Overthinking Memikirkan Gebetan? Jangan Lagi!

Home Articles Overthinking Memikirkan Gebetan? Jangan Lagi!
Share the knowledge!

“Aduh dia lagi apa yang sekarang? Tadi dia posting foto dua gelas minuman, pasti dia lagi sama orang lain. Itu temannya atau pacarnya?” Begitulah Anda, malam-malam memikirkan apa yang sedang dilakukan gebetan. Anda cemas membayangkan jangan-jangan dia bersama orang lain dan mereka merencanakan masa depan bersama, padahal Anda sudah lama mengincarnya. Anda bisa jadi sedang mengalami overthinking karena memikirkan gebetan.

Apa sebenarnya overthinking itu?

Mengutip dari Satupersen.net, Sebenarnya tidak ada definisi yang pasti tentang hal ini. Sederhananya, overthinking merupakan sebuah kebiasaan dimana seseorang memikirkan sesuatu terus menerus seolah tidak ada ujungnya. Padahal, Anda sendiri tidak memilih buat memikirkan hal tersebut.

Orang yang overthinking biasanya memikirkan sesuatu yang telah terjadi dan akan terjadi. Hal tersebut mungkin karena adanya perasaan sakit hati, bersalah, malu, marah, sampai cemas tentang hal yang akan datang. Perasaan itu muncul mungkin karena orang tersebut terobsesi akan suatu hal dan mengkhawatirkannya. Pada akhirnya itu bisa mengganggu kualitas hidupnya.

Tapi sebenarnya overthinking bukan merupakan suatu disorder atau gangguan. Overthinking merupakan suatu perilaku dimana Anda ngelakuin hal itu berulang kali hingga akhirnya berubah menjadi suatu kebiasaan yang terekam di alam bawah sadar Anda. Tentu hal ini bisa jadi kebiasaan yang buruk, makanya Anda harus bisa mengatasi overthinking tersebut.

Baca Juga:
Arti Overthinking: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Overthinking memikirkan gebetan membuat Anda sulit berkonsentrasi menjalani hidup sehari-hari. Pekerjaan Anda jadi tersendat, tidak nafsu makan, dan tidur tidak nyenyak. Pikiran Anda menderita, begitu pula dengan fisik Anda. Anda sudah banyak berinvestasi memikirkannya padahal belum jadian.

Jika Anda renungkan, sering memikirkan gebetan sebenarnya tidak ada gunanya. Anda terus memikirkannya, padahal dia tidak memikirkan Anda. Anda cemas dan menderita, sedangkan dia bersenang-senang di luar. Anda tidak adil ke diri Anda sendiri.

Pikiran Anda adalah sesuatu yang sangat berharga karena pikiran adalah awal dari tindakan. Anda memikirkan pekerjaan, maka Anda jadi giat bekerja. Anda memikirkan cara lulus kuliah, maka Anda rutin belajar supaya bisa cepat lulus. Anda memikirkan ingin memiliki tubuh ideal, maka Anda rajin berolahraga. Pikiran adalah sesuatu yang membentuk Anda.

Bila Anda menghabiskan sebagian besar pikiran untuk gebetan, maka Anda menelantarkan potensi yang seharusnya Anda dapat kalau menggunakan pikiran untuk kemajuan diri Anda sendiri. Tanpa disadari, Anda mengalami rugi besar.

Anda juga hanya menyakiti diri sendiri jika overthinking terlalu lama. Anda harus belajar mengendalikan pikiran Anda dan mengganti fokus Anda ke sesuatu yang lebih penting. Tubuh dan pikiran Anda akan berterima kasih ke Anda.

Bagaimana cara mengurangi overthinking memikirkan gebetan agar Anda bisa lebih fokus ke hal yang lebih penting?

1. Multigebetan Adalah Koentjie

Yang membuat Anda overthinking memikirkan gebetan adalah karena Anda hanya punya satu gebetan. Anda tidak punya pilihan lain sehingga gebetan jadi satu-satunya tujuan romansa Anda. Dengan kata lain, investasi Anda jadi terpusat ke satu orang.

Coach Lex DePraxis—founder Kelas Cinta dan pakar romansa di Indonesia—mengatakan bahwa agar pikiran dan investasi Anda tidak tertuju ke satu orang, maka solusinya adalah Anda wajib memiliki setidaknya tiga sampai lima gebetan. Ini membuat investasi Anda terpecah ke banyak orang sekaligus.

