5 Hal yang Merusak Self-Esteem

self-esteem

Self-esteem atau menghargai diri sendiri dapat menjadi hal sulit ketika kamu sering mendengar cecaran atau komentar negatif dari orang lain. Meraih self-esteem tinggi tidaklah mudah, karena ada banyak sekali hal-hal yang dapat merusak self-esteem di sekeliling kita.

o-DEPRESSION-facebookPenting sekali untuk mengetahui apa saja yang dapat merusak self-esteem, agar kita dapat menghindar dari dampak yang akan dirasakan ketika harga diri kita diserang. Ternyata, tidak hanya orang lain yang dapat menekan self-esteem, tetapi juga diri sendiri.

Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Orang-orang cenderung berpikir orang lain lebih cantik, pintar, sukses, dan sukses daripada diri mereka sendiri. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain mudah sekali meruntuhkan harga diri yang dimiliki. Kamu pun jadi lupa akan kelebihan yang kamu miliki. Oleh karena itu, berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Fokus saja ke semua kelebihan yang kamu miliki, dan tonjolkan kelebihanmu itu.

Hubungan Abusif

Jika kamu baru saja keluar dari hubungan abusif, pasti kamu tahu betapa sulitnya meningkatkan self-esteem yang selama ini rusak. Karena ketika hal buruk ini terjadi, sedikit saja rasa bersalah dapat menggoyahkan self-esteem. Dekati teman dan keluarga, minta dukungan dari mereka. Proses ini membutuhkan waktu, dan cobalah untuk berani mengembangkan diri sedikit demi sedikit.

Content continue below...

Orang Tua

Orang tua seharusnya memberikan dukungan dan masukan positif kepada anaknya. Kata-kata orang tua kepada anaknya akan memberikan efek yang sangat besar ke pertumbuhan psikologis mereka. Akan tetapi, jika kamu dibesarkan oleh orang tua yang sering berkata negatif tentangmu, pasti akan sangat sulit melupakannya. Ketika seorang anak seharusnya dibesarkan dengan kasih sayang tetapi dia tidak mendapatkannya, anak cenderung menyalahkan dirinya sendiri. Tentu saja, tidak mustahil untuk move on dan memaafkan orang tua. Salah satu langkah untuk memiliki self-esteem lebih baik adalah memaafkan orang-orang yang pernah menyakiti kamu.

Media Sosial

Bermain di media sosial sangat menyenangkan. Namun, tiba-tiba kamu menemukan postingan teman saat dia berlibur di luar negeri yang membuatmu iri atau foto teman dengan pacar barunya. Itu karena orang-orang berusaha untuk terlihat sukses dan bahagia di media sosial, dan tidak seharusnya self-esteem kamu runtuh karena hal itu. Biarkanlah teman-temanmu meraih kesuksesan, karena kamu akan meraihnya juga suatu hari nanti.

Kurang Tegas

Pernah tidak merasa menyesal karena kurang bersikap tegas di depan orang lain? Itu karena sikap tegas memiliki hubungan erat dengan self-esteem. Jadi, jika ada orang yang mengejekmu atau tidak menghormatimu, jangan takut untuk bersikap tegas dan melawan. Untuk menjadi tegas ternyata tidak sulit. Menurut sebuah artikel dari EsteemedSelf, cara melatih ketegasan adalah berbicara dengan jujur berdasarkan moral dan keyakinan yang kamu miliki. Menjadi tegas tidak berarti kamu harus agresif atau galak pada orang lain. Cukup dengan melawan ketika orang lain merendahkanmu, dan menuntut untuk dihargai ketika sedang berinteraksi dengan orang lain.

Share Your Thoughts