7 Cara Menyemangati Pacar yang Sedang Menjalani Terapi

Cara Menyemangati Pacar Kelas Cinta

Tidak ada manusia yang sempurna. Semua manusia, termasuk pacar kamu memiliki kekurangan, trauma, fobia, masa lalu, atau masalah pribadi lainnya yang tidak bisa dia selesaikan tanpa bantuan dari orang lain. Terkadang, salah satu bantuan yang dia butuhkan adalah terapi atau konsultasi dengan seorang pakar atau terapis. Semestinya kamu berbahagia, karena akhirnya mendapatkan bantuan yang dia butuhkan. Di sisi lain, kamu juga harus mendukung pacar agar dia tetap termotivasi menyembuhkan diri. Lalu, bagaimana cara menyemangati pacar yang sedang menjalani terapi atau konseling, padahal kamu tidak tahu banyak soal kesehatan mental?

Kamu tidak perlu menguasai psikologi terlalu dalam untuk bisa menyemangati pacar. Yang terpenting adalah, kamu mencintai pacar dan tetap terus mencintai dia selama proses penyembuhan dirinya. Cara menyemangati pacar yang terpenting adalah dengan berkomunikasi seterbuka mungkin, dan mencoba memahami apa saja yang dia alami sebisa kamu.

Berikut ini adalah cara menyemangati pacar yang sedang menjalani terapi untuk memulihkan dirinya kembali menjadi orang yang lebih baik.

1. Siapkan Dirimu Untuk Memberikan Dukungan Ekstra Untuk Pacar

alisa-anton-64355
via Unsplash

Salah satu sesi terapi adalah si pasien diminta untuk menggali seluruh pengalaman buruk atau perasaan negatif yang dia rasakan. Terkadang, sesi tersebut dapat membuat pacar lelah, kewalahan, bahkan sedih atau marah. Kamu harus memberikan waktu pada pacar untuk memulihkan dirinya terlebih dulu sebelum berkomunikasi denganmu.

Meskipun pacar tetap baik-baik saja setelah sesi terapinya, ada kalanya dia membutuhkan kehadiran kamu. Di sinilah kamu bisa menawarkan dia dukungan, seperti membawakan dia makanan, menjadi pendengar curhatannya, memijit badannya, dan lain sebagainya.

2. Biarkan Pacar Meluapkan Isi Hatinya Padamu

mc-jefferson-agloro-186548
via Unsplash

Setelah sesi terapi selesai, pacar pasti menemukan banyak sekali hal baru tentang dirinya yang berkaitan dengan masalah yang sedang dia pecahkan. Dia pasti ingin membicarakannya sampai puas padamu. Kamu tidak perlu bersikap seperti seorang terapis. Kamu hanya perlu menjadi pendengarnya.

Jika ternyata kamu menemukan suatu masalah yang selama ini belum pernah kamu dengar dari pacar, jangan marah dulu. Mungkin saja pacar tidak pernah sadar masalah tersebut ada sebelum dia membahasnya saat terapi.

3. Namun, Hormati Juga Privasi Pacar Jika Dia Menolak Membicarakan Proses Terapinya Padamu

cristian-newman-247656
via Unsplash

Content continue below...

Terapi bisa menjadi proses yang cukup rumit dan bisa sulit dibicarakan di luar sesi terapi. Ada kemungkinan pacar menolak untuk membicarakan prosesnya padamu karena terlalu panjang atau terlalu melelahkan baginya. Hormatilah keputusannya tersebut. Agar lebih mudah, buatlah peraturan dan batasan tentang sejauh mana kalian boleh membicarakan sesi terapi pacar. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah insecure karena merasa pacar tidak mempercayai kamu.

4. Pahami Ada Kalanya Pacar Merasa Kecewa dan Bersedih Usai Terapi

allef-vinicius-244440
via Unsplash

Kalau kamu belum pernah menjalani terapi, pahami bahwa sesi terapi bisa membuat pacar kecewa, marah, dan sedih. Jangan langsung menganggap sesi terapinya gagal atau tidak sesuai harapan. Terkadang, perasaan negatif yang muncul setelah sesi terapi merupakan pertanda pacar sedang menemukan akar permasalahan yang selama ini terpendam cukup lama.

5. Cara Menyemangati Pacar yang Terbaik: Selalu Hargai dan Beri Dia Motivasi Selama Proses Terapinya

havilah-galaxy-252446
via Unsplash

Terapi bisa sangat membantu, tetapi juga melelahkan. Bayangkan saja pacar harus menghadapi trauma, masalah, dan ketakutan terdalam yang dia alami selama bertahun-tahun dalam setiap sesi terapinya tersebut. Tentunya dia akan sangat senang apabila kamu menghargai dan menyemangati dia, karena kamu mencoba hadir untuknya dalam proses menyembuhkan dirinya sendiri.

6. Jangan Langsung Mengharapkan Hasil Positif Dalam Waktu Singkat

camila-cordeiro-242251
via Unsplash

Jika pacar melakukan terapi karena permasalahan atau trauma yang dia alami selama bertahun-tahun, pasti akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menyelesaikannya. Pacar akan menemui kesulitan untuk menguraikan masalahnya sebelum dia bisa memasuki proses penyembuhan. Jadi, jangan harap hasil positif akan datang dalam semalam. Hasil yang terbaik selalu membutuhkan proses yang tidak singkat. Bersabarlah dan terus sayangi diri sendiri, ya!

7. Sadari Kamu Juga Butuh Dukungan dan Motivasi

a-xromatik-230597
via Unsplash

Mendukung pacar yang sedang menyembuhkan dirinya lewat terapi sangatlah bagus, tetapi kamu juga bisa merasa tertekan dan stres jika kamu lupa merawat diri sendiri dan mencari dukungan. Pastikan kamu selalu sempat merawat diri sendiri agar bisa memberikan support yang cukup untukmu dan pacar. Lakukan kegiatan yang membuatmu bahagia, pastikan kamu punya teman dan keluarga yang bisa kamu ajak curhat apabila kamu resah. Kamu juga berhak mendaftarkan dirimu untuk sesi terapi apabila perlu. Untuk membuat pacar bahagia, kamu harus bisa membuat dirimu bahagia terlebih dulu.

Share Your Thoughts