Maukah Kamu Meninggalkan Sosmed Sebentar Saja?

Di zaman serba canggih dan cepat ini, semua orang pasti seenggaknya memiliki satu akun sosmed. Ditambah lagi dengan kemudahan akses internet serta kehadiran aplikasinya di dalam smartphone, tentu akan lebih mudah lagi bagi seseorang untuk memainkan sosmednya. Setiap harinya, setiap smartphone-userswaktunya, selalu membuka dan menengok akun sosmed. Entah untuk memposting sesuatu, entah hanya menjadi silent user dan melihat timeline saja.

Hidup menjadi lebih berwarna dengan kehadiran sosmed. Akan tetapi, terlalu lama bermain dan “hidup”dalam dunia sosmed juga kurang baik untuk dirimu. Kecanduan akan sosmed dapat menjadikan hidupmu lebih buruk dan nggak teratur. Oleh karena itu, disarankan bagi setiap orang untuk meninggalkan sosmed, minimal sehari atau dua hari.

Tetapi, mengapa kita harus meninggalkan sosmed, yang dirasa memberikan kemudahan dan hiburan dalam hidup? Cek alasannya berikut ini.

Jadi Kurang Percaya Diri

Mungkin akun sosmedmu berisikan hal-hal menarik. Teman-temanmu pun menyukai semua postinganmu. Kamu pun terlihat sebagai pribadi yang menyenangkan di dalam dunia maya. Tetapi, hal yang sama belum tentu terjadi di dunia nyata. Kamu bisa menjadi orang yang pendiam dan kurang percaya diri.

Karena sibuk bersosialisasi dengan orang-orang di dunia maya, kamu lupa melakukan interaksi yang sesungguhnya di dunia nyata. Kamu susah untuk mengobrol, atau malu untuk membuka percakapan dengan orang baru dalam dunia yang sesungguhnya. Kesibukanmu bermain sosmed membuatmu menjadi pribadi yang kurang peraya diri.

Selalu Mengingat Masa Lalu

Ingatkah kamu, salah satu tips move on adalah jangan stalking akun sosmed mantan. Jadi, selalu membuka sosmed dapat membantumu untuk stalking mantan sehingga jadi susah move on.

Sadar atau nggak, sosmed memudahkan jalanmu untuk melacak kembali orang-orang di masa lalumu, termasuk yang eprnah menyakitimu. Dan saat menemukan orang yang pernah menyakitimu di masa lalu telah hidup lebih bahagia, kemungkinan kamu akan mengalami kekecewaan dan kembali galau.

Content continue below...

Fokus Hanya Kepada Diri Sendiri

Asyik bermain sosmed membuatmu terlalu fokus pada diri sendiri, dan kamu mengacuhkan dunia nyata yang terjadi di sekitarmu. Contohnya saja, kamu menunduk memainkan sosmed dan asyik chatting dengan teman. Padahal, ada lawan jenis menarik yang sedang berdiri di hadapanmu. Kalau saja kamu mau meninggalkan sosmed sebentar dan memperhatikan sekeliling, mungkin saja kamu akan bertatap mata dengan lawan jenis itu, dan membuka percakapan bersama. Lalu, kalian menjadi teman baik. Tetapi sayangnya, kamu lebih memilih untuk menunduk dan memainkan sosmedmu.

Kamu nggak hanya mengabaikan orang-orang baru di sekitarmu, tetapi juga orang-orang terdekatmu. Bisa saja di kemudian hari, orang-orang yang kamu kenal pergi meninggalkanmu karena kamu lebih asyik bermain sosmed.

Jadi Pribadi yang Egois

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa sosial media dapat mengubah seseorangm enjadi lebih egois. Memiliki banyak teman/follower rupanya membuat seseorang senang dan merasa lebih hebat daripada akun orang lain yang hanya memiliki segelintir teman saja.

Perasaan tersebut seringkali membuat seseorang melupakan teman-teman di sekitarnya. Perlahan-lahan, sosmed mengubha gaya hidup, pola pikir, dan kebiasaan sehari-harinya.

Dengan 4 alasan di atas, maukah kamu meninggalkan sosmed sebentar saja?

Share Your Thoughts