Begini Cara Menyendiri yang Tepat

Woman Resting in Bath

Masalah pekerjaan yang menumpuk. Tekanan dari klien dan bos terus bergema di kepala kamu di akhir tahun ini. Desakan dari orang tua yang meminta kamu menjalani apa yang mereka inginkan. Pertengkaran dengan pasangan yang seolah tak pernah berhenti. Pastinya membuat hidup kamu seperti di neraka jika memikirkannya. Tenang, libur panjang sudah di depan mata. Kini saatnya kamu untuk menyendiri agar masalah tidak terus berputar di otak kamu. Menjauh dari orang-orang terdekat tak harus berujung dengan kesepian kok.

Banyaknya aktivitas yang kamu lakukan, entah berhubungan dengan pekerjaan, social circle, atau dengan pasangan, membuat kamu jadi jarang memiliki waktu untuk sendiri. Waktu untuk menenangkan diri, padahal dalam buku What Woman Really Want, wanita sangat membutuhkan waktu khusus untuk dirinya sendiri.

Ada beberapa hal positif dari menyendiri yang kamu lakukan. Mulai dati menghindari komentar orang lain yang bikin kamu stress, bisa menyegarkan pikiran dan lebih peka dengan keinginan kamu sendiri, hingga memicu kreativitas. Hal ini sangat wajar, mengingat waktu kamu seorang diri dihabiskan untuk melakukan hal yang membuat kamu bahagia. Kamu jadi lebih “segar”, positif, dan kreatif. Ditambah kamu jadi lebih mudah mengambil keputusan.

Bahkan yang lebih menyenangkannya lagi, menyendiri ternyata bisa membuat kamu jadi lebih sehat. Direktur Behavioral Sleep Medicine Program Sleep-Wake Disorders Center, Shelby Freedman Harris, mengatakan, “Menghabiskan waktu sebelum tidur dengan me time dapat membuat aliran darah di tubuh lebih lancar sehingga dapat meringankan insomnia dan penyakit syaraf.”

Nah, bagaimana untuk melakukan me time yang benar?

Content continue below...

Lakukan hal yang membuat kamu senang

Hal-hal yang dianggap aktivitas me time adalah saat kamu merasa senang dan bahagia saat melakukan hal tersebut. Percuma juga jika kamu menghabiskan waktumu untuk menenangkan diri dengan melakukan aktivitas yang sebenarnya kurang kamu suka. Sebab, waktu khusus diperuntukkan bagi kamu membebaskan pikiran dari tekanan dan desakan yang kamu dapatkan selama ini.

Mulai dengan cara yang sangat mudah

Ladies, menyendiri dan membuat diri kita bahagia tidak selalu harus dilakukan dengan cara yang sulit dan mengeluarkan biaya besar, seperti berbelanja atau terbang ke New Zealand. Lakukan hal yang bisa membuat kamu senang dengan cara sederhana. Entah berendam di bathtub, memakai kuteks, mencoba makanan baru, atau bahkan menonton film terbaru. Hal-hal sederhana dan murah itu ternyata bisa memberikan efek baik dalam diri kamu.

Sebaiknya matikan semua gadget

Me time yang paling asyik jika kamu mematikan semua gadget kamu. Selagi melakukan hal-hal di atas, biarkan waktu sendiri kamu digunakan dengan sebaik-baiknya. Tenang, kamu masih bisa bertahan hidup kok dengan tanpa gadget sehari atau dua hari. Pasalnya, dengan tetap menyalakan gadget, kamu enggak akan ngerasa bebas.  Bakal ada email dari klien dan anak buah tentang pekerjaan kamu. Bakal ada notiication media sosial yang bakal mengganggu waktu kamu sendiri. Dan yang jela bakal ada telepon dari orang-orang yang enggak tahu kalau kamu sedang membutuhkan waktu sendiri.

Berikan kepastian kepada keluarga terdekat

Sebaiknya, berikan penjelasan saat kamu memutuskan untuk menyendiri ke kerabat terdekat. Hal ini penting, apa pun aktivitas kamu nantinya, pastikan bahwa seseorang tahu keadaan kamu. Kalau kamu memutuskan untuk liburan seorang diri ke luar kota atau luar negeri, biarkan orang terpercaya mengetahui keberadaan kamu. Jangan sampai mereka kehilangan kabar kamu. Enggak mau kan jika aksi menyendiri kamu justru merepotkan orang lain?

Share Your Thoughts