4 Tips Agar Pasangan Mau Berkata Jujur

Home Articles 4 Tips Agar Pasangan Mau Berkata Jujur
Share the knowledge!

Kejujuran itu penting dalam hubungan. Tetapi, nggak semua orang bisa berkata jujur pada pasangannya. Ada yang harus berbohong, dan ada yang harus menyembunyikan kebenaran dengan mengalihkan pembicaraan. Tentunya, mereka punya alasan tersendiri mengapa nggak bisa berkata jujur pada pasangannya. Entah untuk hal buruk seperti menyembunyikan perselingkuhan, entah karena memang susah untuk mengatakan kejujuran itu pada pasangan. Tetapi tetap saja, kejujuran harus dijunjung tinggi dalam hubungan.

The image of quarrel of a married couple on kitchenApakah pasanganmu selalu berkata jujur? Atau justru ia terlihat sedang merahasiakan atau menyembunyikan sesuatu darimu? Tentu membuatmu penasaran jika pasangan melakukan tindakan yang mencurigakan di hadapanmu. Kamu ingin sekali membuatnya berkata jujur padamu, namun pertanyaan biasa tentu nggak akan bisa membuatnya mengatakan yang sebenarnya. Jadi, harus bagaiamana?

Memaksanya secara emosional malah memperburuk keadaan. Oleh karena itu, ada tips dari pakar bernama Paula Mayer agar bisa membuat orang lain berkata jujur padamu. Bagaimana caranya?

Perhatikan Dahulu Gerak-Geriknya

Sebelum menuduh pasangan menyembunyikan sesuatu atau berbohong, cobalah mengamati gerak-geriknya terlebih dahulu. Sebab, bahasa tubuh nggak bisa berbohong. Apabila tubuhnya mencerminkan perasaan kurang nyaman, ekspersi wajah yang seakan ragu, bisa jadi dia memang tengah berbohong. Untuk lebih jelasnya, coba baca artikel ini.

Bersikap Layaknya Sahabat Baginya

Wanita terkadang memaksa pria untuk berkata jujur. Bahkan, belum sempat tahu yang sebenarnya, sudah menghakimi dengan menuduh hal-hal yang nggak jelas. Kalau sudah seperti ini, pria juga akan merasa malas untuk menjelaskan yang sebenarnya pada pasangannya. Sebab mereka berpikir bahwa sang wanita juga nggak akan mau mendengarkan dengan baik.

Jadi, cobalah bersikap layaknya sahabat bagi pasangan. Tanyakan dengan tenang, dan jangan menghakiminya duluan. Katakan padanya  bahwa kamu bisa menerima keadaannya dan kejujurannya nggak akan memengaruhi keadaan. Katakan secara tulus, ya.

Berikan Pertanyaan “Memancing” agar Ia Berkata Jujur

Kadang, pasangan bisa dengan pandai menutupi keadaannya yang sebenarnya. Pertanyaan-pertanyaan biasa tentu sudah bisa dijawab dengan baik. Apabila kamu merasa dirinya memang benar-benar menyembunyikan sesuatu, berikan ia pertanyaan yang memancing. Misalnya, jika ia selalu berkata bahwa kehidupannya baik-baik saja, coba tanyakan kabar lain darinya. Tanyakan kabar keluarga, teman, atau tentang pekerjaannya. Pertanyaan seperti ini dapat menyinggung hatinya secara halus. Lama-lama, dia akan menceritakan sedikit demi sedikit hal-hal yang sedang ia sembunyikan.

Ulang Pernyataannya

Pasangan yang sedang berbohong akan selalu mengulan kata-kata yang sama untuk meyakinkan dirimu yang menaruh curiga padanya. Kalau mendengar pernyataan seperti itu, jangan dijawab atau dibantah. Cukup terima dan dengarkan kata hatimu. Lalu, jangan terbawa suasana. Kamu tetap nggak tahu, apakah dia menyembunyikan masalah pribadi yang nggak ingin dia bicarakan denganmu, atau dia sedang menyembunyikan kesalahannya yang fatal dalam hubungan.

Terkadang pasangan nggak berkata jujur bukan selalu tentang perselingkuhan. Bisa jadi dia berbohong padamu karena ingin membuatmu senang, atau sedang menyimpan masalahnya sendiri. Jadi, jangan terburu-buru menyimpulkan keadaan dirinya kemudian menghakiminya. Dekati ia dengan perlahan, dan lakukan tips-tips di atas.

Share the knowledge!