3 Cara Menghindari Kegalauan

lelaki-sedang-galau

Kata galau adalah salah satu kata yang sedang trend saat ini. Sebuah ungkapan perasaan seseorang ketika sedang mengalami kebingungan, bimbang, dilema, dan depresi. Maraknya drama Korea saat ini membuat para Pria dan Wanita mencontoh perilaku aktor dan aktris dalam film tersebut. Bukan hanya penampilan, bahkan kisah cinta juga ingin disamakan ke dalam dunia nyata. Efek yang dihasilkan dari sana adalah memicu kegalauan, karena ekspektasi yang tidak tercapai.

Yang pertama adalah memiliki prinsip hidup

Mudah galau adalah tanda bahwa Anda tidak memiliki prinsip hidup. Memiliki prinsip hidup, membuat keadaan mental Anda stabil. Jika hanya memiliki prinsip saja tidaklah cukup, maka terapkan prinsip  tersebut ke kehidupan Anda. Jangan mentoleransi prinsip Anda, toleransi pertama membuat toleransi kedua dan seterusnya.

Contoh: Prinsip Anda adalah jika hubungan sudah berakhir, pantang bagi Anda untuk menjalinnya kembali. Misalkan: Anda melihat wanita cantik kemudian mencoba pendekatan kemudian pacaran. Setelah menjalin hubungan 1 tahun, timbul banyak masalah dan solusi kalian adalah putus. Karena sangat menyayangi mantan Anda, kembali muncul keinginan menjalin hubungan dengannya. Yang membuat perasaan galau adalah toleransi kepada prinsip Anda.

Jika prinsip Anda seperti itu, maka hal apapun yang berlawanan dengan prinsip tersebut tidak berlaku untuk Anda.

Content continue below...

Yang mampu mengendalikan hidup Anda adalah Anda

Pikirkan sejenak jika hidup Anda dikendalikan oleh perasaan galau, maka setiap hal yang Anda lakukan akan diawali kegalauan. Keputusan untuk move on atau terus terlarut dalam kegalauan, Anda yang mengendalikannya. Banyak orang mengalami kegalauan karena tidak mampu mengendalikan hidupnya. Salah satu contohnya adalah belum bisa move on setelah bertahun-tahun putus. Ini membuktikan bahwa kegalauan yang mengendalikan hidupnya.

Usir galau dengan cara keluar dari zona nyaman Anda

Apa itu zona nyaman? . Zona nyaman adalah keadaan perilaku dimana seseorang berada dalam kondisi tanpa kecemasan, dengan perilaku yang dikondisikan untuk memberikan tingkat kinerja stabil, biasanya bebas dari resiko. Tidak ada ruang untuk petualangan dan kegembiraan dalam zona nyaman, bahkan, dari waktu ke waktu Anda mungkin merasa muak dan terjebak dalam kebosanan dan ketakutan.

Contoh: Jika Anda seorang gamer, berhentilah bermain game dan keluar dari warnet atau kamar Anda pada waktu weekend. Why? Karena ketika Anda sudah menyadari perlunya mencari pasangan, waktu sudah terbuang percuma dan lingkaran sosial Anda pun kecil. Akibatnya adalah Anda mengalami kegalauan karena terlambat keluar dari zona nyaman.

Share Your Thoughts