Pasangan Melakukan 8 Hal Ini Agar Bahagia, Tapi Malah Sengsara

photo-1459259191495-52eccde892c7

Setelah kamu memiliki hubungan yang bahagia sesuai keinginanmu, yang kamu lakukan berikutnya pastilah berusaha mempertahankan hubunganmu dengan cara apapun. Sayangnya, masih banyak pasangan yang belum sadar bahwa usaha-usaha yang mereka berikan ternyata hanya mengundang kesengsaraan dalam hubungan.

Mengapa bisa begitu? Mengapa kamu dan pasangan masih tetap sengsara walaupun kalian sudah berusaha keras untuk mengelola hubungan jadi sukses tetapi hasilnya selalu gagal? Karena kamu dan pasangan salah memfokuskan energi dan usaha kalian. Kecuali kalian bisa memberikan usaha yang tepat, hubungan kalian akan selalu gagal, sekeras apapun kalian berusaha. Berikut ini adalah 8 cara salah dan tidak sehat yang sering dilakukan oleh para pasangan demi mendapatkan hubungan yang bahagia.

1. Mengubah Diri Demi Kebahagiaan Pasangan

Processed with VSCO with j4 presetvia Unsplash

Kalau kamu menuntut pasangan untuk diet, berpenampilan sesuai keinginanmu, berhenti dari pekerjaannya, atau menyuruh dia bersikap sesuai ekspektasimu di depan orang lain, berarti kamu mengekang pasangan dengan melarang dia jadi dirinya sendiri. Kamu akan membuat pasangan kehilangan identitas dirinya, dan suatu hari nanti dia akan berbalik membencimu karena perlakuanmu terhadapnya.

2. Menyimpan Uneg-Uneg dan Masalah Dalam Hati Agar Tidak Bertengkar

photo-1453775910522-5d45ac4f0eaevia Unsplash

Banyak orang masih mengira kalau pertengkaran dalam hubungan sama sekali tidak baik demi kebahagiaan. Katanya, kalau kamu punya masalah atau uneg-uneg, lebih baik ditelan saja daripada diributkan dengan pasangan. Pada akhirnya, pasangan sendirilah yang membangun kebencian dari tumpukan masalah yang mereka telan selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Ketika bom waktu sudah meledak, mereka akan membenci satu sama lain dan tidak pernah bisa berkomunikasi dengan sehat lagi.

3. Malas Membuat Batasan Diri dalam Hubungan

photo-1416348316427-9ebac5dfef01via Unsplash

Kalau menurutmu membangun batasan diri dalam hubungan malah mengurangi rasa cintamu terhadap pasangan, kamu salah. Kamu harus memberitahu pasangan dengan jelas seperti apa kamu ingin diperlakukan olehnya. Tanpa batas, kamu tidak akan berani menegur pasangan ketika dia berbuat salah padamu. Jika sudah begitu, tidak heran kalau nantinya pasangan berani menginjak-injak diri kamu.

4. Enggan Memisahkan Diri dari Pasangan Sementara Waktu

photo-1451292719793-4a8f2d35305cvia Unsplash

Pasangan yang sehat adalah yang tidak pernah keberatan menghabiskan waktu sendiri bersama orang lain tanpa kehadiran satu sama lain. Kalau kamu hanya mau dengan pasangan saja sampai melupakan teman, hobi, dan pekerjaan, hidupmu bakal rugi besar. Akibatnya, kamu akan menyalahkan pasangan atas kesalahanmu sendiri.

5. Merasa Diri Kamu adalah Korban dalam Setiap Masalah Hubungan

photo-1467730572233-b2d465ec6e89via Unsplash

Content continue below...

Ketika pasangan membuatmu kesal atau kecewa, apakah kamu bermain sebagai korban dengan menuntut permintaan maaf, perhatian yang berlebih, hadiah sampai kamu puas? Daripada bersikap begitu, lebih baik ubah sikapmu saat bertengkar dan sungguh-sungguh mencari solusi untuk permasalahannya. Memang sulit, tetapi itulah cara yang terbaik kalau kamu ingin punya hubungan yang terbaik.

6. Menyimpan Rahasia Karena Tidak Ingin Menyakiti Hati Pasangan

A photo by Charlie Foster. unsplash.com/photos/A88emaZe7d8via Unsplash

Kecuali kamu ingin membuat kejutan untuk pasangan, kamu sudah merusak hubungan dengan menyimpan rahasia dari pasangan, meski kamu tidak punya niat buruk sekalipun. Selain merusak kepercayaan, kalau kamu tidak bisa jujur dan terbuka pada pasangan, berarti dia memang bukan pasangan yang tepat untukmu.

7. Membiarkan Diri Terjebak ‘Peran’ Hubungan yang Tidak Membuatmu Bahagia

photo-1451156351305-d4f9bff58036via Unsplash

Hal ini lumrah terjadi di antara pasangan yang sudah menikah. Pasangan terpaksa menjalani perannya sebagai suami atau istri tanpa bisa menikmati hidupnya sendiri. Misalnya, istri yang terpaksa berhenti bekerja dan mengurus rumah karena tuntutan suami. Atau suami yang banting tulang bekerja kesana-kemari karena istrinya terus menuntut diberi uang lebih. Jika mereka sudah muak, mereka akan mengeluh bahwa mereka sudah melakukan semua keinginan pasangan tetapi masih tetap tidak bahagia.

You are supposed to do what makes you content in your life, not what your spouse expects you to do.

8. Menjadi Tukang Kritik Pasangan, Segala yang Dia Lakukan Selalu Salah di Matamu

photo-1451597827324-4b55a7ebc5b7via Unsplash

Kalau kamu benar-benar tulus mencintai pasangan, seharusnya kalian tertawa bersama, saling mendukung, dan bersikap baik pada satu sama lain. Kamu tidak boleh semena-mena mengkritik, mengoreksi, atau sering tidak sepakat dengan pasangan. Tidak sepantasnya kamu berharap pasangan akan mengikuti semua ekspektasimu atau berprasangka yang tidak baik padanya. Sikap negatif seperti ini bisa meracuni hubungan, lho.

Kalau kamu merasa pernah melakukan 8 sikap di atas pada pasangan, cepat-cepatlah berhenti. Apa yang kamu lakukan sia-sia dan tidak bisa memberikan kebahagiaan dan kesuksesan hubungan yang kamu impikan. Pastikan usaha dan energi kamu dalam membuat hubungan yang sukses sudah kamu curahkan dengan tepat, ya!

Share Your Thoughts