Home » LDR

4 Tips Menjalani Hubungan Setelah Selesai LDR

Nervous-couple

Terkadang, pasangan LDR nggak selamanya akan berjauhan, bukan begitu? Ada pasangan yang LDR karena berbagai alasan, seperti dinas pekerjaan atau kuliah di daerah lain. Setelah menyelesaikan dinas atau kuliahnya, mereka nggak lagi menjalani hubungan jarak jauh.

201403071348041523Tentunya kamu senang karena derita LDR sudah berakhir. Kamu dan pasangan nggak perlu menahan rindu dalam waktu lama dan hanya bisa mengisi kekosongan lewat saling telepon. Kini, kalian bisa bertemu kapan pun yang kalian suka, dan nggak akan tersiksa rindu dalam waktu yang lama lagi.

Tetapi, masa LDR selama waktu yang cukup lama itu kadang membuat kamu dan pasangan terbiasa berjauhan. Saat akhirnya berdekatan kembali, ada rasa canggung di antara kamu dan pasangan. Kamu merasa aneh untuk bertemu dengannya di setiap weekend, dan merasa kehilangan waktu untukmu sendiri. Kadang hubungan pun jadi terasa hambar.

Hmm, nggak mau kan keadaan jadi seperti ini? Ada cara untuk membuat hubungan kalian jadi hidup lagi. Cobalah beberapa tips ini saat kamu dan pasangan selesai melakukan hubungan jarak jauh.

Tetap Menjaga Komunikasi

Ketika LDR, kamu hanya terpaku pada komunikasi lewat media saja. Itu pun nggak terlalu sering karena masing-masing dari kalian punya kesibukan yang harus dijalani. Sehingga komunikasi nggak terlalu sering dilakukan. Oleh karena itu, cobalah kembalikan intensitas komunikasi di antara kalian. ajaklah bertemu, lalu bincangkan banyak hal bersama yang nggak sempat diceritakan saat LDR kemarin. Kamu dan pasangan pun akan kembali merasa mengenal satu sama lain.

Lakukan Kencan yang Kreatif

Tentunya kamu dan pasangan bisa berkencan kembali setiap weekend, setelah sebelumnya harus menahan diri untuk nggak bertemu dan bermesraan. Agar suasana hubungan jadi lebih hidup dan harmonis, lakukanlah kencan yang kreatif, yang nggak biasa. Kamu bisa mengajak pasangan piknik atau memasak makanan kesukaannya bersama-sama di rumahmu. Bisa juga dengan mengajaknya wisata kuliner makanan khas kota kalian sehingga ia dapat merasakan lagi suasana tempat tinggalnya. Kencan jadi nggak terasa hambar, kamu dan pasangan bisa jadi lebih dekat lagi.

Content continue below...

Mengingat Kembali Momen Indah

Agar hubungan kalian jadi lebih dekat kembali, nggak ada salahnya untuk mengajak pasangan bernostaligia mengenang momen indah dahulu. Misalnya saat kencan pertama kalian, saat dirinya mengajakmu ke tempat romantis pertama kalinya, dan sebagainya. kalau perlu, kunjungi tempat-tempat yang penuh kenangan indah itu. cara ini dapat menghidupkan kembali kemesraan dalam hubungan.

Jessica Heimark, pakar pernikahan berkata. “Pasangan yang dapat menjadi positif, romantis, dan menghargai pasangan dapatmembuat hubungan dan hidupnya jadi lebih puas.”

Tetap Memberikan Ruang Pribadi

Jangan sampai emosimu yang membuncah dalam menyambut pasangan pulang menjadikanmu berlebihan dalam mengelola hubungan. Hanya karena kamu dan pasangan nggak bisa berkencan dan bertemu saat LDR, kamu selalu memintanya bertemu setiap hari sebagai pembalasannya. Awalnya sih, mungkin menyenangkan. Tetapi, lama-kelamaan pasangan akan merasa bosan karena harus bertemu denganmu setiap hari. Dia merasa nggak memiliki waktu untuk dirinya sendiri karena kamu terlalu rindu padanya.

Tetap berikan ia ruang pribadi untuk bergerak. Dia juga ingin melakukan hal-hal lain saat pulang ke rumah, seperti temu kangen dengan orang tuanya, bertemu kembali dengan teman-temannya, atau melakukan hobinya lagi. Kamu pun nggak perlu menghilangkan jadwal Me-Time yang telah kamu susun saat LDR kemarin. Hanya perlu menyesuaikannya saja dengan jadwal kencan bersama pasangan.

 

Share Your Thoughts