Wujudkan Impian Kamu Sekarang Juga Agar Bisa Memantaskan Diri Untuk Menikah!

stocksnap_vzsu1lg25s

Sadar tidak mungkin selama ini kamu hanya menghabiskan waktu mewujudkan impian orang lain? Dari berusaha menjadi pasangan terbaik untuk si dia, menjadi karyawan terbaik untuk atasan, menjadi sahabat terbaik untuk teman, hingga terpaku dengan kesuksesan yang dicapai orang lain di media.

Di media sosial, kesuksesan tersebut biasanya dibungkus dengan istilah relationship goals, life goals, career goals, body goals, dan masih banyak lagi. Tidak masalah apabila kesuksesan orang lain bisa memotivasi hidup kamu. Tetapi, bagaimana jadinya kalau kamu malah jadi minder, berkecil hati, atau melupakan impianmu sendiri? Misalnya, kamu melihat teman-teman kamu sudah menikah, dan kamu jadi membuang impian karirmu untuk ikut-ikutan menikah. Atau contoh lainnya, kamu menganggap dirimu gagal dalam hidup karena hidupmu tidak sesuai dengan kehidupan yang dipamerkan orang-orang di media.

Jika sudah begitu, saatnya kamu fokus pada aspirasi dan impian kamu sendiri, Ladies! Apabila kesuksesan terasa sangat sulit untuk diraih dan kamu putus asa, ingatkan dirimu untuk selalu lakukan 5 hal ini setiap hari!

1. Pastikan Kamu Selalu Punya Waktu Sendiri

stocksnap_4dhb07sbf7via Stocksnap

Tidak ada salahnya sesekali kamu membatalkan rencana dengan orang lain dan menjauh selama beberapa hari dari media sosial untuk meluangkan waktu sendiri. Gunakan waktu sendirimu untuk menikmati hidup, melakukan apapun yang kamu suka, bersantai sejenak, atau mengasah kemampuan.

Menurut Pschology Today, waktu sendiri memberi kamu kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri serta memperkuat karaktermu. Saat kamu bersama orang lain dan terlalu terekspos oleh media, sering kali kamu menuruti saja kemauan orang lain dan mudah terpengaruh opini media sehingga kamu jadi sulit membuat keputusan untuk diri sendiri.

2. Pastikan Kamu Evaluasi Diri Secara Rutin

stocksnap_70jmtndbjivia Stocksnap

Saatnya kamu mengevaluasi tujuan dan impian hidupmu. Apakah semua itu benar-benar impianmu atau orang lain karena terpengaruh teman dan media? Terkadang, kamu bisa terjebak dalam hubungan yang tidak kamu inginkan karena dipaksa teman, bertahan di pekerjaan yang membosankan karena menuruti kemauan orang tua, atau nekat pindah ke kota lain tanpa rencana apapun.

Pastikan keputusan apapun yang kamu lakukan membuat dirimu bahagia. Lupakan obsesimu meraih goals yang ada di media sosial, jangan sampai kamu dengan buta mengikuti orang lain, dan mulailah mengejar impianmu sendiri.

3. Belajar Berkata “Tidak” Pada Orang Lain

stocksnap_aq0su2m6s4via Stocksnap

Content continue below...

Dalam hidup, akan selalu ada tugas kantor, undangan berkumpul dengan teman, ajakan kencan, dan masih banyak lagi. Memang, kamu membutuhkan semua itu untuk memiliki hidup yang menyenangkan, tetapi, apabila kamu sedang kewalahan dan lelah, saatnya kamu belajar untuk menolak permintaan orang lain. Kamu tidak akan bisa membahagiakan orang lain kalau kamu sendiri tidak bahagia, bukan?

Apapun yang kamu lakukan untuk membantu orang lain tidak akan memuaskan dirimu apabila kamu sedang lelah dan bersusah hati. Pastikan kamu selalu meluangkan waktu yang cukup untuk diri sendiri, dan kamu tidak akan bisa mendapatkannya kalau kamu belum menyayangi diri kamu.

4. Setiap Hari Lakukan Sesuatu yang Bisa Mendekatkanmu ke Kesuksesan yang Kamu Impikan

stocksnap_7yozp9rc4jvia Stocksnap

Kamu mungkin merasa impian yang kamu dambakan sangatlah mustahil untuk diwujudkan karena keadaan kamu saat ini. Oleh karena itu, uraikan impianmu tersebut menjadi tugas-tugas atau tantangan kecil yang dapat kamu selesaikan setiap harinya. Misalnya, pasangan idamanmu kelihatannya tidak sesuai dengan kualitas dirimu saat ini, artinya kamu harus belajar meningkatkan kualitas dirimu setiap harinya dengan banyak membaca, mengikuti seminar positif, dan perlahan meninggalkan kebiasaan buruk yang biasa kamu lakukan.

Setelah kamu membuat tantangan kecil tersebut dan menyelesaikannya setiap hari, kamu akan lebih mudah puas dan bahagia setiap saat. Kamu tidak lagi pesimis dan mengeluh putus asa karena setiap harinya kamu semakin dekat dan mudah meraih impianmu.

5. Lupakan Keinginanmu Untuk Menjadi Sama Seperti Orang Lain

stocksnap_we81h53q9fvia Stocksnap

Dulunya kamu melakukan apa saja agar terlihat keren dan sama seperti orang lain atau idolamu di media. Artinya kamu membuang impian dan kebahagiaanmu agar bisa menjadi sama seperti mereka! Tahu tidak, kamu juga membuang waktu kamu dengan sia-sia, lho! Hidup ini singkat, dan sama sekali tidak ada gunanya kamu gunakan untuk menjadi sama seperti mereka.

Temukan hobi yang menarik buatmu, luangkan weekend kamu untuk hal-hal yang kamu suka, dekati pria yang kamu suka, pokoknya apapun yang membuat kamu merasa lebih sukses setiap harinya! Keunikan kamulah yang nantinya akan menarik perhatian orang lain dan menjadi ciri khasmu yang akan diingat dan dicontoh oleh mereka.

Share Your Thoughts