7 Rahasia Kelanggengan Menikahi Pasangan Beda Profesi

Profesi

Kunci pernikahan yang sukses bukanlah jumlah persamaan yang cukup banyak di antara pasangan, melainkan perbedaan satu sama lain yang bisa memberikan warna-warni hubungan. Salah satu contoh perbedaannya adalah kamu dan pasangan memiliki profesi yang berbeda.

Misalnya, kamu berlatarbelakang bisnis, tetapi pasangan memiliki latar belakang seni. Atau kamu bekerja di bidang teknologi, tetapi pasangan seorang atlet olahraga yang tidak pernah bekerja di balik meja. Kenapa perbedaan profesi dapat meningkatkan kelanggengan pernikahan pasangan? Ini dia 7 jawabannya.

1. Kamu dan Pasangan Akan Bisa Menemukan Topik Baru Untuk Dibicarakan Setiap Harinya

stocksnap_h8f7so98ppvia Stocksnap

Karena beda profesi atau pekerjaan, setiap harinya kamu akan mendengar topik atau aktivitas yang kurang familar buatmu dari pasangan. Kamu yang orang teknologi akan sering diajak berolahraga bersama pasangan, mendukung pasangan di turnamen olahraga yang dia ikuti, sampai-sampai kamu hapal setiap aturan main cabang olahraga yang diikuti pasangan. Memiliki obrolan dan aktivitas yang setiap saat berbeda dapat membasmi kejenuhan. Hubungan kamu dan pasangan tidak akan pernah monoton, deh.

2. Wawasan dan Pengetahuan Kamu di Bidang Lain Selalu Bertambah

5fnmwej4taa-helloquencevia Unsplash

Pasangan kamu yang seorang atlet kini sama pintarnya denganmu dengan teknologi karena ada kamu yang mengajari dia. Ketika dia masuk ke dalam dunia teknologi, dia melihatnya sebagai dunia yang kamu nikmati dan kamu geluti setiap harinya. Oleh karena itulah, dia tidak ragu membuka pikirannya untuk memperluas wawasan di bidangmu. Dan siapa sih, yang tidak senang saat pasangan tercinta mau membuka pikiran terhadap sesuatu yang dia suka? Tidak ada!

3. Potensi Argumen Jadi Mengecil Karena Digantikan Oleh Diskusi yang Bermanfaat

y3l_zqaw9wo-brooke-caglevia Unsplash

Bayangkan hari ini kamu mengalami suatu kejadian di kantor dan kamu menceritakannya pada pasangan. Pasangan pasti harus membayangkan situasi yang kamu ceritakan karena dia tidak pernah mengalami apa yang kamu alami di tempat kerjanya. Karena itulah, dia selalu bisa memberikan perspektif baru akan masalah yang kamu hadapi di kantor. Tidak heran kalian jarang sekali berselisih saat membicarakan masalah pekerjaan, karena pengalaman kalian 180 derajat berbeda!

4. Lingkungan Sosial Kamu dan Pasangan Jadi Lebih Beragam

stocksnap_mpu1111ylsvia Stocksnap

Content continue below...

Kamu yang orang IT bisa mengenal banyak sekali atlet-atlet berkat pasanganmu. Pasanganmu juga bertemu dengan temanmu yang sesama orang IT. Bisa saja di lingkungan sosial kalian juga ada orang-orang dari profesi lainnya yang berbeda seperti penyanyi, fotografer, psikolog, ilmuwan, dan lain sebagainya. Semakin luas lingkungan sosial kamu, makin berwarna juga hubungan kalian, bukan?

5. Kamu Akan Lebih Mampu Memahami Sudut Pandang Orang Lain

nftcwl_t0la-benjamin-combsvia Unsplash

Kalau kamu menikahi seseorang yang profesinya sama denganmu, kalian cenderung memiliki pola pikir dan gaya hidup yang sama, yang mengakibatkan hubungan cepat jenuh sewaktu-waktu. Nah, apabila profesi kalian berbeda, kamu akan memiliki sudut pandang baru yang bisa menjadi masukan buatmu. Kamu akan lebih mudah memahami orang lain, baik itu secara pribadi atau secara profesional.

6. Kamu dan Pasangan Lebih Mudah Mengimbangi Satu Sama Lain

lurnd36rcji-everton-vilavia Unsplash

Sadar atau tidak, kamu memiliki sifat atau karakter yang terbentuk dari karir yang kamu jalani. Karakter tersebut dapat mempengaruhi kepribadian serta kehidupan pribadi kamu. Jika pasanganmu memiliki profesi yang berbeda, dapat membuat kalian lebih mudah mengimbangi satu sama lain. Bagi kamu orang IT yang selalu berkutat di depan komputer, kamu akan lebih aktif bersama pasangan atletmu. Pasanganmu juga akan lebih sabar serta kritis berkatmu.

7. Kamu dan Pasangan Akan Sangat Jarang Membawa Pekerjaan ke Rumah

SAMSUNG CAMERA PICTURESvia Stocksnap

Obrolan kantor tentunya tidak akan bisa dihindari di rumah. Namun, sekali pun dibicarakan, pasti hanya saat menjadi selingan biasa atau ketika kamu sedang meminta saran dari pasangan. Sebagian besar waktu kalian dihabiskan untuk quality time menikmati aktivitas yang sama-sama kalian suka. Selama kamu dan pasangan sama-sama cerdas menyeimbangkan urusan karir dan hubungan, tidak akan ada konflik karena karir di antara kalian.

Share Your Thoughts