Alasan Tepat untuk Cintai Diri Sendiri

diri sendiri

Sering kali kita melihat beberapa orang malu dengan dirinya sendiri. Mereka kadang mengungkapkannya dengan cara merendah diri, seperti merendah bahwa diri sendiri nggak bisa melakukan apa-apa, merendah untuk nggak pantas dalam hal apapun—bahkan nggak pantas hidup. Bisa juga mengungkapkan rasa malu itu dengan mengeluh tentang kekurangan dirinya sendiri, membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain, hingga membenci diri sendiri!

171916341Perasaan buruk terhadap diri sendiri bukanlah hal sepele yang bisa dibiarkan. Jika tumbuh terlalu kuat justru akan melukai diri sendiri dan menyebabkan suicide alias bunuh diri! Segitu bencinyakah seseorang terhadap dirinya sendiri sampai tega menghabisi nyawa yang sudah Tuhan berikan?

 

Kita harus bisa meyakinkan orang yang mengalami hal ini, buat mereka sadar untuk menyayangi dirinya sendiri. Kalau mereka membuat alasan “butuh seseorang yang mau mencintai mereka, baru mereka menyayangi diri sendiri”, itu hanyalah alasan bodoh semata.

Bantu mereka dengan menyebutkan alasan ini:

Untuk Lebih Bahagia

Malu atau membenci diri sendiri akan membuat kehidupan berjalan dengan menyedihkan. Sangat menyedihkan. Setiap hari hanya memikirkan betapa jeleknya dirimu. Dengan menerima dan menyayangi diri anda sendiri, hidup anda akan jadi lebih mudah dijalani dan tentu saja menjadi lebih bahagia.  Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan, maka terima semua dengan ikhlas, pelajari kekurangan, maksimalkan kelebihan, syukuri hidup ini.

Content continue below...

Untuk Menggapai Mimpi

Orang yang nggak mencintai dirinya sendiri nggak bisa memiliki mimpi dan tujuan hidup. Mereka punya, tetapi nggak akan pernah sampai atau tergapai. Sibuk mendengarkan komentar negatif di sekitarnya, lalu membenarkan judgement tersebut, dan akhirnya mematikan mimpi. Iya apa iya? Saat sudah menyayangi dan menerima diri sendiri, seseorang bisa fokus menggapai mimpi karena nggak peduli dengan komentar negatif di sekitarnya.

 

Lebih Kuat

Seseorang yang sudah menyayangi dan menerima dirinya sendiri akan merasa kuat untuk menjalani setiap kesulitan dalam hidup ini. Karena timbulnya keyakinan akan kemampuan diri untuk menyelesaikan masalah dalam hidup ini.

Menyelamatkan Diri dari Gangguan Mental

Tentu saja. Sepenuhnya benar! Sudah dikatakan sebelumnya, seseorang yang nggak menyayangi dirinya sendiri bisa membawanya pada kematian. Ini bukan drama, ini kenyataan. Membenci diri sendiri membawa pada sebuah pikiran kalau dia nggak pantas untuk hidup lagi.

Selalu menyayangi diri sendiri sebelum menyayangi orang lain. Karena rasa cinta itu datang dari dirimu sendiri, bukan diberikan oleh orang lain.

Share Your Thoughts