7 Cara Aman Mengubah Pasangan Menjadi Seperti yang Kamu Mau

StockSnap_7M7RWO5FIP

Kalau kamu benar-benar mencintai pasangan, tidak semestinya kamu mengubah dirinya. Tidak itu saja, kamu tidak akan pernah bisa mengubah pasangan menjadi seperti yang kamu mau.

Namun, siapa pun yang sedang menjalani relationship pasti tahu mereka harus melakukan beberapa perubahan demi keberhasilan hubungan. Selama kamu tidak menekan pasangan untuk menghapus jati dirinya, meminta pasangan untuk mengubah dirinya sangat wajar sekali untuk dilakukan.

Tentunya kamu juga tidak bisa semena-mena menuntut pasangan berubah begitu saja dalam semalam. Semakin tua seseorang, makin sulit buat mereka untuk berubah, bukan? Setelah kamu mengutarakan keluh-kesah dan keinginanmu untuk pasangan mau berubah, lakukan 7 cara berikut ini untuk mengubah pasangan dengan sehat dan dewasa.

1. Komunikasikan Keinginanmu Dengan Serius Tanpa Mengeluh, Mengomel, dan Kode-kodean!

young-couple-1760184via Pixabay

Kemukakan masalahmu dengan serius, rasional, dan tenang pada pasangan. Jangan gunakan nada mengeluh, menuduh, menyindir, apalagi pasif-agresif. Jika kamu nekat menggunakannya, pasangan tidak akan memahami maksud kamu dan malah bersikap defensif padamu. Utarakan sejelas-jelasnya, berikan pasangan kesempatan untuk menyatakan opininya, dan carilah solusi atau celah kompromi dengan kepala dingin.

2. Buatlah Pasangan Tahu Kesalahan Dia Telah Menyakitimu Secara Personal

love-1941569via Pixabay

Daripada sekadar bilang apa yang dia lakukan salah atau tidak baik tanpa alasan yang jelas, buatlah pasangan sadar kesalahan dia telah menyakiti kamu secara personal. Beritahu dia dampak negatif yang kamu rasakan sebagai motivasi untuknya. Katakan padanya seandainya dia tidak mau mengubah sikap jeleknya, kamu akan merasa sangat sendirian dan terbebani dalam hubungan. Undang simpati pasangan ketimbang menuntut dia, buatlah dia memahami sudut pandangmu.

3. Bersedialah Untuk Berubah Juga Demi Pasangan

pexels-photo-297817via Pexels

Saat kamu mengutarakan keinginanmu pada pasangan dan apa saja sikap buruk pasangan yang harus dia ubah, tanyakan juga pada pasangan apa saja dari dirimu yang membuatnya kesal. Misalnya, kalau kamu tidak suka dia merokok dan dia tidak suka kamu yang terlalu sibuk, berkomitmenlah untuk sama-sama mengubah kebiasaan kalian tersebut. Pastikan pasangan dapat keuntungan dari usaha mereka untukmu, sehingga dia tidak akan bersikap defensif karena kamu sendiri mengakui kamu juga punya kekurangan yang harus diperbaiki.

4. Berikan Reward yang Sesuai Dengan Usaha Pasangan

nature-1790142via Pixabay

Content continue below...

Setelah kamu melihat perubahan yang positif dari pasangan, jangan lupa untuk memberi dia hadiah atau reward yang sesuai dengan usaha pasangan atau kesepakatan yang sudah kalian buat sebelumnya. Buatlah pasangan tahu kamu sangat menghargai usaha dan perubahan yang sudah dia lakukan untukmu agar dia antusias berusaha lebih baik lagi di masa depan.

5. Minta Pasangan Melakukan Usaha yang Biasa Kamu Lakukan

wedding-1770850via Pixabay

Apabila kamu merasa pasangan tidak memberikan kontribusi yang seimbang dalam hubungan, mintalah pasangan melakukan kontribusi yang biasa kamu lakukan. Kalau setiap harinya kamu kelelahan karena mengurus anak dan pasangan kelihatannya tidak membantu banyak, minta pasangan melakukan tugasmu dengan bergantian mengurus anak. Setelah dia selesai, puji dan hargai usaha pasangan. Jika kamu memang berusaha lebih banyak, pasangan pasti akan sadar.

6. Berhenti Memanjakan Pasangan dan Buatlah Dia Menyadari Konsekuensi Kesalahannya

excursion-1477104via Pixabay

Pasangan orangnya sering terlambat saat janjian kencan. Daripada kamu lama-lama menunggu dia, lebih baik kamu jalan sendirian atau pergi bersama temanmu. Kalau pasangan malas mencuci pakaian, kirim pakaianmu ke jasa laundry dan suruh pasangan membayar biaya laundry kalian. Memang agak kejam, tetapi kamu mengajari pasangan bahwa setiap kemalasan atau kelalaian dia pasti memiliki konsekuensinya.

7. Sadari Bahwa Melakukan Perubahan Tidaklah Mudah

pexels-photo-297996via Pexels

Setelah kamu meminta pasangan untuk berubah, bersimpatilah pada pasangan dengan memahami bahwa melakukan perubahan tidaklah mudah. Katakan padanya, “Aku paham kamu sibuk banget, tapi aku hargain banget kalau kamu bisa lebih tepat waktu buat aku,” atau “Aku ngerti kok berhenti ngerokok itu susahnya minta ampun, tapi aku yakin kamu pasti bisa nggak ngerokok selama quality time sama aku,”

Pasangan bisa merasa disakiti apabila kamu kelihatannya menyepelekan perubahan yang harus dia lakukan. Ingat, kapasitas orang berbeda-beda. Belum tentu sesuatu yang mudah dilakukan olehmu juga mudah dilakukan pasangan.

 

Share Your Thoughts