5 Cara Aman Keluar Dari Zona Nyaman

teenager at home chilling

Manusia adalah makhluk yang selalu mengulang kebiasaannya. Kalau kamu memiliki kebiasaan baik, kamu akan menjadi orang baik. Begitu pula jika kamu memiliki kebiasaan buruk, kamu juga akan menjadi orang buruk. Hal ini tentu berlaku dalam percintaan. Sering kali kita melakukan kebiasaan berulang-ulang yang membuat kita terjebak dalam zona nyaman.

Young woman yawning on couchTanda kamu terjebak dalam zona nyaman adalah kamu selalu memilih cara aman dan yang mudah diprediksi, kamu cenderung takut saat menemukan hal-hal baru dan berusaha menghindarinya. Misalnya, kamu bosan berkencan dengan orang yang biasa saja, atau bingung mengapa kamu selalu bertemu pasangan buruk, artinya kamu wajib keluar dari zona nyamanmu. Kalau kamu masih belum tahu caranya, bacalah tips berikut ini.

Kenali Hambatanmu

Apa sih yang membuatmu malas keluar dari zona nyaman? Apa kamu takut gagal? Takut orang berpikir negatif tentangmu? Takut hubungan yang kamu miliki saat ini berubah? Ketahui dulu hambatan-hambatan yang membuatmu tidak mau keluar supaya kamu bisa membersihkannya satu per satu.

Evaluasi Diri

Kalau kamu tetap takut keluar dari zona nyaman, pikirkan apa yang akan kamu dapatkan kalau kamu tetap berada di zona nyamanmu. Dan tahu tidak, setiap kali kamu bermain aman, kamu akan kehilangan kesempatan baru yang lebih seru. Bermain aman hanya akan menumpulkan potensi diri yang kamu miliki. Jangan tunggu waktu yang tepat untuk keluar. Lakukan sekarang!

Content continue below...

Ubah Rutinitas

Lakukan secara perlahan tetapi pasti. Misalnya, mengambil rute baru saat pulang-pergi kerja, memesan menu makanan baru, datang ke kantor lebih awal, mengajak kenalan orang tidak dikenal di tempat umum, apa saja. Kamu memiliki banyak pilihan dalam hidup, pilihlah sesuatu yang bisa membantumu melebarkan sayapmu.

Lakukan Hal Baru

Zaman sekarang, kamu cukup mengakses ponsel untuk mencari tahu restoran baru, tempat kursus menarik, komunitas-komunitas yang sesuai hobi, dan masih banyak lagi. Kalau kamu biasanya membaca berita gosip, cobalah membaca pengetahuan-pengetahuan baru untuk memperluas wawasan. Jangan biarkan pikiranmu tumpul karena terlalu takut melakukan hal baru.

Mencari Teman Kencan di Luar Tipe

Tentu kamu memiliki standar atau kriteria sendiri untuk pasangan ideal. Tetapi, tidak ada salahnya kamu berkencan dengan orang di luar tipemu. Siapa tahu ternyata kalian cocok. Berkenalan dengan orang yang berbeda tipe dapat membantumu mengeksplor diri sendiri yang belum kamu ketahui.

Share Your Thoughts