Sering Bertemu Pria Brengsek? Mungkin Kamu Kecanduan 7 Siklus Abusive Ini!

pexels-photo-362749 (1)

Ladies, seringkah kamu merana karena setiap pria yang dekat denganmu ternyata brengsek? Setiap kali kamu mencoba berhubungan dengan pria baik, kamu selalu terjebak dalam pria brengsek yang sering memperlakukanmu dengan buruk, PHP kamu, dan sedikit pun kamu tidak pernah merasakan bahagia bersamanya.

Kamu patut waspada, karena siapa tahu kamu sudah kecanduan hubungan abusive dan terjebak dalam siklus setannya! Kecanduan hubungan buruk sama seperti gejala candu lainnya, di mana kamu merasakan rasa ketagihan yang amat kuat sampai-sampai kamu merusak diri sendiri. Kira-kira apa saja gejala kecanduan hubungan abusive yang sering tidak disadari banyak wanita ini?

1. Kamu Tidak Pernah Punya Pasangan yang Bisa Memberikan Dukungan Emosional Buatmu

3045620603_3508a0d8c6_ovia Flickr

Memiliki hubungan yang sehat berarti kamu bisa mengandalkan pasangan untuk diperhatikan, didengar, dipahami, dan disayangi kapan saja. Kalau semua itu kelihatannya mustahil didapatkan dari pasanganmu, berarti hubunganmu abusive. Pernahkah pasanganmu benar-benar hadir buatmu di saat kamu kesusahan? Pernahkah dia benar-benar suportif di kala kamu membutuhkan dukungan? Jika tidak, kemungkinan besar kamu sudah kecanduan, Ladies.

2. Secara Tidak Sadar, Kamu Selalu Mencari Pasangan yang Merendahkan Diri Kamu

16813525081_7c4333f29c_ovia Flickr

Mungkin kamu tertawa sekarang, karena mana ada orang mau punya pasangan yang merendahkan dirinya? Namun, perhatikan semua hubungan yang pernah kamu jalani. Apakah kebanyakan mantanmu selalu membuatmu membenci diri sendiri? Apa kamu rela mengubah dirimu agar terlihat sempurna di mata mereka? Lalu, saat mereka meninggalkanmu, kamu mengejar mereka mati-matian. Aduh, jangan sampai kamu menyakiti diri sendiri seperti itu, ya!

3. Tidak Itu Saja, Kamu Juga Memilih Pasangan yang Membuatmu Menderita Ketimbang Bahagia

24217214162_c521dbf7e2_ovia Flickr

Karena terlalu sering menderita dalam hubunganmu sebelumnya, kamu jadi menganggap menderita dan disakiti adalah hal biasa dalam hubungan. Sehingga, ketika kamu menemukan pasangan yang benar-benar membuatmu bahagia, kamu malah menghindari dia karena terasa sangat aneh buatmu. Ketika kamu melihat pasangan lain yang lebih bahagia, kamu menganggap dirimu tidak pantas mendapatkan kebahagiaan yang sama! Ladies, everyone deserves a healthy relationship. Including you. Segera cari pertolongan sebelum terlambat!

4. Kamu Sering Terpikat Pada Bad Boy Dengan Harapan Kamu Bisa Mengubah Mereka

eu7oq-yc4us-toni-hukkanenvia Unsplash

Content continue below...

Kamu sudah tahu dia tidak baik buatmu. Sikapnya kasar, dia tidak punya masa depan, dia selalu menghinamu. Bukannya mundur, kamu malah meyakinkan diri bahwa kamu bisa mengubah dia menjadi pria yang lebih baik sesuai harapanmu. Selain merusak self-esteem kamu, kamu juga rentan akan depresi, melukai diri secara fisik, dan masih banyak lagi kerugiannya.

5. Kamu Pernah Mendapati Pasangan Ketahuan Berbohong Padamu Berkali-kali

16788708616_47d5e04d94_o-1via Flickr

Efek samping dari kecanduan hubungan abusive adalah kamu memiliki trust issues atau masalah kepercayaan pada pasangan. Jika ditelusuri lebih jauh, hal itu disebabkan karena kamu sering mendapati pasangan berbohong padamu tentang hal krusial seperti keuangan, selingkuh, melukai orang lain, dan berbagai hal fatal lainnya. Saking fatalnya, kamu sampai terpaksa ikut-ikutan berbohong demi pasangan di depan orang-orang terdekatmu karena malu atau tidak mau mereka membenci pasangan.

6. Kamu Tidak Pernah Merasakan Kompromi yang Sehat Dalam Hubungan

Changing trackvia Flickr

Kamu rela melakukan segalanya demi pasangan tanpa mengharap kembali. Tanpa kamu sadari, kepercayaan diri kamu lama-lama luntur, identitas diri kamu memudar, dan kamu kehilangan orang-orang yang benar-benar menyayangi kamu. Ketidakmampuan pasangan dalam berkompromi adalah masalah besar, lho. Pasangan bisa dapat apa pun yang dia mau darimu, namun dia tidak pernah berusaha sejengkal pun buat kamu. Tinggal tunggu waktu saja sebelum hubungan kamu berubah jadi bencana.

7. Kamu Pernah Mengalami Kekerasan Emosional dan Fisik Dalam Lebih Dari Satu Hubungan

portrait-look-1237904via Free Images

Kekerasan bukanlah sesuatu yang bisa kamu acuhkan begitu saja. Kamu hebat apabila kamu berhasil mengeluarkan diri dari hubungan abusive, tetapi kalau pada akhirnya kamu kembali lagi ke siklus yang sama dengan pasangan berbeda, kamu harus meminta pertolongan. Agar kamu benar-benar sadar, akuilah bahwa semua yang kamu alami melukai dirimu, baik secara fisik maupun mental. Setelah itu, putuskan semua hubungan yang merusak diri kamu. Luangkan waktu untuk menyembuhkan diri dan mencari hubungan yang lebih baik lagi. You are more than your abusive relationship. Selamatkan dirimu sebelum terlambat!

Share Your Thoughts