Introspeksi: Kamu Cinta Dia Atau Cinta Ekspektasi Kamu Tentang Dia?

pexels-photo-89643

Sebagai manusia, ada kalanya kamu ingin memiliki pasangan. Dan, di saat tertentu, kamu bisa baper terhadap siapa saja yang memberimu perhatian lebih. Hal itu wajar sekali. Namun, ketika kamu sudah memiliki seseorang sebagai pasanganmu, kamu bisa saja putus, patah hati, bingung, mengapa dia tidak seperti yang kamu harapkan.

Terkadang, ketika kamu sudah putus asa, kamu rela berpasangan dengan siapa saja, dengan harapan si dia akan berubah seperti yang kamu mau. Jika begitu, mungkin kamu tidak benar-benar mencintai pasangan, mungkin kamu hanya mencintai bayang-bayang atau ekspektasi tentang dia yang kamu simpan dalam hati. Maka dari itu, kamu perlu hati-hati. Inilah tanda-tanda kamu mencintai pasanganmu karena ekspektasi kamu tentang dirinya saja.

1. Kamu Hanya Merindukan Dia Saat Kamu Kesepian

pexels-photo-30301via Pexels

Ketika kamu sedang bersama teman atau disibukkan sesuatu, kamu tidak pernah ingat dia sedetik pun. Barulah saat kamu kesepian, merasa hampa, kamu berharap dia ada di sisimu. Ketika kamu sudah puas, kamu melupakan dia lagi. Kamu hanya butuh dia untuk mengisi kekosonganmu, dan memanfaatkan orang lain seperti itu bukanlah hal yang baik dalam hubungan yang sehat.

2. Kamu Tidak Pernah Menegur Pasangan Saat Dia Berbuat Salah

pexels-photo-105882via Pexels

Karena kamu delusional, saat dia bersikap kasar padamu, kamu tidak pernah menegur dan langsung memaafkan dia. Ketika dia merendahkanmu, kamu menurut saja. Saat temanmu berkata dia tidak baik untukmu, kamu membela dia. Kamu selalu beralasan, mungkin dia capek atau suasana hatinya sedang buruk, dan masih banyak lagi.

3. Kamu Mulai Mengubah Dirimu Demi Pasangan

fashion-person-hands-womanvia Pexels

Kamu meragukan prinsip hidup yang kamu pegang selama ini. Kamu tidak lagi punya opini yang original, semuanya berdasarkan apa yang dikatakan pasanganmu. Apa yang kamu inginkan dan butuhkan dari pasangan diabaikan olehnya. Kamu ingin protes, tetapi bagi ilusimu, dia yang terbaik untukmu, jadi kamu bertahan saja bersamanya meski diinjak-injak.

4. Kamu Mulai Bermimpi Dia Akan Berubah dan Kalian Akan Lebih Bahagia Suatu Hari Nanti

pexels-photo-105880via Pexels

Content continue below...

Tidak ada salahnya berharap. Tetapi, jangan sampai kamu dibutakan harapan. Kalau kamu mulai berharap dan membayangkan dia akan berubah suatu hari nanti, tandanya hubungan kalian sudah tidak sehat. Kalau kamu juga membayangkan betapa bahagianya kalian nantinya kalau dia sudah berubah, artinya kamu tidak bahagia dengan hubungan kalian saat ini. Ketika kamu sudah dibutakan oleh ilusi, kamu percaya saja semua itu akan menjadi kenyataan.

5. Kamu Ingin Mengubah Pasangan

pexels-photo-112352via Pexels

Saat kamu berharap pasangan akan berubah, berarti kamu ingin mengubah pasangan, bukan? Kamu tidak akan bisa mengubah siapa pun kecuali kamu sendiri. Jadi, kalau kamu merasa ada yang harus berubah di dalam hubungan, mungkin kamulah orangnya. Dan kamu harus cari tahu apa yang harus kamu ubah dalam dirimu.

6. Kamu Membandingkan Diri Kalian dengan Pasangan Lain

couple-love-feelings-love-padlockvia Pexels

Kamu berpikir, seandainya saja pasangan mau berubah, pasti kalian akan sebahagia pasangan-pasangan di film drama yang kamu tonton. Kalian pasti bisa pamer kebahagiaan di media sosial dan dipuji orang lain betapa mesranya kalian, itu pun kalau pasangan mau membahagiakanmu.

7. Kamu Yakin Kamu Tidak Akan Dapat yang Lebih Baik Daripada Pasangan

nature-person-hands-girl (1)via Pexels

Hentikan pemikiran itu. Kamu layak mendapatkan pasangan terbaik. Jangan mau bertahan dengan pasangan yang tidak tepat hanya karena insecurity kamu berkata si dialah yang paling baik untukmu. Berjuanglah mendapatkan yang terbaik, jangan pernah bertahan dengan seseorang yang tidak cocok untukmu.

Share Your Thoughts