Kenali 11 Kualitas Diri Kamu yang Bisa Memprediksi Kualitas Jodohmu di Masa Depan!

woman-with-headphones-listening-to-music-1412734

Wanita mana yang tidak mau mendapatkan jodoh yang berkualitas dan langgeng seumur hidup? Cinta sejati yang nantinya kamu miliki bersama jodohmu adalah cinta yang membutuhkan perjuangan maksimal darimu. Artinya, kamu harus siap membuang ekspektasi, lalu bersedia berkomitmen dan berkompromi demi kesuksesan hubungan.

Cinta haruslah dipelajari dan dilatih, bukannya didapatkan begitu saja. Tentunya usaha itu dimulai dari diri kamu sendiri, Ladies. Kembangkan terus kualitas diri kamu, karena berikut ini adalah 11 kualitas diri kamu yang bisa membawamu ke jodohmu yang terbaik dan berkualitas!

1. Kamu Wajib Menyayangi Diri Sendiri

9pq42qfp9vy-antonina-bukowskavia Unsplash

Ingin punya hubungan yang romantis dan penuh cinta? Sayangi dulu diri sendiri. Menurut sebuah penelitian, semua aspek kepribadianmu haruslah selaras agar kamu bisa menjadi seorang individu yang mandiri dan percaya diri. Jika belum selaras, kamu akan lebih mudah insecure dan meragukan diri sendiri.

2. Kamu Bisa Menghormati Orang Lain yang Tidak Bisa Kamu Pahami

29289889641_b07cb3d9bc_ovia Flickr

Meski ada orang yang berbeda pendapat denganmu, kamu bisa menghormati mereka. Kamu juga tidak merendahkan perasaan orang lain karena kamu tahu kapasitas setiap orang berbeda-beda denganmu. Meski kamu belum pernah mengalami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain, kamu dapat menerima dan merangkul mereka dengan terbuka. Itulah yang disebut empati.

3. Kamu Selalu Fokus Mengembangkan Diri Sendiri

lady-1703854via Pixabay

Kamu percaya bahwa setiap harinya kamu terus belajar dan mengembangkan diri menjadi wanita yang lebih baik. Kamu menganggap semua kesalahan dan apa yang terjadi di masa lalu adalah bahan pembelajaran buatmu. Di sinilah kamu sadar bahwa untuk memiliki hubungan yang terbaik, kamu akan melewati hubungan-hubungan yang kurang baik untuk tahu mana yang terbaik buatmu.

4. Kamu Tetap Berusaha Menjadi yang Terbaik Meski Kamu Merasa Insecure Setengah Mati

njvawbpmew0-alexandru-zdrobauvia Unsplash

Kamu tahu kehidupan tidak selalu bahagia dan nyaman. Meski kamu berada dalam situasi hidup yang buruk, kamu tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang lain. Di sinilah kamu melatih ketahanan dirimu dan belajar menjadi pribadi yang tangguh. Ujian hidup yang kamu hadapi saat ini sama seperti yang akan kamu hadapi bersama jodoh kamu dalam hubungan kalian nanti.

5. Kamu Dapat Hidup Untuk Saat Ini Tanpa Dibebani Oleh Ekspektasi dan Kecemasan

20342676085_d63df42d61_ovia Flickr

Apa pun yang kamu lakukan saat ini memang untuk bekalmu di masa depan, tetapi jangan sampai pikiranmu terbebani oleh ekspektasi berlebihan serta mengurusi masalah yang berada di luar jangkauanmu. Mulailah belajar hidup untuk saat ini demi masa depan yang cerah dengan belajar fokus pada hal-hal yang ada di depan mata saja. Sehingga kamu akan mencintai si dia dengan apa adanya, bukan karena ekspektasimu semata.

6. Kamu Dapat Mengkomunikasikan Perasaan dan Pikiranmu Dengan Cerdas

eoqiliqzs7m-kristopher-rollervia Unsplash

Content continue below...

Kamu bisa mengekspresikan apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu pikirkan ketimbang memendamnya dengan harapan orang lain bisa membaca pikiranmu. Lontarkan saja apa yang kamu pikirkan tanpa takut omongan orang lain. Percayalah bahwa perasaan dan pikiranmu sangat berarti untuk didengar oleh orang-orang di sekitarmu.

7. Kamu Bisa Menjadi Wanita yang Mandiri

4241112147_dc89a21e01_ovia Flickr

Kamu bisa mengurus diri sendiri tanpa belas kasihan orang lain. Kamu bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri. Setelah kamu membangun keutuhan diri, kamu tidak akan lagi memiliki pasangan demi menutupi insecurity atau membuat dirimu utuh. Mulailah hidup untuk diri sendiri, bukan demi orang lain, Ladies!

8. Selain Romantis, Kamu Juga Bisa Menjadi Realistis

9686301188_42a77702c7_ovia Flickr

Romantis tanpa dibarengi sikap yang realistis = delusional. Sayangnya, walaupun kamu romantis, belum tentu hubunganmu akan romantis selamanya. Jika sikapmu yang romantis dibarengi dengan realisme, kamu akan sadar bahwa hubungan yang sukses adalah hubungan yang tetap utuh, di mana kamu dan pasangan terus saling mencintai dan hadir untuk satu sama lain, meskipun kalian menemui banyak masalah hidup.

9. Kamu Memiliki Standar, Bukan Ekspektasi Untuk Jodoh Impianmu

flowers-1828091via Pixabay

Apa bedanya standar dengan ekspektasi? Jika kamu memiliki standar, kamu tahu kualitas spesifik seperti apa yang bisa kamu terima dan yang tidak bisa kamu terima dari pasanganmu. Sedangkan ekspektasi? Kamu hanya berharap hubungan yang kamu miliki bisa berubah menjadi apa pun yang kamu dambakan. Jangan dulu memiliki hubungan apabila kamu masih belum bisa membedakan kedua hal tersebut, ya!

10. Kamu Bisa Memaafkan Diri Sendiri Dari Kesalahanmu di Masa Lalu

6849811043_f149540729_ovia Flickr

Apa pun yang terjadi di masa lalu, baik itu hubungan buruk, trauma, dan kesalahan, belajarlah untuk memaafkan dirimu sendiri. Biarkan dirimu merasakan pahit dan sakit akan semua itu sebelum kamu membuka hatimu lagi untuk orang lain. Kamu tidak akan bisa menerima kekurangan orang lain kalau kamu belum bisa memaafkan diri sendiri.

11. Kamu Tidak Berharap Jodoh Akan Datang Begitu Saja Tanpa Usaha

8513152728_23067a0cd0_ovia Flickr

Kamu tidak berpangkutangan saja menanti kedatangan jodohmu. Kamu berusaha dan pergi keluar mencari si dia. Kamu percaya bahwa jodoh adalah seorang yang kompatibel denganmu karena kalian sama-sama mau berusaha membangun hubungan. Kamu tahu bahwa usaha tersebut haruslah diberikan secara seimbang. Karena inilah kamu tidak akan menyia-nyiakan hubungan yang kamu miliki nantinya bersama pasangan.

Share Your Thoughts