Keuntungan lain dari multigebetan adalah Anda jadi tidak terlalu berharap dan baper ke gebetan. Anda tidak menunggu dia membalas chatting karena Anda asyik chattingan dengan gebetan lain, Anda tidak sedih jika dia menolak diajak jalan karena ada gebetan lain yang bersedia Anda ajak jalan, Anda tidak patah hati melihatnya jalan sama orang lain karena Anda bisa jalan sama gebetan lain, dan sebagainya. Menyenangkan bukan?

Jika dia menunjukkan tanda-tanda tidak tertarik, Anda bisa dengan mudah meninggalkannya dan bersenang-senang dengan gebetan lain. Untuk apa Anda menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dan usia Anda untuk orang yang tidak menyukai Anda.  

Bagaimana mendapatkan multigebetan? Anda bisa mempelajari strateginya lewat LINK di bawah:

KC STAR

2. Sadari Bahwa Anda Hanya Bisa Mengendalikan Diri Anda Sendiri

Ketika overthinking, seringkali Anda berpikir untuk melarang gebetan agar Anda bisa tenang. Kalaupun Anda benar-benar melarangnya, dia tidak akan mendengarkan Anda karena Anda bukanlah orangtuanya atau orang penting baginya. Anda malah membuatnya jengkel karena merasa diatur-atur.

Yang bisa Anda kendalikan hanyalah diri Anda sendiri. Anda bisa melarangnya dengan resiko dia tetap melakukan apa yang dia mau, atau Anda melepaskannya bersenang-senang sambil berkata “Oke, have fun ya” lalu Anda bersenang-senang sendirian. Yang pertama membuat Anda overthinking, yang kedua membebaskan Anda dari pikiran-pikiran yang tidak perlu.

Biarkan gebetan melakukan apa yang dia suka, toh itu tidak merugikan Anda. Anda pun bisa melakukan apa yang Anda suka dan gebetan tidak akan memusingkan Anda karena Anda bukan siapa-siapa.

Baca juga:
Hindari Melakukan Hal-Hal Bodoh Karena Cinta Ini!

3. Sibukkan Diri Anda Ke Hal-Hal Lain Yang Lebih Penting

Rasanya mustahil Anda tidak punya kesibukan lain, tidak peduli berapa pun usia dan status Anda.

Jika Anda mahasiswa, Anda seharusnya ada kesibukan mengerjakan tugas kuliah, belajar, atau mengerjakan skripsi. Jika Anda pekerja, Anda seharusnya ada kesibukan mengerjakan tugas kantor. Bahkan, jika Anda pengangguran pun, Anda seharusnya ada kesibukan seperti mencari lowongan kerja, mempelajari kemampuan yang sekiranya banyak dibutuhkan perusahaan, atau sekadar nongkrong sama yang lain.

Ini menunjukkan bahwa Anda sebenarnya punya banyak sekali kesibukan dan kegiatan sehingga aneh kalau Anda punya banyak waktu untuk memikirkan gebetan. Kecuali… Anda yang memilih untuk memikirkannya.

Daripada Anda menguras pikiran untuk gebetan, jauh lebih baik Anda menguras pikiran untuk kesibukan Anda sendiri. Catat apa saja tugas atau pekerjaan yang sekiranya belum selesai. Pilih salah satu tugas tersebut dan kerjakan sampai selesai atau setidaknya hampir selesai. Kalau Anda selesai mengerjakannya, cari lagi tugas lainnya. Begitu terus sampai Anda tidak ada waktu untuk overthinking memikirkan gebetan.

Jangan heran jika nantinya Anda mendapat kenaikan gaji karena pekerjaan cepat selesai atau Anda mempelajari banyak kemampuan baru karena rutin belajar setiap hari.

Jauh lebih baik daripada memikirkan gebetan melulu, bukan?

Baca juga:
Cara Menyayangi Diri Yang Bikin Anda Disayangi Orang

Menghilangkan overthinking memang terasa sulit, tapi itu hanya di awal saja. Jika Anda rutin menyibukkan diri dan memiliki banyak gebetan, Anda akan menemukan kemudahan menyingkirkan pikiran-pikiran yang tidak perlu.

Ingat, jangan terus-terusan memikirkan gebetan yang tidak memikirkan Anda. Tanamkan pemikiran itu baik-baik di benak Anda.

Share the knowledge!