Ladies, Masih Yakin Ingin Punya Bentuk Tubuh ‘Sempurna’?

stocksnap_9lie97f215

Akhir-akhir ini marak terjadi di media sosial, beberapa artis mendapatkan komentar sinis mengenai bentuk tubuhnya. Memberi komentar negatif yang tidak pantas tentang tubuh seseorang bisa dikatakan sebagai body shaming. Mengejek atau mengomentari sinis warna kulit juga merupakan body shaming, Ladies.

Sadar atau tidak sadar, definisi bentuk tubuh ideal dibentuk oleh iklan produk dan media. Bentuk tubuh yang sering ditampilkan adalah bentuk tubuh yang langsing, tinggi dan berkulit putih bersih. Sadar atau tidak sadar juga, iklan produk dan media berhasil mencuci otak kita. Kamu ingin cantik seperti model-model di iklan, dan susah payah diet, habiskan banyak duit untuk beli pil langsing atau ingin kulit putih dalam waktu singkat.

Cantik dalam budaya jawa adalah yang kulitnya kuning langsat dan berlekuk. Coba saja cek patung-patung Ken Dedes di Malang atau Roro Jongrang di Magelang. Mereka digambarkan tidak dengan tubuh kurus, tetapi dengan tubuh yang berlekuk. Percayalah mereka adalah primadona Jawa masa lalu. Kalau bukan primadona tidak akan dipahat dan ditaruh di dalam candi. Bahkan dalam legenda Yunani Kuno, patung dewi Aprodhite tidak dipahat dengan tubuh kurus, tetapi dengan tubuh yang berlekuk dan pipi yang berisi dan rambut panjang ikal.

Kita wajib menyadari bahwa apapun bentuk tubuh kita dan warna kulit, kita cantik, bukan sempurna. Ikuti langkah-langkah berikut supaya kamu semakin cinta dengan bentuk tubuh dan warna kulit aslimu.

1. Menjauh Dari Media Sosial

stocksnap_e1v24kar78via Stocksnap

Kurangi jatah waktu menggunakan media sosial dan perbanyak waktu untuk bergaul dengan teman-teman dan keluarga. Jika masih butuh media sosial batasi diri untuk hanya mem-follow akun-akun yang secara postif menyediakan informasi berguna dan memotifasi kamu seperti Kelas Cinta.

2. Memelihara Binatang

stocksnap_zq96g7dsr2via Stocksnap

Kamu bisa mencoba memelihara binatang. Kalau kucing atau anjing tanggung jawabnya terlalu berat kamu bisa memulai dengan memeelihara ikan, hamster, kura-kura atau binatang kecil lainnya. Memelihara binatang membantumu untuk belajar bertanggung jawab atas hidup makhluk lain. Dan ini juga membantumu mencintai makhluk hidup tanpa syarat. Kamu tidak akan menghina kucingmu yang terlalu gendut kan, kamu akn tetap menyayangi mereka meski mereka gendut dan pesek.

3. Jalan-Jalan Pagi

stocksnap_0sfuh6tid8via Stocksnap

Cobalah bangun 15 menit lebih awal dari kebiasaanmu. Cobalah berjalan di sekitaran rumah. Tidak usah lama-lama, just 5 minute doing peaceful walk. Akan ada kesempatan kamu bertemu orang dan menyapa mereka. Selain itu, udara pagi yang segar sangat baik untuk kesehatan jiwa dan tubuh kamu. Jika pagi harimu dimulai dengan damai, kamu akan semakin semangat menjalani harimu.

Content continue below...

4. Makan Untuk Kesehatan

stocksnap_e5b75f3633via Stocksnap

Aturlah pola makan dengan baik sesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu. Gunakan instingmu dalam memilah makanan mana saja yang kira-kira baik untuk kesehatanmu. Makanlah dengan nyaman seandainya kamu nyaman makan banyak, lakukan saja, mungkin memang itu sesuai kebutuhanmu, karena kamu butuh energi yang banyak untuk bekerja. Jangan sok-sok menghindari makan camilan. Gunakan instingmu untuk memilah kira-kira seperti apa camilan yang sehat dan nyaman untuk kamu konsumsi. Tubuh kita sehat dengan makanan, tetapi juga bisa sakit oleh makan. Jadi Ladies, bijaklah dalam mengkonsumsi makan sehat.

5. Menggunakan Baju yang Sesuai Dengan Bentuk Tubuhmu

stocksnap_v254wvrl62via Stocksnap

Bentuk tubuhmu tidak sama persis dengan Gigi Hadid, jangan pesimis dong. Ada ribuan model baju, dan ada berbagai cara mitch-match busana supaya kamu tetap terlihat stunning. Pelajari kekurangan dan kelebihan tubuhmu. Misal kamu punya leher pendek dan pundak yang lebar, tidak cocok menggunakan turtle neck tapi kamu akan sangat sexy dengan baju kerah V. Don’t be lazy, cobalah bereksperimen dengan koleksi busanamu.

6. Menghargai Kekurangan Tubuh Orang Lain

stocksnap_we81h53q9fvia Stocksnap

Tahan diri kamu untuk tidak berkomentar sinis soal tubuh orang lain. Ini saatnya kamu belajar menghargai tubuh orang lain. Jika kamu hanya fokus mencari-cari kekurangan orang lain, itu merupakan cerminan betapa insecurenya diri kita atas kekurangan diri kita sendiri. Ketika kita mampu melihat kecantikan dan kelebihan orang lain, kita pun akan jauh lebih mudah mengenal kecantikan dan kelebihan diri sendiri. Imbasnya, selain ladies jadi banyak teman, kamu juga makin percaya diri.

7. Resapi Betapa Nikmatnya Punya Tubuh Sehat Alami

stocksnap_6g543vteh6via Stocksnap

Sadar atau tidak sadar, definisi bentuk tubuh ideal dibentuk oleh iklan produk dan media. Namun belum tentu tubuh ideal mereka didapatkan secara sehat dan alami. Resapi nikmat dengan tubuh yang sehat alami. Jika kamu merasa kamu yang sekarang kurang sehat, mungkin ini saatnya kamu mengubah kebiasaanmu untuk menjadi lebih sehat. Tidak ada yang lebih asyik selain menjalani kehidupan dengan sehat dan alami. Sehat dan alami adalah cantik yang terbaik, bukan cantik tapi menyakitkan.

Share Your Thoughts