7 Tipe Orang yang Wajib Kamu Hindari Saat Mencari Jodoh

Mencari Jodoh Kelas Cinta

19Mencari jodoh tidak sama dengan mencari pacar. Saat kamu masih remaja dan ingusan dulu, mungkin mudah sekali mencari pacar. Asal kalian saling suka, kalian bisa langsung jadian tanpa memperhatikan kekurangan dia. Dia boros? Baperan? Tidak mau berkomitmen? Tidak masalah. Toh hubungan kalian hanya sesaat. Namun, kenapa giliran mencari jodoh rasanya susah sekali, ya?

Mencari jodoh bisa susah setengah mati. Semua kekurangan yang dulu kamu tidak pedulikan sekarang menjadi faktor penilaianmu. Sekarang kamu tidak bisa lagi sembarangan memilih pasangan agar tidak buang-buang waktu, energi, dan materi. Kamu ingin memiliki pasangan yang bisa kamu ajak menghabiskan sisa hidupmu bersama hingga akhir hayat nanti. Oleh karena itulah, untuk membantu pencarian jodoh sejati kamu, sebaiknya hindari beberapa tipe orang berikut ini yang hanya akan membuang-buang waktumu!

1. Jangan Mencari Jodoh yang Takut Dengan Perubahan

StockSnap_YD29HFEG3Rvia Stocksnap

Kamu pasti pernah bertemu orang seperti ini. Dia rela melakukan apapun agar dia tidak perlu keluar dari zona nyamannya. Setiap ajakanmu selalu dia tolak mentah-mentah. Padahal hubungan mana pun membutuhkan kedua pihak untuk mau bersikap fleksibel akan perubahan. Tidak ada orang yang bisa cocok tanpa saling beradaptasi. Hindari saja orang yang enggan belajar mengembangkan dirinya karena orang itu tidak akan mau berbuat sejengkal pun untuk beradaptasi denganmu.

2. Orang yang Tidak Punya Masa Depan yang Jelas

pexels-photovia Pexels

Tidak ada yang tahu persis seperti apa masa depannya. Namun, setidaknya dia harus memiliki rencana dan target yang ingin dia capai ke depannya. Meski dia belum tahu apa yang dia mau, paling tidak dia terus berusaha mengeksplor dirinya. Apabila calon pasanganmu tidak memiliki atau melakukan salah satu di antaranya, tinggalkan saja.

3. Orang yang Belum Punya Tempat Tinggalnya Sendiri

StockSnap_0ZP6Y5IB06via Stocksnap

Memiliki tempat tinggal adalah salah satu tanda kemapanan. Dan ada berbagai alasan wajar mengapa si dia belum punya tempat tinggal sendiri. Mungkin dananya belum mencukupi atau dia memiliki tanggungan keluarga yang tidak bisa dia tinggalkan. Namun, kalau si dia masih bertahan di rumah keluarganya karena dia tidak berani meninggalkan rumah, itu masalah namanya. Memiliki pasangan yang masih menggantungkan dirinya pada orang lain akan menjadi beban besar buatmu di masa depan.

4. Jangan Mencari Jodoh yang Tidak Mau Membuka Dirinya Untuk Kamu

model-female-girl-beautiful-51969via Pexels

Content continue below...

Hubungan yang sukses membutuhkan kamu dan pasangan untuk saling terbuka akan perasaan masing-masing. Jika kamu menemukan orang yang bersikap dingin, tidak mau jujur terhadap perasaannya sendiri, dan cenderung menghindar saat kamu memintanya mengekspresikan dirinya, lebih baik menjauh saja darinya. Kamu tidak akan bisa mengenal si dia dengan baik kalau dia tidak mau membagi pikiran dan perasaannya padamu.

5. Orang yang Belum Siap Melepas Status Lajangnya

StockSnap_G7KH09JZ1Lvia Stocksnap

Ya, dia menyukaimu. Dia tergila-gila padamu. Namun, dia belum siap meninggalkan masa lajangnya buatmu. Baginya, hidup hanya untuk bersenang-senang dan dia masih belum tahu apa yang dia inginkan untuk masa depannya. Nantinya dia akan menyusahkanmu karena tujuan hidup kalian tidak searah.

6. Orang yang Tidak Mau Memiliki Anak Denganmu

pexels-photo-236164via Pexels

Saat menginjak usia dewasa, seharusnya kamu sudah tahu apakah kamu menginginkan anak atau tidak. Jika kamu sudah tahu jawabannya, bisakah kamu mengungkapkannya pada si dia? Apakah dia memiliki keinginan yang sama denganmu atau tidak? Jika kalian belum menemukan kesepakatan akan hal ini, hubungan tidak akan lancar. Jangan langsung berasumsi pasangan akan mau punya anak denganmu. Selalu klarifikasi dengan bertanya pada secara langsung.

7. Orang yang Takut Dengan Komitmen

StockSnap_V3JXKUJLC1via Stocksnap

Bukannya kamu ingin segera melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat, kamu hanya ingin tahu apakah si dia benar-benar menginginkan hubungan jangka panjang denganmu atau tidak. Jika dari awal dia sudah menegaskan tidak ingin berkomitmen denganmu, sebaiknya berteman baik dengannya saja. Sangat kecil kemungkinan kamu bisa mengubah pikirannya. Percayalah, kamu tidak akan mau membuang waktumu bertahan dengan orang yang keinginannya tidak searah denganmu dan berharap dia akan berubah suatu hari nanti.

Share Your Thoughts