Tetap Fit Saat Puasa Dengan 5 Tips Olahraga Ini

pexels-photo-373984

Berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh memegang peran yang cukup penting dalam kehidupan asmara. Namun, pada bulan Ramadan seperti sekarang ini, olahraga biasanya bukanlah prioritas utama kamu karena puasa. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa mengikuti banyak tips olahraga saat puasa

Jangan salah, tetap fit dan menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga saat puasa mendatangkan banyak sekali manfaat. Berolahraga saat puasa mengurangi lemak lebih cepat dan efektif karena proses pembakaran lemak tubuh dikendalikan oleh sympathetic nervous system (SNS) yang diaktifkan oleh olahraga dan kurangnya asupan makanan saat puasa.

Sedangkan, menurut sebuah studi pada tahun 1987, menyebutkan bahwa dengan puasa selama 72 jam, orang dewasa tetap bisa melakukan aktivitas olahraga secara intens selama 30 menit atau kurang. Semakin rendah intensitas atau bebannya, semakin lama pula durasi olahraga yang bisa dilakukan.

Maka dari itu, tidak ada lagi alasan malas olahraga di bulan puasa. Berikut ini adalah beberapa tips olahraga saat puasa untuk menjaga tubuh tetap sehat (dan kehidupan asmara kamu makin berkualitas!)

1. Berolahraga Dengan si Dia

pexels-photo (16)
via Pexels

Jika biasanya kamu dan si dia memanfaatkan siang hari untuk makan siang berdua, kenapa tidak coba berolahraga saat puasa? Katakan padanya, “Kita kan sering makan bareng, yuk kita olahraga bareng juga!”

Berolahraga jadi lebih semangat karena si dia ada di samping kamu sebagai penyemangat. Kalian bisa lari berdua, pergi ke gym bersama, atau menjadi partner senam, yoga atau aerobik.

2. Olahraga Sambil Menonton Film atau Mendengarkan Musik Favorit

pexels-photo-196654
via Pexels

Putar salah satu film favorit kamu lalu tonton film tersebut sambil melakukan aktivitas kardio yang bisa membakar kalori. Waktu yang kamu habiskan untuk berolahraga tidak akan terasa karena kamu melakukannya sambil menikmati adegan-adegan film yang kamu sukai.

Selain itu, kamu juga bisa memutar satu album dari penyanyi atau band favorit yang sudah lama sekali tidak kamu dengar baru-baru ini. Kamu akan lebih mudah termotivasi saat berolahraga sambil mendengarkan lagu favorit yang sudah lama tidak kamu dengar.

Content continue below...

3. Membuat Tantangan Bersama si Dia

pexels-photo-386024 (1)
via Pexels

Melakukan kompetisi atau tantangan sehat bersama si dia sama sekali tidak merugikan. Yang ada kalian malah menambah excitement dalam hubungan. Buatlah target olahraga yang harus kalian penuhi bersama, dan berlombalah untuk memenangkan target tersebut lebih dulu. Siapa yang menang bisa mendapat hadiah berupa uang, traktiran buka puasa, voucher atau kupon gratis, pijatan, dan lainnya sesuai kreativitas kalian.

Namun, kalau kamu masih single, ajaklah sahabat atau kakak/adik kamu mengikuti tantangan yang sama.

4. Gunakan Aplikasi Olahraga atau Tracker di Gadget Kamu

pexels-photo-48603
via Pexels

Pada zaman smartphone seperti saat ini, ada banyak sekali aplikasi fitness dan olahraga yang bisa kamu download secara gratis lewat ponsel kamu. Ada aplikasi yang menghitung berapa jumlah kalori yang kamu bakar selama olahraga hingga aplikasi yang memberikan sesi olahraga yang membantu kamu menguruskan badan dalam beberapa menit saja!

5. Berolahraga di Pagi Hari

pexels-photo-317157
via Pexels

Memang, kamu cenderung tidak punya waktu di pagi hari saat Ramadan karena kamu harus buru-buru pergi ke kantor di hari kerja atau ingin tidur saja selepas sahur saat liburan. Apalagi setelah sahur, kamu tidak perlu menyetel alarm lagi untuk bangun lebih pagi dan berolahraga.

Tips olahraga ini sangat bermanfaat karena oTlahraga di pagi hari dapat memotivasi kamu untuk menikmati makanan yang lebih sehat saat berbuka puasa nanti sekaligus membantu kamu untuk tetap fit dan tidak mudah kelelahan sepanjang hari hingga waktu berbuka.

Share Your Thoughts