7 Hobi Ngabuburit yang Memudahkanmu Dapat Pasangan!

Ngabuburit Kelas Cinta

Di sela-sela menunggu waktu berbuka puasa tiba, kamu tetap harus menghabiskan waktu ngabuburit dengan produktif, baik dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat atau merawat diri sendiri. Dan kalau kamu bisa melakukan aktivitas sebagai ekspreksi sayang terhadap diri sendiri sekaligus meningkatkan kualitas diri saat ngabuburit, lakukan saja!

Mungkin kamu sudah melakukan beberapa kegiatan ini sebelumnya. Kalau kamu belum pernah melakukannya, selalu sempatkan waktu ngabuburit kamu melakukan beberapa hobi ini, karena dengan meningkatnya kualitas diri dan rasa sayang pada diri sendiri, kamu jadi lebih cepat dapat pasangan berkualitas!

1. Berkebun Sambil Menghirup Udara Segar

pexels-photo-106171
via Pexels

Walaupun kamu tidak jago bertanam dan berkebun, kegiatan ini sangatlah bagus untuk kesehatan. Berkebun dapat membantu mengurangi risiko penyakit darah tinggi, gangguan cemas dan stres, serta meningkatkan stimulasi otak dan kebahagiaan. Jadi, tidak ada salahnya kamu membeli bunga atau tanaman yang kamu suka lalu luangkan waktumu untuk merawatnya setiap sore!

2. Memasak Untuk Menu Berbuka Puasa

pexels-photo-92670
via Pexels

Memasak adalah aktivitas yang sangat cocok untuk ngabuburit, karena hasilnya bisa langsung kamu santap saat berbuka. Jangan sepelekan manfaat memasak sendiri makananmu karena memasak termasuk aktivitas terapi yang mendatangkan manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Fokus pada masakan yang kamu buat menjauhkanmu dari berbagai pikiran negatif serta membantumu merasa tenang dan damai seolah-olah kamu seperti sedang bermeditasi!

3. Menambah Wawasan Saat Ngabuburit Dengan Membaca Buku

StockSnap_03MAEEW9W6
via Stocksnap

Kalau kamu tidak suka membaca, itu karena kamu belum menemukan buku yang kamu suka. Kalau masih belum yakin juga, ketahuilah: membaca sangatlah baik untuk kesehatan! Membaca dapat melatih otak dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat, mengurangi stres, menambah fokus, membantu kamu tidur lebih nyenyak, hingga memperpanjang masa hidupmu!

Menurut beberapa penelitian, 20% pembaca mengaku merasa lebih bahagia dan memiliki hidup yang lebih memuaskan hanya dengan membaca 30 menit seminggu! Depresi juga menurun sebanyak 20% dengan melakukan hal yang sama!

Content continue below...

4. Menulis Jurnal

StockSnap_T9F0C0C9CF
via Stocksnap

Menulis jurnal tidak selamanya cengeng, lho. Expressive writing, yaitu kegiatan menuliskan pikiran dan perasaanmu di atas kertas dapat meningkatkan sel imun dalam tubuh yang berfungsi untuk menekan depresi, gangguan cemas, dan tekanan darah tinggi. Keuntungan lainnya adalah kamu akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, kehidupan sosial yang lebih baik, dan memiliki relationship yang lebih berkualitas!

5. Memainkan Alat Musik

StockSnap_HT2HJ82B2R
via Stocksnap

Apapun alat musiknya, melatih kemampuan memainkan alat musik mendatangkan manfaat besar bagi tubuh dan mental kamu. Dalam penelitian, para pemain musik selalu lebih unggul dalam berbagai aktivitas kognitif daripada orang yang tidak memainkan alat musik. Mempelajari nada baru dapat memacu ingatan sekaligus kemampuan motorikmu untuk menjadi lebih kuat dan aktif.

6. Mempelajari Bahasa Baru

dictionary-reference-book-learning-meaning-159581
via Pexels

Berapa pun usia kamu, mempelajari bahasa baru dapat meningkatkan fungsi otak kamu. Dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa saja, orang yang menguasai lebih dari satu bahasa terbukti memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih tajam. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan yang lebih baik dalam membuat rencana, mengambil keputusan, dan menentukan prioritas.

7. Memainkan Puzzle

StockSnap_Z6NQG48GT0
via Stocksnap

Permainan puzzle bukan hanya untuk anak kecil saja. Permainan ini telah terbukti mampu mempertajam ingatan, kemampuan untuk berpikir kritis, meningkatkan kreativitas dan persepsi visual, serta menambah kadar dopamine dalam otak yang bertanggungjawab atas emosi, pergerakan, dan rasa bahagia kamu.

Puzzle juga menguji ketangkasan, logika, dan nalar. Kedua sisi otak kamu didorong untuk bekerja sama untuk menyatukan semua kepingan puzzle menjadi satu. Hmm, permainan seperti ini pasti jadi lebih asyik kalau bisa dilakukan bersama gebetan atau pasangan, ya!

Share Your Thoughts