9 Cara Menghilangkan Sifat Cemburuan Agar Kamu Lebih Secure Dalam Hubungan

Cemburuan Kelas Cinta

Cemburuan sama sekali bukan bentuk tanda cinta. Cemburuan bisa merusak kepercayaan dalam hubungan dan self-esteem yang sudah kamu bangun dengan susah payah. Meski cemburu adalah sifat naluriah manusia, kamu tetap tidak boleh membiarkannya menguasai dirimu. Apapun alasannya, kamu harus bisa mengendalikan sikap cemburumu.

Sedihnya, ketika seseorang cemburu, dia malah menyalahkan dan mengekang pasangan agar merasa lebih baik ketimbang memanajemen emosinya secara dewasa. Daripada pasangan terus menderita dan tidak betah bersamamu, lebih baik pelajari 9 cara menghilangkan sifat cemburuan yang kamu miliki agar kamu lebih tenang dan secure menjalani hubungan.

1. Cari Tahu Penyebab Kamu Merasa Insecure Dalam Hubungan

bearded_manvia Free Stocks

Insecurity kamu adalah akar kecemburuanmu. Insecurity ini bisa disebabkan banyak hal, bisa dari dirimu sendiri atau karena membandingkan diri dengan orang lain. Jika kamu cemburu terhadap teman atau mantan pasangan, berhentilah stalking akun media sosial dia dan membandingkan dirimu dengannya. Membandingkan diri dengan orang lain adalah sikap terburuk yang bisa kamu lakukan terhadap diri sendiri.

2. Setelah Itu, Cari Tahu Penyebab Kamu Sulit Mempercayai Pasangan

girl_leaning_against_the_treevia Free Stocks

Selain insecurity, pasti ada masalah pribadi lainnya yang membuatmu mudah cemburu. Penting sekali buatmu menggali diri sendiri dan mencari tahu penyebabnya. Mungkin di masa lalu kamu pernah dikhianati oleh mantan atau pengalaman masa kecilmu yang buruk. Semakin dalam kamu menggali, semakin banyak pula akar-akar permasalahan yang bisa kamu berantas.

3. Jangan Pernah Mengekang Pasangan Karena Kecemburuanmu

sitting_couple_in_black_and_whitevia Free Stocks

Hanya karena kamu cemburu, bukan berarti kamu berhak mengekang pasangan demi kenyamananmu. Jangan sekali pun membuat aturan yang bisa mengikat kebebasan pasangan, seperti misalnya, kamu melarang pasangan ikut kelas yoga karena kamu khawatir salah satu teman kelasnya menyukai pasanganmu. Terlalu banyak larangan dalam hubungan dapat memisahkan kalian perlahan dan melahirkan lebih banyak masalah kecemburuan di masa depan.

4. Ungkapkan Perasaanmu Pada Pasangan dengan Jujur dan Terbuka

A photo by Jacob Ufkes. unsplash.com/photos/DOkB4WP4j9kvia Pexels

Kalau kamu saat ini sedang cemburu, sebaiknya kamu membicarakannya pada pasangan dengan terbuka. Ungkapkan apa yang kamu rasakan dan alasan kamu cemburu secara spesifik tanpa menyalahkan dan menyudutkan pasangan. Tetaplah bersikap tenang dan berpikir jernih. Dengan begitu, pasangan akan lebih mudah membantumu mengatasi masalah kecemburuan ini.

5. Bicarakan dengan Teman Terdekat

couple_sitting_in_the_meadowvia Free Stocks

Content continue below...

Tidak ada salahnya membicarakan masalah kecemburuanmu pada teman terdekatmu yang bisa dipercaya. Temanmu bisa memberikan perspektif dan saran baru untuk menyelesaikan masalah. Namun, jangan lupa untuk selalu membicarakan masalahmu pada pasangan juga, ya.

6. Langsung Ambil Sikap Cerdas Jika Kecemburuanmu Terbukti

handsvia Free Images

Jika pasangan benar-benar berbohong atau berselingkuh hingga kamu berhak untuk mempertahankan sifat cemburuan, langsung tangani dengan cerdas. Daripada membuat drama dan mengekang pasangan lebih erat lagi, langsung ambil sikap cerdas dengan mencari penyelesaiannya. Cari tahu apakah kamu harus memutuskan pasangan atau tidak. Jika tidak, pikirkan cara terbaik untuk pasangan memperbaiki kesalahannya dan cara paling tepat untuk move on dari masalah ini.

7. Pikirkan Apakah Sifat Cemburuan Kamu Ini Mengubahmu Menjadi Orang Negatif

pexels-photo-134685via Pexels

Apakah kamu lebih mudah iri melihat kebahagiaan orang lain di sekitarmu karena sifatmu yang cemburuan? Apakah kamu selalu memandang segalanya negatif karenanya? Selain tidak baik untuk orang lain, mempertahankan sifat cemburuan bisa merugikan kamu juga, lho. Daripada bersikap pahit, lebih baik cari tahu bagaimana bisa kecemburuan bisa mengubahmu menjadi orang pahit lalu berusaha menemukan solusinya.

8. Jangan Selalu Fokus Pada Hal-hal Negatif

sad-man-and-rainvia Free Images

Karena cemburuan, kamu jadi lebih gampang melihat sisi negatif pasangan ketimbang menemukan sisi positifnya. Percayalah, dengan fokus pada hal-hal positif dalam hubungan ketimbang berprasangka yang tidak-tidak justru jauh lebih membahagiakan. Fokuslah membahagiakan diri sendiri dan menghargai pasangan. Ingatlah bahwa dirimu seutuhnya layak buat pasanganmu.

9. Jangan Lagi Terpaku Pada Kecemburuanmu

female-in-field-id12042-640x426-1
via Free Images

Yang membuat kamu susah menghilangkan rasa cemburu adalah kamu lebih memilih terpaku pada kecemburuanmu daripada fokus mencari solusinya. Cara termudah untuk tidak terus terpaku dengan kecemburuan adalah menyibukkan diri sendiri setiap harinya. Praktikkan self-love dengan berolahraga, meditasi, beribadah, berkumpul dengan teman-teman untuk menaikkan self-esteem kamu.

There’s only two choices for dealing with jealousy: wallowing in it forever or rise above it and find the solution. Kamu pilih yang mana?

Share Your Thoughts