Home » LDR

5 Tanda LDR Berada dalam Masalah

Man talking on cell phone at breakfast

Setiap hubungan pasti akan mengalami masalah, termasuk LDR atau hubungan jarak jauh. Apalagi hubungan seperti ini dianggap kebanyakan orang sangat rentan dengan masalah. Mulai dari masalah kepercayaan, masalah komunikasi, masalah kesetiaan, dan sebagainya. Masalah yang menimpa pasangan LDR terkadang nggak dapat diselesaikan dengan baik sehingga harus berakhir dengan perpisahan. Oleh karena itu, banyak yang pesimis ketika melihat temannya (atau dirinya sendiri) akan menjalani LDR.

Couple not talking after a dispute on the couch in living room at homeTentunya akan sangat membantu sekali jika kita bisa melihat kapan masalah itu datang. Tetapi sayangnya, masalah dapat terjadi tanpa kita duga. Hmm, benarkah begitu?

Sebenarnya, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa hubungan LDR sedang berada dalam masalah, dan mungkin akan terjadi pertengkaran di kemudian hari. Apa saja tanda-tandanya?

Rasa Bosan

Sudah pasti pasangan LDR akan merasakan kebosanan suatu hari nanti. bosan karena nggak pernah bertemu pasangan, bosan karena hanya bisa berkomunikasi lewat media saja, dan kebosanan lainnya. Rasa bosan ini dapat memancing pertengkaran dan perpisahan ketika nggak dapat diatasi. Solusinya, kurangi rasa bosan dengan mengadakan liburan bersama, atau membuat komitmen yang lebih jauh lagi dengan pasangan.

Insecure

Sikap insecure merupakan biang dari segala masalah dalam hubungan, ketika pasangan merasa mengekang, selalu menginterogasi, atau dengan gamblang mengatakan bahwa dia cemburu, tandanya LDR kalian sedang dalam masalah. Hubungan kalian sedang berjalan dengan kurang sehat. Untuk menghindari masalah tersebut, atasi perasaan insecure pasangan. Minta ia untuk jujur dan terbuka terhadap hal-hal yang membuatnya insecure, kemudian cari penyelesaiannya bersama-sama.

Content continue below...

Perbedaan Pandangan

Kamu dan pasangan mungkin memiliki perbedaan pandangan. Hal tersebut dapat mengundang masalah tatkala nggak dikomunikasi dengan baik. Kalian akan sering berdebat dan kurang pengertian satu sama lain. Solusiny, komunikasikan dnegan pasangan mengenai pandangan yang kamu punya, begitu pun dengan dirinya. bangun rasa pengertian di antara kalian dan hargai pandangan satu sama lain.

Usaha Nggak Seimbang

LDR—dan semua jenis hubungan—dijalani oleh dua orang. Maka, dua orang tersebut harus sama-sama berusaha untuk bisa membuat LDR berjalan. Kalau dalam hubunganmu, hanya kamu saja yang berusaha untuk mempertahankan hubungan, tentu akan menjadi pertengkaran—bahkan perpisahan—di kemudian hari. Jadi, apakah hanya kamu saja yang berjuan dalam LDR ini, atau mungkin pasanganmu saja yang berjuang sendirian?

Ada Rahasia dalam Hubungan

Privasi memang perlu dijaga, tetapi apabila ada hal yang sebaiknya diketahui pasangan, katakanlah dengan jujur padanya. Jangan menutupi sesuautu di depan pasangan. Bangun kejujuran dalam hubungan kalian, terlebih untuk pasangan LDR. Apabila kamu atau pasangan menutupi banyak hal, hubungan LDR kalian sedang dalam masalah.

Share Your Thoughts