Studi Ilmiah: Lakukan Ini Agar Hubunganmu Selalu Bahagia

Davis_Havens_Angela_Fortin_Snyder_Photography_IMG863100551

Apa saja yang sudah kamu lakukan untuk membuat pasanganmu bahagia? membahagiakan pasangan adalah salah satu cara yang biasanya disarankan orang lain agar kamu juga dibahagiakan. Kali ini, hal berbeda bisa kamu temukan dalam artikel ini.

pexels-photo-58572Banyak artikel yang membahas cara membuat hubungan semakin bahagia. Seperti ini mungkin judul kesekian kali yang sudah kamu temukan. Namun, sediakan waktu beberapa menit saja untuk membaca. Beberapa sajian fakta berikut mungkin belum pernah kamu ketahui.

Cukup Istirahat

Studi yang dilakukan oleh Universitas Arizona pada 2009 menemukan bahwa tidur berkualitas membuat seseorang semakin baik dalam menyikapi hubungan. Pria dan wanita yang kurang tidur cenderung sering bermasalah dalam hubungan.

Jika saat ini hubunganmu sedang bermasalah, cobalah perbaiki pola dan kualitas tidurmu.

Ikut Merayakan Kebahagiaan Pasangan

Ikut merayakan kebahagiaan pasangan misalnya saat ia meraih prestasi tertentu, bisa membuatmu merasakan kepuasan yang sama dengannya. Pasangan yang tidak bereaksi atau tidak peduli dengan capaian pasangannya, tidak akan merasakan kepuasan maksimal dalam hubungan. Studi tersebut diterbitkan oleh The Journal of Personality and Social Psikology pada 2006.

Masih mau pelit memberi apresiasi? Jangan salahkan si dia jika akhirnya dia memilih pergi.

Content continue below...

Jangan Abaikan Kekuatan Humor

Humor bisa membuat hubunganmu bertahan lama. Penelitian yang diterbitkan pada 1990 ini dilakukan pada pasangan yang sudah menikah setidaknya 45 tahun. Jika kamu jarang menyisipkan humor saat bersama si dia cobalah sempatkan melakukannya. Selain itu, sesuai dalam artikel ini, dengan menambahkan humor dalam hubungan, kamu jadi menghindari masalah perselingkuhan juga.

Selamatkan Hubungan dari Ancaman Online Game

Peneliti dari Brigham Young University (2012) menemukan 75% dari 349 responden pasangan mereka berharap agar pasangan sama antusiasnya kepada hubungan seperti saat bermain game.

Jika kamu tipe gamers sejati, cobalah untuk melibatkan pasangan untuk bermain game bersamamu agar ia merasakan hal yang sama. Ia merasa jenuh karena tidak mengalami rasa fantastis dari main game.

Marahlah namun Jujur Selesaikan Masalah

Studi di tahun 2012 dari Florida State University menemukan bahwa pasangan yang mengatasi rasa marah dengan saling jujur dan membahasna bisa membuat hubungan lebih bahagia. Memendam rasa kesal dan marah bisa membuat hubunganmu jadi tidak sehat. Cobalah lakukan hal ini jika kamu sering memendam rasa marahmu pada pasangan.

Dikelilingi oleh Orang-orang yang Tidak Bercerai

Riset dari Brown University menyatakan 75% pasangan yang sudah menikah cenderung memilih bercerai jika teman-temannya memiliki riwayat perceraian. Namun, sebaiknya kamu menyikapi riset ini dengan bijak. Berpisah atau tidak, kebahagiaan hubungan adalah tanggungjawab masing-masing. Kamu tidak perlu terpengaruh oleh lingkungan.

Share Your Thoughts