Home » LDR

Penuhi Dulu 7 Kebutuhan Ini Sebelum Kamu Siap LDR dengan Si Dia

pexels-photo-1

LDR tidak hanya buat pasangan yang pekerjaan atau tempat kuliahnya berbeda kota/negara, tetapi buat kamu juga yang hendak menjalani hubungan dengan si dia yang kamu kenal lewat internet atau situs kencan online dan belum pernah kamu temui sekali pun.

Memang sulit menjalani hubungan tanpa kehadiran si dia secara fisik. Kamu ragu apakah LDR memang yang terbaik untuk kalian. Jangan khawatir, sebelum kamu memantapkan diri LDR, pastikan 7 kebutuhan LDR ini dapat terpenuhi dengan baik bersama pasanganmu.

1. Logistik

pexels-photovia Pexels

Pikirkan dulu seberapa sering kamu dan si dia akan berjumpa setiap tahunnya. Pikirkan juga budget yang dibutuhkan untuk bepergian dari tempatmu tinggal dan tempat tinggal si dia. Apakah budget yang dibutuhkan bisa kamu penuhi dengan keadaan finansialmu saat ini dan di masa depan? Selain itu, bisakah kalian bertemu secara rutin seperti setiap minggu/bulan/tahun? Pertimbangkan juga apakah kamu bisa mengambil cuti untuk bertemu pasangan tanpa mengganggu pekerjaanmu.

2. Emosional dan Keintiman

pexels-photo-127420via Pexels

Ada pasangan yang bisa menjalani hubungan dengan intensitas keintiman yang rendah. Ada pula pasangan yang membutuhkan kontak fisik dan keintiman secara konstan setiap harinya. Kamu dan si dia termasuk dalam tipe mana? Sebelum menjalani LDR, pastikan dulu dengan jelas kebutuhan emosional kamu dengan si dia. Lebih baik ungkapkan ekspektasi kalian dengan blak-blakan daripada kecewa dan tersakiti nantinya.

3. Komunikasi

pexels-photo-42399via Pexels

Komunikasi adalah hal mutlak dan terpenting dalam kesuksesan semua hubungan, termasuk LDR. Apakah kamu sudah nyaman mengkomunikasikan segala hal dengan pasangan? Sanggupkah kamu dan dia bersikap terbuka atas perasaan, pikiran, dan pendapat untuk bisa mengatasi hambatan yang akan kalian hadapi di masa depan?

4. Quality Time

pexels-photo-70298via Pexels

Content continue below...

Buatlah daftar prioritas tentang apa yang kalian inginkan untuk mengisi waktu bersama? Misalnya, kalau kamu dan pasangan selalu ingin bertatapmuka saat berkomunikasi, kalian bisa menonton film bersama sambil video call. Atau kalau kalian suka bermain games, kamu dan si dia bisa bermain online games berdua sambil mengobrol di telepon atau chat room games. Selalu sediakan ruang untuk kompromi dan kreatifitas agar quality time tidak membosankan.

5. Mengatasi Stres LDR

pexels-photo-114998via Pexels

Tidak bisa dipungkiri, memiliki pasangan yang tinggal ratusan atau ribuan kilometer bisa membuat kamu sangat stres. Saat kamu stres atau kangen, bisakah kamu memanajemen emosimu dengan sehat? Cari tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres dan rindu. Karena begitu kamu berkomitmen LDR, ada saatnya kamu akan iri melihat teman-temanmu bisa bermesraan dengan pasangannya, lho.

6. Dukungan dari Orang-Orang di Sekitarmu

pexels-photo-166006via Pexels

Orang-orang di sekitarmu bisa mempengaruhi LDR yang akan kamu jalani. Kalau kamu punya teman yang tidak suka melihatmu LDR, cepat atau lambat, kamu akan terpengaruh juga. Sebaliknya, apabila teman dan keluarga mendukung kamu LDR, kamu akan punya dukungan ketika hubungan sedang menghadapi masa sulit.

7. Fleksibilitas

pexels-photo-38973via Pexels

Saatnya kamu berpikir ke depan. Apabila hubungan kamu dan si dia akhirnya sukses, bersediakah kamu pindah ke kota pasangan atau sebaliknya? Jika ya, sanggupkah kalian berpisah dengan teman-teman dan keluarga? Apakah pekerjaanmu saat ini memungkinkan kamu untuk pindah? Belum lagi biaya pindahan yang harus dipikirkan bersama jika kalian benar-benar berkomitmen melakukannya.

Apabila kamu sanggup memenuhi paling tidak 6 dari 7 kebutuhan tersebut, selamat, kamu 100% siap menjalani komitmen LDR dengan si dia. Jika tidak, bicarakan dengan si dia sekarang juga. Cari tahu bersama apakah ada ruang untuk kompromi, usaha, dan komitmen demi memenuhi 7 kebutuhan di atas.

Share Your Thoughts