Berat Badan Berlebih Pengaruhi Kesuburan Pria

Fat man holding a measurement tape

Saat ini nggak hanya wanita yang butuh diet. Faktanya, pria juga harus diet jika sudah terlihat gemuk. Tentu kalian sendiri merasa ‘begah’ atau sesak ketika berat badan bertambah bukan? Dan juga, penampilan kita mungkin akan sedikit kurang menarik di hadapan wanita dengan perut yang sudah terlihat membesar ini. Namun, badan gemuk nggak hanya berpengaruh pada penampilan saja, bro.

Ketika menjadi gemuk, pria berpotensi terkena obesitas. Namun, nggak sampai di situ saja. Faktanya, obesitas akan memengaruhi kehidupan percintaan kalian. Dalam sebuah penelitian, pria dengan berat badan berlebih mengalami penuruan kualitas sperma. Jadi, dapat dikatakan kalau berat badan memiliki pengaruh terhadap kesuburan pria.

promo251671237

Dr. Michael Eisenberg dari Stanford University School of Medicine di California, bersama rekannya melakukan studi dengan melibatkan 468 pasangan di Texas dan Michigan. Para peneliti akan meneliti kualitas sperma yang dimiliki pasangan pria yang berencana memiliki anak. Selain itu, mereka juga menimbang berat badan dan mengukur lingkar pinggang para suami tersebut.

Hasilnya, dari data yang dinalaisis ditemukan kalau pria dengan lingkar pinggang besar memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit. Volume sperma yang lebih tinggi optimlanya antara 2-5 mililiter. Apabila jumlah sperma kurang dari 1,5 ml, dapat menjadi pertanda bahwa pria tersebut tidak subur (infertil).

Content continue below...

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction ini juga menemukan bahwa pria dengan lingkar pinggang 40 inchi (sekitar 100 cm) memiliki jumlah sperma 22% lebih sedikit dibandingkan dengan pria yang memiliki lingkar pinggang 37 inchi. Dari penelitian diketahui bahwa pria dengan lingkar pinggang 40 inci atau sekitar 100 sentimeter memiliki jumlah sperma 22 persen lebih sedikit dibandingkan dengan pria yang lingkar pinggangnya 37 inci. Menurut studi ini, ada kaitan erat antara konsentrasi sperma, motilitas, dan vitalitas (penampilan fisik).

Selain itu, seorang dokter urolog, Dr. Keith Jarvi Reuters mengatakan, “Semakin tinggi berat badan pria, semakin rendah jumlah spermanya dibandingkan dengan pria yang memiliki berat badan normal.”

Jadi, untuk para pria yang peduli dengan kesuburannya, perhatikan pola makan dan berat badan kalian. Tentu saja agar kalian terhindar dari obesitas dan penurunan kualitas sperma.

Share Your Thoughts