9 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Pasangan Saat Puasa

Kegiatan Produktif Kelas Cinta

Bulan Ramadan adalah masa-masa yang penuh berkah, di mana kamu dan pasangan harus mengisinya dengan berbagai kegiatan produktif dan positif. Kegiatan produktif yang dimaksud adalah yang tidak hanya membawa manfaat pada orang lain, tetapi juga untuk merawat diri sendiri dan menumbuhkan cinta di antara kamu dan pasangan.

Agar kegiatan produktif tidak terasa terlalu berat untuk dilakukan saat bulan puasa, anggaplah sebagai proses investasi pada diri sendiri dan hubungan agar kamu bisa menjadi dirimu yang terbaik dan makin langgeng dengan pasangan. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan saat puasa, agar lebih bahagia dan langgeng dengan pasangan!

1. Temukan Hobi di Luar Bidang Karir yang Kamu Jalani

A man playing ukulele on the sandy beach in close up view. travel concept
via Pexels

Berpartisipasilah ke dalam hobi atau aktivitas yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan karir yang kamu jalani. Baik dijalani bersama pasangan atau masing-masing, temukan passion atau minat lalu wujudkan melalui hobi yang kalian jalani. Kegiatan di luar karir dapat membantu mengurangi stres sekaligus mendapatkan kepuasan diri yang tak ternilai karena kamu dan pasangan akhirnya bisa melakukan kegiatan yang selama ini selalu ingin kalian lakukan.

2. Beribadah atau Melakukan Meditasi

pexels-photo-321576
via Pexels

Meluangkan waktu untuk beribadah atau merenungkan diri sejenak dengan meditasi dapat memberikan dampak positif yang sangat banyak pada kesehatan tubuh, termasuk berkurangnya stres dan gangguan cemas. Melakukan kegiatan ini adalah salah satu cara merawat diri sendiri yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapa pun, khususnya pada bulan Ramadan ini.

3. Ekspresikan Rasa Syukur Kamu Bersama Pasangan

pexels-photo-57851
via Pexels

Salah satu trik paling ampuh untuk melakukan kegiatan produktif adalah dengan membuat daftar berisikan apapun yang kamu syukuri saat ini. Sekecil apapun itu, tuliskan semuanya di atas kertas. Menurut penelitian, mengucap syukur secara rutin dapat membantu kamu dan pasangan merasa lebih optimis dan menumbuhkan kebahagiaan dalam hubungan.

4. Jalan-Jalan Santai

pexels-photo (13)
via Pexels

Meluangkan waktu 10-15 menit sudah sangat cukup untuk menjernihkan pikiran bersama pasangan. Kalian bisa jalan-jalan santai saat waktu ngabuburit sambil menunggu waktu buka puasa. Selain menjernihkan pikiran, kamu dan pasangan juga akan lebih tenang dan lebih produktif sepanjang hari.

5. Menghubungi Orang-Orang Tersayang Kalian

pexels-photo-196656
via Pexels

Content continue below...

Meski kamu dan pasangan memiliki satu sama lain, kalian tetap tidak boleh melupakan teman-teman, keluarga, dan orang tersayang kalian. Hubungilah mereka, dan sampaikan rasa sayangmu pada mereka. Jika kalian tinggal di satu kota, ajaklah mereka berkumpul. Jangan biarkan hubungan kalian memudar karena kurangnya interaksi di antara kalian. Orang-orang yang memiliki hubungan sosial yang kuat umumnya lebih kebal dari stres.

6. Tertawa Bersama Pasangan

pexels-photo-341520 (1)
via Pexels

Baik menonton film komedi, menyaksikan acara lawak dari komedian favorit, mengirimkan meme atau kutipan lucu dari internet, dan lain sebagainya sangatlah bermanfaat. Tertawa bersama pasangan dapat menjadi mood booster yang paling ampuh dan termasuk cara merawat dan menyayangi diri sendiri yang positif di bulan puasa.

7. Dapatkan Waktu Tidur yang Berkualitas

pexels-photo-269141
via Pexels

Banyak orang yang terlalu sibuk hingga menjelang waktu tidur mereka. Mereka pun keheranan kenapa jadi sulit tidur dan bangun tepat waktu untuk sahur. Sebelum tidur, luangkan waktu 20 menit untuk mengistirahatkan pikiran. Minumlah teh hangat dan redupkan lampu kamar. Gunakan sedikit wewangian yang membuat kamu makin rileks. Matikan semua alat elektronik. Kamu dan pasangan akan lebih merasa rileks dan bangun lebih segar untuk sahur.

8. Dengarkan Musik

people-woman-girl-technology
via Pexels

Jangan malu-malu memutar lagu-lagu kesukaan yang membangkitkan semangat kamu melakukan kegiatan produktif! Memutar musik dapat mengurangi stres, galau, dan menceriakan suasana hati kamu. Putarlah lagu romantis atau yang sama-sama kalian sukai untuk menambah mood positif di antara kalian!

9. Berolahraga

pexels-photo (14)
via Pexels

Kata siapa kamu dan pasangan harus vakum olahraga karena puasa? Berolahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan mental kalian. Selain meningkatkan kesehatan dan energi tubuh, berolahraga secara rutin mampu mengurangi kecemasan, depresi, dan meningkatkan self-esteem.

Share Your Thoughts