3 Pengorbanan Cinta yang Sehat

Lovers Cuddling in Bed

Cinta membutuhkan pengorbanan. Ya, karena dalam hubungan asmara, kamu tidak sendirian. Kamu dan pasangan adalah sebuah kesatuan di mana kalian harus menghadapi segalanya bersama-sama. Kalian tidak boleh egois dengan mementingkan diri masing-masing. Kalian wajib memberikan kontribusi yang seimbang dalam hubungan. Dan terkadang, pengorbanan harus dilakukan demi keharmonisan hubungan.

Romantic-couple-good-night-kisses-and-hugsMasih banyak orang belum memahami pengorbanan cinta yang sesungguhnya. Seperti yang sudah disebutkan dalam artikel ini, kamu tidak bisa mengorbankan kepribadian dan kebahagiaanmu sendiri demi pasangan. Namun, berikut ini adalah pengorbanan cinta yang sehat. Kamu dan pasangan akan merasakan keuntungannya jika dilakukan bersama-sama secara adil.

Hadir Untuk Pasangan

Ketika pasangan sedang memiliki masalah atau tertimpa musibah, kamu wajib hadir untuknya. Kamu harus mendukungnya dan menjadi tempatnya bersandar. Singkirkan dulu semua perasaan dan opinimu terhadap masalahnya. Korbankan sedikit waktu dan energimu dengan menghibur pasangan sampai dia bisa bangkit kembali. Berempatilah untuk pasangan dan pikirkan apa yang sedang dia lalui.

Content continue below...

Membuat Kompromi

Misalnya, kamu dan pasangan sama-sama bekerja dan sibuk. Artinya, kalian harus mengenali jadwal kerja masing-masing supaya bisa mencari waktu yang tepat untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Contoh lainnya, ketika kalian harus menyimpan rahasia dari satu sama lain tentang pekerjaan, teman, dan keluarga. Kalian sepakat untuk tidak pernah merahasiakan apapun yang memberi dampak terhadap hubungan kalian. Apapun yang terjadi, kalian tidak boleh melanggar kompromi yang sudah dibuat. Jadi, saat quality time dengan pasangan, tidak sepantasnya kamu mengurusi pekerjaan. Kamu juga tidak boleh memaksa pasangan memberitahukan rahasia yang dia miliki dengan alasan dalam hubungan tidak boleh ada rahasia.

Mengalah

Dalam hubungan, ada saatnya kamu harus bisa mengalah demi hubungan. Itu berarti, akan ada saatnya rencanamu dengan pasangan terpaksa batal karena urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Akan ada saatnya pula dalam pertengkaran, kamu harus mengalah dan meminta maaf meskipun kamu tidak memiliki kesalahan. Ketika kamu ingin melakukan sesuatu, kamu ikut memikirkan pasangan selain dirimu sendiri. Tidak berbeda dengan kompromi, kamu dan pasangan harus bisa mencari jalan tengah yang sama-sama menguntungkan bagi kalian. Tidak selamanya pasangan harus menuruti semua kemauanmu. Inilah sebabnya kamu harus bisa membahagiakan diri sendiri sebelum memiliki pasangan.

Share Your Thoughts