7 Topik Obrolan yang Aman Dibicarakan Bersama Keluarga di Hari Raya

Topik Obrolan Kelas Cinta

Mengingat hari raya yang sebentar lagi tiba, kamu mempersiapkan diri dan mental untuk bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Tentunya, kamu menyiapkan diri dari serangan pertanyaan dan topik obrolan dari para saudara yang mengganggu kamu, meruntuhkan kepercayaan diri kamu, serta meragukan kualitas dirimu sendiri.

Pertanyaan dari “kapan nikah?”, “kapan punya anak?”, “kenapa kamu masih single?”, dan lain sebagainya tentu tidak dapat dihindari saat berkumpul dengan keluarga. Dan kamu tetap bisa memilih untuk bersikap dewasa dan mengalihkan semua pertanyaan menjengkelkan tersebut dengan 7 topik obrolan berikut ini.

1. Karir

pexels-photo-325924 (2)
via Pexels

Karir wajib menjadi salah satu hal yang kamu banggakan dari hidupmu. Pencapaian profesional kamu sangatlah penting (bahkan bisa lebih penting daripada kehidupan asmara kamu), dan kamu tidak perlu takut menceritakan keberhasilanmu di kantor, seperti mendapat kenaikan gaji atau kenaikan jabatan, dan menceritakan bagaimana performa kamu di kantor memberikan kemajuan yang pesat bagi perusahaan.

2. Hobi

pexels-photo-298298
via Pexels

Baik membicarakan hobi baru atau komunitas yang baru kamu ikuti belakangan ini, membicarakan minat dan hobi dengan kerabat sangatlah produktif dan menyenangkan. Kamu beruntung jika ternyata minat dan hobi saudara ternyata tidak jauh berbeda denganmu. Membicarakan hobi dapat memberikan sedikit bocoran tentang hidup kamu pada mereka yang jarang bertemu kamu.

Berikan mereka sedikit unjuk hobi yang kamu sukai atau ajari mereka kemampuan yang kamu kuasai, seperti mengajari sepupu bermain gitar dan modifikasi mobil. Mereka pasti akan terkesan karena kehidupan kamu seru dan tidak membosankan!

3. Teman-Teman

pexels-photo-344102 (1)
via Pexels

Mungkin kamu tidak bisa menceritakan semua kisahmu dengan teman-teman pada keluarga, khususnya pada orang tua dan kakek-nenek. Namun, kamu tetap bisa menceritakan pengalamanmu melakukan kegiatan amal bersama teman-teman, petualangan outing kamu dengan teman kantor, serunya traveling bersama sahabat, serta lelucon ringan dan yang sekiranya bisa diterima oleh keluarga kamu. Keluarga terhibur, kamu senang akhirnya mereka tidak mengusik kehidupan asmaramu, bukan?

4. Proyek atau Target Besar yang Ingin Kamu Lakukan Setelah Hari Raya

Man Writing Document Dinning Table Concept
via Pexels

Content continue below...

Ingin merenovasi rumah? Mengikuti kursus baru? Membahas proyek kantor yang ingin kamu lakukan? Apapun rencana atau target yang ingin kamu laksanakan selepas hari raya, bicarakan saja ke keluarga. Apabila keluarga mendengar antusiasme dari ceritamu, mereka pasti ingin mendengar lebih jauh. Setelah itu, mereka tidak akan mengusikmu dengan pertanyaan-pertanyaan menjengkelkan, karena mereka sudah tahu betul target yang sudah kamu rencanakan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan asmara!

5. Gosip

pretty-girls-happy-young-55811
via Pexels

Jika kamu tipe orang yang selalu up to date dengan tren dan gosip masa kini, tidak ada salahnya bicarakan soal itu pada mereka. Dari membahas kerennya Gal Gadot di film Wonder Woman atau Johnny Depp di film Pirates of the Caribbean-nya yang terbaru, membahas politik luar negeri yang selalu bisa kamu jadikan lelucon, atau Raisa dan tunangannya yang akan menikah dalam waktu dekat sambil mengekspresikan betapa sedihnya kamu melihat Raisa yang cantik kini segera menikah.

6. Olahraga

the-ball-stadion-football-the-pitch-39562
via Pexels

Topik ini sangat cocok dibicarakan bersama kerabat pria. Siapa sih yang tidak suka membahas olahraga, apalagi jika kamu dan saudara ternyata mendukung tim yang sama. Tanyakan paman atau sepupu kamu siapa tim favorit mereka dan bagaimana perkembangan timnya saat ini. Setelah itu, kamu tinggal mendengar cerita panjang-lebar soal tim favorit mereka dari hasil pertandingan, kekesalan mereka pada tim lain, dan masih banyak lagi.

7. Hewan Peliharaan

pexels-photo-205885
via Pexels

Hewan peliharaan tentu bisa jadi topik obrolan menarik dengan keluarga! Ceritakan pada mereka kamu baru saja mengadopsi anjing atau kucing baru baru-baru ini. Kalau kamu belum punya peliharaan, kamu bisa mengekspresikan keinginanmu untuk mengadopsi hewan dan meminta saran pada mereka tentang memilih jenis peliharaan yang cocok untuk kamu dan biaya perawatannya.

Atau kamu juga bisa membuka media sosial kamu dan menunjukkan beberapa foto atau video hewan-hewan lucu yang bertebaran. Mereka jadi lupa nyinyirin kamu, deh!

Share Your Thoughts