Home » LDR

3 Kiat Sukses Menjalani LDR

o-ONLINE-DATING-facebook (2)

Banyak orang yang meragukan hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) dapat langgeng, awet, dan menyenangkan. Banyak yang merasa bahwa LDR adalah sebuah ujian yang berat dan akan terasa sebagai sebuah beban. Apakah benar semua kisah LDR terasa berat?

o-LONG-DISTANCE-RELATIONSHIP-facebookBerat sih, pasti. Nggak dapat dipungkiri kalau LDR membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan dengan hubungan yang normal. Akan tetapi LDR juga bisa bertahan langgeng dan berjalan bahagia. Pasangan LDR ada yang terlihat menikmati hubungan jarak jauhnya. Sebab, mereka tahu kunci untuk bisa menjalani hubungan jarak jauh dengan ringan dan bahagia.

Jadi, apa kuncinya agar bisa menjalani LDR yang bahagia? Cukup 3 ini saja.

Komunikasi yang Cukup 

Salah satu pilar yang dapat menjaga hubungan LDR tetap harmonis adalah komunikasi. Ya, kamu dan pasangan akan sangat bergantung pada komunikasi. Sebab tanpa komunikas yang lancar, hubungan akan selalu dipenuhi dengan pikiran negatif dan perasaan insecure. Kalau sudah dipenuhi dua hal tersebut, LDR akan terancam berakhir.

Sebaiknya bangun komunikasi yang cukup. Jangan berlebihan dan usahakan jangan kekurangan. Jikalau berlebihan, tentu akan membuat hubungan terasa membosankan. Kalau kekurangan, kalian berdua akan selalu bertenngkar karena saling menuduh yang nggak-nggak. Bertanya kabar seperlunya, berbagi cerita di saat lenggang, membicarakan hal-hal yang berkualitas di akhir minggu seakan-akan kalian sedang kencan. LDR pun akan terasa ringan dan menyenangkan.

Content continue below...

Komunikasi di masa kini pun sudah lebih mudah. Kamu nggak hanya menghubunginya lewat sms atau telepon saja, cobalah sesekali memanggilnya lewat video call atau skype. Rasa rindu di hati akan sedikit terobati ketika bisa bertemu secara online lewat panggilan video ini.

Membuat Janji Bertemu

Ketika kamu sedang LDR, ajak pasangan untuk membuat jadwal bertemu. Paling nggak, kamu tahu dong kapan pasangan libur/pulang ke rumah? Karena itu, rencanakan pertemuan dengan dirinya. Misalnya saja, berkencan saat dia pulang dari pekerjaan/kuliahnya, menjadwalkan pertemuan di waktu libur panjang, atau membuat agenda untuk mengunjunginya ke daerah tempat ia bekerja/kuliah. Tentunya sesuaikan rencana pertemuan ini dengan budget yang kalian punya. Merencanakan pertemuan ini dapat membuat kamu dan pasangan lebih optimis dalam menjalani LDR.

Menikmati Hidupmu Sendiri

Kalau kamu selalu merasa bersedih dan meratapi jauhnya dirimu dengan pasangan, tandanya kamu nggak pernah menikmati hidup sendiri. Kamu terkekang oleh pikiran bahwa bahagia itu saat pasangan ada di dekatmu. Padahal itu nggak benar. Kamu bisa bahagia meski sedang LDR. Bagaimana caranya?

Lakukan hal-hal yang kamu suka atau me time yang berkualitas. Belanja, hang out bersama teman, perawatan di salon, dan lain-lain yang dapat membuatmu bahagia. Ingat (dalam artikel ini), kamu menjadi single saat sedang LDR. Namun, bukan berarti kamu bebas mencari pasangan  baru dan berselingkuh, ya. Bebas yang dimaksud adalah kamu punya banyak waktu luang untuk dihabiskan sendiri. Karena itu, cobalah membuat agenda untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan di saat libur/weekend. Ketika sudah menikmati hidupmu sendiri, hubungan jarak jauh pun nggak akan menjadi beban lagi.

Share Your Thoughts