8 Sikap Tegas yang Bisa Bikin Kamu Jadi Pria Dewasa, Mandiri, dan Punya Wibawa di Depan Pasangan

pexels-photo-12628

Sebagai pria, kamu dituntut memiliki ketegasan dan wibawa dalam hubungan karena peranmu sebagai pasangan adalah pemimpin yang bisa mengayomi pasanganmu. Namun, menjadi pria dewasa dan tegas bisa membuatmu kelelahan secara emosional. Tentu saja, karena kamu harus mempertimbangkan segala aspek dan konsekuensi dari suatu masalah sebelum kamu membuat keputusan.

Takut membuat keputusan adalah hal manusiawi, tetapi kalau kamu sampai mangkir dan bergantung pada pasanganmu saat membuat keputusan, berarti kamu masih tergolong pria kekanakan yang tidak punya kepercayaan diri.

Orang-orang yang sering meragukan dirinya saat membuat keputusan biasanya disebabkan oleh kurangnya kepercayaan diri, overthinking, dan takut membuat kesalahan serta menghadapi konsekuensinya. Karena itulah, kebanyakan pria cenderung menghilang sejenak saat dia harus membuat keputusan penting terhadap sesuatu, termasuk hubungan percintaan agar dia tidak salah ambil keputusan. Tidak ada yang salah dengan menganalisa situasi dan mencegah konsekuensi buruk menimpamu dalam membuat keputusan. Namun, kamu juga tetap harus percaya dengan diri sendiri dan selalu sadar diri bahwa kamu pasti bisa membuat keputusan tanpa ragu dan terus-menerus menanyakan pendapat orang lain. Berikut ini adalah cara melawan semua pikiran negatif yang hinggap di benakmu agar kamu bisa membuat keputusan dengan tegas selayaknya pria dewasa.

1. Selalu Perlakukan Dirimu Sebagai Seorang Pemimpin

pexels-photo-29642
via Pexels

Kamu adalah pemimpin untuk dirimu sendiri. Kalau kamu belum menyadari itu, kamu akan selalu insecure dalam hal apapun, termasuk membina hubungan. Jangan selalu mengikuti orang lain dan menuruti saja kemauan mereka. Tidak ada yang salah dengan membuat keputusan yang berbeda dari kebanyakan orang. Bayangkan saja orang-orang yang kamu kagumi sebagai contoh. Di samping itu, wanita menyukai pria yang berani membuat keputusan yang lain daripada yang lain.

2. Selalu Buat Keputusan dengan Percaya Diri

man-1191845
via Pixabay

Bersikap percaya diri saat membuat keputusan sama sekali tidak sulit. Di lingkungan kerja, buatlah daftar berisi semua kemampuan dan prestasi pekerjaan yang telah kamu raih. Orang yang percaya diri adalah orang yang yakin dia berkemampuan baik. Oleh karena itulah, dia berani membuat keputusan. Di depan pasangan, cari tahu secara pasti apa yang kamu inginkan dalam hubungan, lalu pertimbangkan secara matang kerugian dan keuntungan yang akan kamu dapatkan sebelum membuat keputusan.

3. Selalu Belajar Dari Kesalahan-Kesalahanmu di Masa Lalu

3V10TEO5TA
via Stock Snap

Salah satu cara terbaik membuat keputusan dengan mandiri dan percaya diri adalah dengan belajar dari semua kesalahanmu di masa lalu. Sama seperti saat bermain games. Kamu harus kalah dulu berkali-kali sebelum kamu akhirnya menguasai permainan dan memenangkan level yang kamu mainkan. Tidak berbeda di kehidupan nyata, kepercayaan diri dan ketepatan diri dalam membuat keputusan tidak bisa didapatkan secara instan. Jangan takut membuat kesalahan selama kamu terus mau belajar darinya.

4. Selalu Fokus dengan Kelebihan yang Kamu Miliki dan Semua Pencapaian Diri yang Sudah Kamu Raih Sejauh Ini

entrepreneur-593358
via Pixabay

Content continue below...

Selalu ingat-ingat prestasi dan keahlian kamu sejauh ini yang telah membawamu ke hal-hal positif yang kamu alami saat ini. Jangan terlalu fokus dengan kesalahanmu, fokus saja ke pencapaian yang telah kamu raih hari ini. Kamu juga bisa melakukan self reward setiap kali kamu berhasil membuat keputusan yang bagus. Jadikan semua pencapaianmu saat ini sebagai motivasi agar kamu bisa menjadi lebih baik lagi.

5. Selalu Berlatih Membuat Keputusan Kecil Agar Kamu Lebih Percaya Diri Saat Harus Membuat Keputusan Besar

man-coffee-cup-pen
via Pexels

Kalau kamu masih belum berani membuat keputusan besar, mulailah dengan membuat keputusan yang risikonya sangat kecil, seperti menentukan tempat makan dengan pasangan saat kencan, menentukan kapan kamu dan teman-teman bisa berkumpul, dan menu makan siang apa yang harus kamu pilih hari ini di kantor. Semakin banyak keputusan kecil yang kamu buat, kamu akan berkembang pesat dan tidak ragu lagi membuat keputusan yang lebih besar.

6. Selalu Percaya dengan Dirimu Sendiri dan Cari Tahu Situasi Dimana Kamu Sering Meragukan Diri Sendiri

Startup Stock Photos
via Pexels

Kenalilah situasi tertentu dalam hidupmu ketika kamu sering meragukan diri sendiri saat membuat keputusan. Misalnya, kamu cenderung tidak bisa menolak permintaan pasangan yang ingin ditraktir olehmu. Tolaklah dia secara halus dengan berkata kamu ingin dia yang mentraktir sesekali. Selalu percayai intuisimu saat memilah situasi di mana kamu harus menyanggupi atau menolak permintaan seseorang.

7. Selalu Fokus dengan Apa yang Terjadi Saat Ini, Kamu Tidak Akan Bisa Menyelesaikan Masalah Kalau Masih Fokus di Masa Lalu

SWRREC0K3Avia Stock Snap

Kamu tidak akan dapat apa-apa kalau kamu masih saja memikirkan kesalahanmu di masa lalu. Jangan biarkan ketakutan menghalangimu berpikir jernih saat membuat keputusan. Fokus saja dengan apa yang ada di hadapanmu saat ini. Meski kamu membuat kesalahan pun, kamu tidak punya pilihan apa-apa selain belajar darinya dan tetap move on.

8. Selalu Buat Keputusan dengan Menyambut Segala Konsekuensi yang Akan Kamu Terima

pexels-photo-46104.jpeg
via Pexels

Daripada takut dengan konsekuensi, lebih baik sambutlah dengan tangan terbuka. Ketika kamu sulit membuat keputusan karena tidak tahu dampaknya yang akan terjadi di masa depan, sebaiknya kamu pasrah saja dan biarkan apa yang bakal terjadi, tetap terjadi. Que sera sera. Whatever will be, will be. Dengan memegang konsep itu, kamu akan terbebas dari kecemasan yang menghantuimu saat membuat keputusan.

Share Your Thoughts