Waspada! Media Sosial Bisa Mengancam Hubungan

pd

Kehadiran media sosial bisa mempermudah atau malah mempersulit hidupmu. Media sosial bisa mengancam hubungan kamu dan pasangan. Hadirnya Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan lain sebagainya bisa menjadi sumber konflik bagimu.

548fb63232acf_-_rbk-is-technology-killing-relationship-blogging-s2Sadar tidak sadar, kamu pernah bertengkar dengan pasangan perihal status Facebook. Atau kamu sendiri pernah kode-kodean dengan tweet no mention si dia. Seharusnya media sosial adalah alat berguna untuk menunjang komunikasi, bukannya jadi sumber masalah. Dan sayangnya, sering kali kamu sendirilah yang menyebabkannya, kalau kamu menggunakan media sosial untuk hal-hal seperti ini dalam hubungan.

Menjauhkan yang Dekat

Bayangkan kamu dan pasangan sedang kencan di restoran. Bukannya menikmati makanan sambil ngobrol mesra, kamu malah sibuk mengecek Instagram dan Facebook. Pasangan menyuruhmu menaruh ponselmu. Tetapi kamu tidak dapat menahan diri untuk tidak membuka ponsel saat berdering.

Bagaimana perasaan pasanganmu? Pasti kesal, bete, dan jenuh karena merasa tidak dianggap ada olehmu.

Mesra-Mesraan di Internet

Mesra-mesraan di tempat umum sah-sah saja, tetapi lain ceritanya kalau kamu dan pasangan melakukannya di internet. Dari upload foto mesra kamu dan pasangan secara berlebihan hingga update status mesra yang membuat orang lain muak.

Masalah lainnya adalah ketika kamu merasa terganggu kenapa pasanganmu tidak pernah upload foto kalian berdua. Kamu jadi curiga dan stres sendiri, jangan-jangan dia tidak tulus menyayangimu. Yang ada di pikiranmu, “kalau dia benar-benar cinta, seharusnya dia menaruh foto kalian berdua di foto profilnya, dong!”

Tidak Sengaja Menemukan Status Lama Pasangan

Kamu takut ketahuan pacarmu karena sering stalking mantan di internet. Kamu juga khawatir pacarmu akan menemukan foto-foto atau status mesramu bersama mantan di masa lalu. Saat kamu melihat status lama si dia yang menyebut mantannya adalah orang yang paling spesial di hidupnya, kamu langsung sakit hati.

Content continue below...

Bertengkar Karena Aktivitas Sosial Pasangan

Kenapa pasangan tidak membalas chat kamu tetapi beberapa detik lalu dia malah like foto orang lain di Instagram? Atau kamu marah saat melihat pasangan tiba-tiba update di Path kalau dia sedang berada di restoran bersama temannya. Dia tidak bilang padamu dia punya rencana untuk bertemu teman dan kamu langsung berasumsi yang tidak-tidak.

Gampang Curiga

Siapa saja yang ada di akun media sosial dapat menyapa kamu atau pasanganmu. Misalnya, teman lama pasangan menyapa dia di Facebook. Tidak ada angin atau hujan, mantan pasangan follow pasangan di Instagram atau Twitter. Kamu langsung curiga, “Jangan-jangan ada apa-apanya, nih!”

Please deh, jangan lebay. Selama kamu dan pasangan sama-sama tahu batasan wajar saat berinteraksi dengan orang lain di media sosial, kamu tidak perlu takut si dia akan selingkuh. Sama-sama hormati batasan yang sudah kalian buat, ya.

Curhat di Media Sosial

Lebih banyak kerugiannya daripada keuntungan kalau kamu curhat di media sosial. Sudah pusing, tidak bisa memecahkan masalah, dan membuat konflik jadi makin rumit. Kamu tidak perlu mempublikasikan masalahmu di internet. Apa yang sudah kamu tulis di internet tidak akan bisa ditarik kembali selamanya. Mengerikan sekali, bukan?

Semua pasangan tidak akan pernah luput dari masalah media sosial. Sekarang tinggal kamu dan pasangan sendiri yang menentukan. Saat kalian sharing tentang hubungan di internet, pertimbangkan dulu apakah post kalian akan memicu drama dalam hubungan atau tidak.

Share Your Thoughts