakdirkan hanya untuk hidup bekerja di rumah dan melayani pasangannya saja.

Pin up woman striking a strong woman poseTetapi di masa kini, wanita telah mengalami banyak perubahan. Seiring dengan perkembangan zaman, mereka yang tadinya lemah dan terikat budaya, kini bisa meraih kebebasan seperti pria. Wanita kini bisa bekerja, berpikir secara bebas, dan boleh mengambil pendidikan setinggi-tinggi. Bahkan kini, kemajuan tersebut sepertinya sudah mengungguli pria.

Ya, bisa dikatakan bahwa kini wanita sudah mulai mengungguli pria, salah satunya dalam, hal kecerdasan. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa dibandingkan pria, kemampuan kognitif wanita meningkat dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, wanita semakin pintar bila dibandingkan dengan pria.

Para peneliti menganalisis kumpulan data hasil survey di tiga negara Eropa mulai dari tahun 2006. Mereka mempelajari 31.000 pria dan wanita yang lahir antara tahun 1923 sampai dengan 1957.

Seluruh responden tersebut diminta untuk menyelesaikan tugas yang mengasah kemampuan kognitif, ketajaman memori, berhitung, dan kuallitas pengetahuan. Hasil dari eksperimen itu kemudian dibandingkan dengan jawaban saat penelitian dilakukan saat mereka berusia 25 tahun.

Hasil yang didapat adalah perkembangan kecerdasan kognitif wanita rupanya terus meningkat dari waktu ke waktu. Sebagian besar responden wanita menonjol di bagian uji memori dan kualitas pengetahuan. Namun, para pria masih lebih cemerlang dari hasil kemampuan berhitung.

Seorang rekan peneliti bernama Agneta Herlitz mengatakan bahwa nggak ada penjelasan ilmiah mengenai kecerdasan wanita yang lebih baik daripada pria. Namun, dia memprediksikan bahwa hal ini bisa terjadi dikarenakan wanita selalu dinyatakan sebagai warga negara kedua. Sehingga mereka memiliki semangat dan motivasi untuk membuktikan diri mereka.

Jadinya, wanita lebih bersemangat dalam menekuni pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka jadi lebih rajin membaca buku dan selalu “haus” akan inovasi terbaru.

Guys, tentunya kalian juga sempat merasa minder kan saat berhadapan dengan wanita yang lebih pintar darimu? Kalau begitu, jangan malas-malasan dalam mencapai tujuan hidup. Semangat dan rajinlah seperti wanita, oke?

Share the knowledge!