9 Hal Tentang Menyayangi Diri Sendiri yang Perlu Kamu Ketahui

Menyayangi Diri Sendiri Kelas Cinta

Menyayangi diri sendiri adalah salah satu kunci utama untuk memiliki hubungan asmara yang sehat. Menyayangi diri sendiri kini sudah cukup populer, tetapi masih ada saja orang yang memiliki persepsi yang salah tentang hal ini. Ada yang bilang sayang diri sendiri adalah sikap narsis atau egois. Ada pula yang berpikir menyayangi diri sendiri berarti kamu harus memanjakan diri dengan kemewahan.

Padahal menyayangi diri sendiri tidak harus selalu melakukan hal tersebut. Cara menyayangi diri sendiri yang tepat adalah dengan menyempatkan waktu sendiri, melakukan apa saja yang kamu suka dan membuatmu bahagia agar kamu lebih produktif, aktif dalam hubungan, serta meningkatkan kualitas hidup kamu.

Agar tidak salah kaprah lagi dengan konsep dan prosesnya, berikut ini adalah 9 hal tentang menyayangi diri sendiri yang wajib kamu ketahui.

1. Proses Menyayangi Diri Sendiri Tidak Selalu Menyenangkan

Processed with VSCOcam with hb1 presetvia Pexels

Konsep menyayangi diri sendiri sering kali disamakan dengan relaksasi diri dan melakukan aktivitas yang memanjakan seperti mani-pedi, belanja hingga menghamburkan uang, berendam di air hangat, bermalas-malasan, atau menikmati makanan mahal.

Jarang sekali kita berpikir bahwa melakukan kegiatan-kegiatan yang enggan kita kerjakan juga termasuk proses menyayangi dan merawat diri sendiri. Merawat diri kita dengan membayar tagihan bulanan, pergi ke dokter untuk check up, membereskan rumah, dan menabung untuk masa depan sangatlah penting untuk memiliki keseimbangan hidup.

2. Prosesnya Juga Memerlukan Waktu yang Tidak Sebentar

person-woman-relaxation-girlvia Pexels

Sama seperti aspek hidup lainnya, merawat diri sendiri juga memiliki prosesnya sendiri yang tidak bisa kamu terima hasilnya buru-buru. Misalnya, kamu baru saja mengikuti kursus yoga untuk menjaga kesehatan, tetapi ada kalanya kamu kembali ke kebiasaan lama di mana kamu lebih memilih tidur seharian di rumah. Tidak apa! Jangan paksakan diri sendiri. Jalani saja apa adanya, nikmatilah prosesnya.

3. Kamu Juga Boleh Meminta Bantuan Jika Diperlukan

StockSnap_0GKOFC1EQCvia Stocksnap

Merawat dan menyayangi diri sendiri berarti kamu memprioritaskan kebutuhan pribadimu dan memastikan semuanya sudah terpenuhi, tetapi bukan berarti kamu bisa melakukan semuanya sendirian.

Menghubungi teman, pasangan, atau keluarga untuk curhat soal masalah kamu juga termasuk langkah yang sangat produktif. Karena dengan curhat pada mereka, kamu dapat mengangkat sebagian beban emosional kamu. Jadi, jangan malu-malu lagi menghubungi mereka untuk meminta saran, ya!

4. Terkadang, Menyayangi Diri Sendiri Juga Harus Melibatkan Orang Lain

StockSnap_2XHTENZQCA (1)via Stocksnap

Content continue below...

Menyayangi diri sendiri berarti kamu harus memprioritaskan kebutuhan pribadi yang kesannya cukup egois dan narsistik. Padahal kenyataannya, merawat diri sendiri membutuhkan bantuan, lho. Seperti yang diungkapkan pada poin sebelumnya, kamu wajib meminta bantuan pada orang lain apabila diperlukan. Respons dan pertolongan mereka dapat menjadi panduan untuk meningkatkan kualitas diri.

5. Menyayangi Diri Sendiri Membutuhkan Komitmen Seumur Hidup

pexels-photo-196668via Pexels

Merawat diri sendiri bukanlah sesuatu yang cukup dilakukan sekali saja. Setelah kamu merasa lebih baik, cepat atau lambat, perasaan tersebut akan menguap. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengevaluasi diri sendiri, menjaga kesehatan adalah kegiatan yang harus kamu lakukan secara rutin. Sebagaimana hidup kamu yang terus berkembang setiap harinya, begitu pula dengan caramu merawat diri sendiri. Proses ini tidak akan pernah benar-benar berhenti sampai akhir hayatmu.

6. Merawat Diri Sendiri Tidak Harus Selalu Mahal

Processed with VSCO with c9 presetvia Pexels

Boleh saja menghabiskan budget semahal mungkin untuk merawat diri jika itu yang kamu mau. Namun, merawat diri sendiri yang tepat tidak harus selalu seperti itu, kok. Pikirkan saja kegiatan apapun yang membuatmu tenang dan bahagia. Baik hanya menonton televisi sendirian saja di rumah, menjadi relawan di panti asuhan, melakukan ibadah, dan masih banyak lagi. Mengurungkan niat untuk merawat diri sendiri karena terlalu mahal kini sudah tidak lagi jadi alasan!

7. Cara Kamu Merawat Diri Sendiri Tidak Harus Sama Dengan Orang Lain!

pexels-photo-247292via Pexels

Kita semua adalah manusia yang unik dan tidak bisa dibandingkan dengan satu sama lain. Belum tentu yoga atau menulis jurnal cocok buatmu, makanya kamu mencari kegiatan lain yang lebih tepat untuk merawat diri sendiri. Jangan takut dianggap aneh oleh orang lain hanya karena aktivitasmu tidak lazim di mata mereka. Selama kamu tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain, kenapa tidak?

8. Terlalu MemaksakanĀ Diri Bisa Bikin Kamu Stres

pexels-photo-185801via Pexels

Merawat diri sendiri sangatlah penting, tetapi janganlah memaksakan diri. Memaksakan diri dengan berolahraga berlebihan, diet super ketat, dan terlalu lama menyendiri tidaklah sehat. Berikan kesempatan pada dirimu sendiri untuk menyesuaikan diri dan mengatur rutinitas self-care yang tidak harus menguras energi!

9. Dan Kamu Bisa Memulainya Dari Hal-Hal Kecil!

Processed with VSCOcam with hb1 presetvia Pexels

Kamu tidak perlu melakukan perubahan drastis dalam hidup untuk menyayangi diri sendiri. Memperhatikan hal-hal kecil dalam hidupmu juga termasuk proses merawat diri sendiri juga, lho. Mulailah dari hal kecil dan terus tingkatkan progresmu. Jadikan proses merawat diri sendiri sebagai rutinitas utama dalam kehidupan sehari-hari kamu agar kamu lebih tenang dan sigap saat menghadapi perubahan besar dalam hidupmu.

Share Your Thoughts