5 Aturan yang Wajib Kamu Ketahui Saat Diundang ke Rumah Orang Tua Pasangan

Parents Chatting with Child and Spouse

Setelah pacaran, akhirnya ini saatnya kamu diperkenalkan dengan orang tua pacar. Pastinya ini adalah momen yang sangat penting dan akan mempengaruhi status hubungan kalian kelak di masa depan. Deg-degan dan khawatir, atau bahkan biasa aja mungkin itu yang kalian rasakan.

Tidak perlu khawatir! Hanya karena kamu akan bertemu orang tua pasangan, bukan berarti kamu harus berhenti jadi diri sendiri demi menyenangkan hati mereka! Selama kamu tetap jadi dirimu yang terbaik, you’re good to go! Namun, bukan berarti kamu akan bertemu mereka tanpa persiapan yang terbaik juga, karena bagaimana pun, mereka bisa menjadi calon mertua kamu suatu hari nanti. Oleh karena itulah, di bawah ini adalah beberapa aturan yang harus kalian tahu agar pertemuan dengan orang tua pasangan berjalan dengan baik.

1. Memperhatikan Penampilan

pexels-photo-108061via Pexels

Tidak bisa dipungkiri, hal yang pertama kali dilihat calon mertua pastilah penampilan kamu. Tidak perlu mewah dan berlebihan, yang penting rapi, sopan, dan wangi. Sesuaikan pakaian dengan tema. Jika acara santai gunakan celana jeans dengan kemeja pun tak masalah. Jika acara formal bisa gunakan dress selutut dan cardigan. Untuk wanita, jangan lupa memulas sedikit wajahmu dengan riasan wajah yang natural. Dan untuk pria, tidak ada salahnya kamu mengenakan jas kasual untuk memberikan kesan sopan dan formal.

2. Memberi Salam Kepada Semua Orang

pexels-photo-214576via Pexels

Pastikan ketika pertama kali bertemu dengan calon mertua kamu mencium tangan mereka. Tetapi tidak hanya kepada mereka, kepada anggota keluarga yang lebih tua pun kamu wajib mencium tangan mereka. Kepada anggota keluarga yang lain jangan lupa untuk menyalami mereka. Genggam tangan mereka dengan lembut, tidak terlalu erat tidak juga terlalu lemah. Perkenalkan diri cukup dengan sebut nama panggilan dan tersenyum dengan ramah.

3. Mencoba Berbaur

people-mother-family-fathervia Pexels

Content continue below...

Ini kesempatan yang sayang untuk dilewatkan untuk mengenal keluarganya.  Tersenyum dan menyapa anggota keluarganya adalah langkah pertama yang dapat kamu ambil sebagai usaha untuk berbaur dengan mereka.

Jangan menceritakan apa saja yang sudah kamu dan pasangan lakukan. Bagaimana pun pasangan kamu sudah dikenal oleh keluarganya sejak dia lahir. Sedangkan kamu adalah orang asing bagi mereka. Sebisa mungkin kamu lepas dari pasangan kamu, jangan kemana-mana kamu gandengan terus sama dia, nempel terus seperti perangko, seolah kamu mendominasi pasangan kamu dan mengasingkan dia dari keluarganya sendiri.

4. Ulurkan Bantuan

Dementiastock.comvia Pexels

Saat kumpul bersama keluarga, mungkin ibunya dan adik-kakaknya sibuk menyiapkan ini dan itu. Haram untuk dirimu hanya duduk manis dan membisu. Singsingkan lenganmu dan bantulah mereka. Mereka akan sangat menghargai bantuan kamu, walau hanya membawakan teh atau kopi dan menyusun makanan di atas meja, lalu membantu membereskan ruangan yang telah selesai dipakai. Intinya jika calon ibu mertuamu sibuk, kamu jangan diam saja atau sibuk haha-hihi sama pasangan kamu, apalagi sibuk sendiri sama gadget kamu, that’s a huge no no.

5. Memberikan Buah Tangan (Opsional)

stocksnap_capucyo4ybvia Stocksnap

Tidak ada salahnya menunjukkan sedikit usaha kepada camer. Kamu bisa tanya pasangan kamu kue kesukaan ibunya atau jenis kopi favorit ayahnya. Diskusikan kepada pasangan apa yang harus kamu bawakan untuk kedua orang tuanya. Yakinkan pada pasanganmu bahwa membawa buah tangan adalah hal yang penting. Namun, itu semua disesuaikan dengan kondisimu. Kalau memang sangat-sangat tidak mungkin dilakukan, tidak perlu dipaksakan.

Share Your Thoughts