7 Cara Ajaib Melupakan Si Dia yang Sudah Meninggalkan Kamu

uxxm5bg6ggq-joshua-ness

Orang bilang, jatuh cinta sangatlah mudah. Tetapi, begitu kamu harus melupakan, sulit sekali rasanya. Sudah sulit, membuatmu menderita pula. Bagaimana tidak? Kamu sudah punya banyak kenangan dengan si dia. Entah dia memutuskan kamu atau menolak cintamu, kamu sadar tidak ada cara lain untuk mendapatkan dia kembali. Kamu sudah berjuang move on mati-matian, si dia selalu terbayang di benakmu.

Apakah ada cara efektif untuk melupakan si dia? Tentu saja. Semuanya tergantung kamu. Cara ajaib ini baru bisa manjur kalau kamu sudah memantapkan diri untuk tidak lagi menengok ke belakang dan ngarep kamu dan si dia masih punya kesempatan. Kalau sudah memantapkan diri, inilah 7 cara total melupakan si dia yang telah meninggalkan kamu.

1. Tuliskan Alasan Mengapa Kamu Tidak Bisa Mendapatkan Dia Kembali

hjwkmkehbco-alvaro-serranovia Unsplash

Tuliskan di atas kertas atau di memo semua alasan kenapa kamu dan si dia tidak akan pernah cocok. Setiap kali kamu bersedih atau teringat dia lagi, baca semua alasan itu sebagai pengingatmu. Terkadang, memori dan nostalgia bisa terasa lebih indah dari realita yang sesungguhnya. Selain itu, kamu juga tidak bisa mengubah apapun tentang masa lalu selain caramu memandang masa lalu tersebut. Kamu tidak punya pilihan lain selain move on.

2. Bedakan Antara Cinta dan Ekspektasi Semata

ymvcsesyvxi-joshua-earlevia Unsplash

Terkadang, susah melupakan bisa disebabkan oleh kamu yang terlalu mencintai si dia, padahal sebenarnya kamu hanya mencintai ekspektasi si dia di benakmu. Ekspektasi bahwa dialah yang terbaik untukmu, ekspektasi hubungan kalian seharusnya bisa berjalan lebih baik, dan masih banyak lagi. Saatnya kamu melepaskan semua ekspektasi tersebut. Ingatlah, cinta yang didasari ekspektasi pribadi bukanlah cinta yang sesungguhnya.

3. Sadari Pengalaman Kamu Saat Ini Adalah Pembelajaran Buatmu Menjadi Orang yang Lebih Baik

7pbchsazsno-fernando-brasilvia Unsplash

Some people aren’t meant to stay forever in your life. Mereka hanya hadir untuk memberimu pelajaran hidup. Banyak orang sudah tahu hubungan mereka tidak bisa diperbaiki, tetapi mereka malas move on karena mereka takut tidak akan dapat yang lebih baik. Hubunganmu yang gagal seharusnya dijadikan pelajaran berharga buatmu memperbaiki diri.

4. Putuskan Semua Kontak dengan si Dia

haipj8pyel8-freestocks-orgvia Unsplash

Content continue below...

Kamu boleh berteman baik atau bersilaturahmi lagi dengan si dia, asal dengan satu syarat: kamu sudah benar-benar move on dari si dia. Kalau belum, putuskan semua kontak si dia. Hapus dia dari daftar kontakmu, block dia di media sosial, jangan tanya-tanya kabar si dia dari temannya. Kalau dia mencarimu, katakan saja kamu ingin waktu sendiri untuk menenangkan perasaanmu dan total move on.

5. Kamu Masih Bersedih? Biarkan Kesedihanmu Mengalir

x5pwchbamms-freddie-marriagevia Unsplash

Jangan sok kuat kalau kamu masih suka galau atau menangis. Justru kamu malah makin sulit melupakan si dia kalau kamu pura-pura kuat. Saat kamu teringat si dia dan kamu bersedih lagi, biarkanlah kesedihanmu mengalir. Menangislah sepuasnya. Setelah itu, kamu harus merelakan si dia, dan sayangi dirimu sendiri untuk memantapkan diri buat move on. Tidak ada yang menghalangi kamu buat melupakan kecuali dirimu sendiri.

6. Jangan Kesal Kalau Tiba-Tiba Si Dia Kembali Lagi di Benakmu

su0rzsq7rqs-ashton-binghamvia Unsplash

Di sela hari-harimu, tiba-tiba si dia terlintas di benakmu. Kamu panik, karena sulit sekali berhenti memikirkan si dia. Hal ini wajar terjadi, kok. Biarkan saja dia melintas di pikiranmu. Perlahan-lahan, waktu akan membantumu melupakan si dia. Selama kamu tetap move on dan tidak lagi tergoda untuk mencari si dia lagi, proses melupakan si dia masih belum terganggu.

7. Penuhi Hari-Hari Kamu dengan Kesibukan Produktif

ebgr1szj3dg-idriss-fettoulvia Unsplash

Percaya deh, kamu tidak akan bisa melupakan si dia kalau kamu tidak ada kesibukan yang berarti setiap harinya. Pergilah keluar, lakukan apapun yang kamu suka dan membuatmu bahagia. Kalau kamu pikir tidak ada yang bisa membuatmu bahagia selain si dia, itu hanya egomu berbicara. Meski sulit, paksa dirimu untuk melakukan sesuatu.

Share Your Thoughts