6 Peraturan Twitter Untuk Hidupmu (Part 1)

Woman in front of a computer with Twitter logo

Apa akun social media yang masih kamu gunakan? Twitter pasti salah satunya karena di sana kita bisa menemukan banyak informasi. Tak tanggung-tanggung, kita bisa langsung dapat berita gempa bumi sebelum kita liat di berita televisi. Twitter memang seolah mampu mengantarkan informasi secara cepat bak kilat. Tak hanya itu, Twitter juga mampu menjadi tempat promosi jika kita punya sebuah usaha. Kalau dipikir-pikir fungsi Twitter banyak, ya. Sejauh apa sih kamu memanfaatkan social media buatan Jack Dorsey ini?

Atau jangan-jangan akun Twitter kamu hanya sebatas untuk urusan yang amat sangat pribadi. Misalnya, pacaran sama dia di twitter, berbalas mention sama pacar, atau malah memanfaatkan Twitter saat kalian bertengkar? Kalau jawaban iya, maka saya duga kalau hidup kamu pasti RUMIT! Mengapa saya bilang rumit?

Karena pasti kamu sering ngecek tweet dan favorit dia. Ngawasin sama siapa aja dia berbalas mention dan tweet siapa aja yang sering dia RT. Begitu kamu menemukan, kalau dia sering berbalas akun cewek lain, kamu langsung emosi. Mental insecure kamu keluar, langsung deh bukan profil si orang itu dan ngeliat percakapan mereka. Kamu langsung kebawa emosi dan buru-buru telepon pacar karena avatarnya nggak kamu kenali wajahnya.

“Siapa tuh @misselsa? Kok mesra banget? Kok kamu RT twit dia mulu? Ada apa? HAH? Kok diem aja? Jawab!”

Si pacar cuma cekikikan karena ternyata itu adalah sepupunya yang udah lama tinggal di Belanda, pantes aja kamu nggak pernah liat mukanya. Kamu membuat hidup yang sudah rumit tambah jauh lebih rumit! Sama seperti kehidupan nyata, kehidupan social media juga ada kok peraturannya. Apa saja itu? Kamu wajib tahu jika kamu masih menggunakan Twitter.

  1. Peraturan Sharing

Biasanya ini dilakukan sama mereka yang baru pacaran dan lagi “hangat-hangat”nya. Ok saya tahu pacar kamu tampannya luar biasa, kekayaannya pun berlimpah ruah gitu, eh romantis pula. Kayak dapat rezeki nomplok gitu, deh. Tapi, bukan berarti seluruh dunia harus tahu kan gimana perasaan kamu tentang dia? Atau saat bertengkar kamu langsung umbar-umbar aibnya ke semua followers kamu. Kamu kan bisa bayangin apa yang akan terjadi kalau kamu lakukan itu. Kalau mau cerita mending telepon sahabat kamu aja, deh!

Boleh dilakukan: Saya sadar banget, sebagai wanita kadang kita suka nggak bisa nahan perasaan saat lagi jatuh cinta. Dibahagiain dikit langsung melayang-layang dan bikin pengumuman. Tapi saya sadar setelah itu, apa manfaatnya untuk followers saya? Daripada cerita detail perasaan, saya lebih suka kutip quote film atau buku yang lagi menggambarkan perasaan saya. Atau kalau habis diajak makan, saya lebih suka share makanan yang enak di sana tuh apa saja dan gimana kondisi restorannya. Jadi, informasi yang disampaikan bisa bermanfaat untuk orang.

Jangan dilakukan: Oversharing. Tahu kan apa yang dimaksud? Misalnya kamu diajak ke sebuah restoran mewah. Saking senengnya setiap beberapa menit sekali kamu kayak live report gitu di akun Twitter kamu. Mulai dari kamu dijemput dia, kamu digandeng saat turun dari mobil, habis pesan makanan, lagi makan kamu update status, dan saat makanan habispun kamu kasih tau dengan bahasa-bahasa yang sok manja itu. Once more, we don’t care, darling!

  1. Peraturan Twitter Display of Affection

Mengekspresikan rasa cinta ke pasangan memang perlu, ASALKAN kamu tak ungkapkan secara detail ke followers kamu. Tak perlu berlebihan juga. Misalnya kamu senang karena habis diajak nonton teater sama pacar kamu, maka ungkapkan rasa senangmu langsung ke dia. Mungkin kamu berpikir, “Ya kan ini Twitter gue. Suka-suka gue dong, kalau nggak suka unfollow aja. Beres!”

Content continue below...

Tapi, gimana kita bisa unfollow kamu kalau kamu adalah teman dekat kita. Yang ada hubungan pertemanan bisa pecah gara-gara kita unfollow kamu. Habis kamu kan drama queen gitu, kehilangan satu followers aja berasa kehilangan sepatu mahalmu itu.

Ya, suka-suka kita juga dong kalau kita ngetawain kamu di belakang?”

Boleh dilakukan: Ambil handphonemu, tekan nomor si dia, katakan kebahagiaan kamu langsung ke dia! Kalaupun kamu mau kasih tau secara detail kebahagiaanmu ke dia langsung boleh-boleh aja. Gimana kamu senangnya dipegang tangannya selama pertunjukan teater dan sebagainya.

Jangan dilakukan: Jelas kan? Bermesraan di Twitter? Tampak menyebalkan dan menggelikan. Apalagi kalau kamu kasih tau secara detail pula.

21.00: @bellaswan: Sayang banget sama @edward21 :* :* :*

21.10: @bellaswan: Makasih hari ini sayang @edward21

21.15: @bellaswan: You’re the best kisser i’ve ever had, baby @edward21 XOXO
Sebelum lanjut ke peraturan selanjutnya, kamu punya teman seperti itu nggak? Kalau iya, share di kolom komentar, ceritakan gimana risihnya kamu yang terpaksa nge-follow dia.

Share Your Thoughts