Liburan dengan Orang Tua Pasangan? Ingat 3 Hal Ini

Everett Stone (Dermot Mulroney, left) introduces his girlfriend Meredith Morton (Sarah Jessica Parker) to his father Kelly (Craig T. Nelson), mother Sybil (Diane Keaton) and sister Amy (Rachel McAdams), in THE FAMILY STONE.

Liburan akhir tahun sudah semakin dekat. Sudah ada rencana untuk menghabiskan waktu tersebut?

Beberapa dari kalian rupanya ada yang diajak liburan bersama orang tua pasangan? Kalau begitu, selamat ya! semoga liburan kalian menyenangkan, serta kedekatan kamu dengan orang tua kekasih jadi lebih meningkat.

Tapi, kamu merasa takut untuk menyambut hari liburan bersama orang tua pasangan. Sebab, kamu takut melakukan kesalahan yang fatal sehingga menimbulkan kesan buruk di mata orang tuanya. Hal tersebut dapat berdampak buruk pada masa depan hubunganmu dengan pasangan.

Jangan khawatir. Agar liburan nanti berjalan nyaman, menyenangkan, sekaligus dapat memberikan kesan baik di mata orang tua pasangan, kamu hanya perlu mengingat beberapa hal umum dan khusus di bawah ini.

Hal umum itu, apa saja? Pertama, kamu perlu berpakaian yang rapi, nyaman, serta sopan. Meskipun temanya liburan, kamu perlu berpakaian yang sopan di hadapan orang tua pasangan. Jangan sampai salah kostum sehingga hanya merepotkanmu. Bawa atau kenakan pakaian yang sesuai dengan destinasi liburan kalian. Untuk wanita, jangan lupa mengenakan riasan wajah yang natural saja. Jangan berlebihan sebab nantinya yang repot adalah kalian sendiri.

Kedua, selain berpakaian sopan, kamu pun perlu bersikap sopan di hadapan orang tua pasangan. Jangan melakukan hal-hal yang dapat menyinggung atau melukai hati mereka. Oke? Lalu yang terakhir, bawa makanan juga. Ya, nggak ada salahnya untukmu membawa makanan tambahan saat liburan nanti. Orang tua pasanganmu pasti senang. Sebab mereka melihat bahwa kamu adalah pribadi yang peduli dan perhatian. Bawalah makanan kesukaan mereka, atau sesuatu yang baru yang bisa dikonsumsi semua usia.

Lalu, apa saja hal khususnya?

Content continue below...

Biarkan Orang Tua atau Keluarga Pasangan yang Bicara

Orang tua pasangan pasti akan mengajakmu mengobrol bersama. Di saat seperti ini, usahakan jangan bersikap ingin mengambil alih pembicaraan. Jangan bersikap bahwa kamu ingin memimpin pembicaraan tersebut. Lebih baik, kamu mengikuti arah pembicaraan mereka saja. Bersikap tenang, jangan terlalu akrab maupun terlalu kaku. Biarkan orang tua pasangan mengetahui banyak tentang dirimu.

Membahas Pasanganmu

Di saat seperti ini, nggak ada salahnya bagimu untuk membicarakan pasanganmu—yaitu anak mereka—pada orang tua pasangan. Kamu bisa bertanya tentang kebiasaan sehari-harinya pasangan saat di rumah, kedekatannya dengan mereka, dan lainnya. Bicaralah dengan tenang, jangan seperti menginterogasi. Selipkan sedikit humor di dalamnya. Kalau orang tua pasangan menanyakan pendapatmu tentang anak mereka, jawab dengan jujur namun tetap menghormati orang tua dan pasanganmu.

Menjaga Kerapian Barang-Barang

Selama liburan, ikut bantu orang tua dan keluarga pasangan dengan menjaga kerapian barang-barang. Jangan biarkan barang-barangmu sendiri berhamburan atau tergeletak begitu saja di depanmu. Kamu pun perlu dengan sigap membantu keluarga pasangan untuk merapikan barang-barang mereka.

Melihat sikapmu yang bisa menjaga kerapian dan kebersihan, tentu membuat hati orang tua pasangan senang. Mereka menilai bahwa anak mereka telah menemukan pasangan yang tepat, yaitu kamu.

Sekarang, kamu sudah siap sepenuhnya untuk liburan bersama keluarga pasangan! Selamat liburan, ya.

Share Your Thoughts