4 Langkah Putus Saat Diselingkuhi Pasangan Playboy

Home Articles 4 Langkah Putus Saat Diselingkuhi Pasangan Playboy
Share the knowledge!

Bagaimana jadinya ketika kamu mengetahui bahwa pasanganmu merupakan seorang playboy, dan dirinya senang berselingkuh di belakang kamu? Hmm, jangan ditanya. Pasti sangat sakit ketika mengetahui kepribadian pasangan yang sebenarnya, juga mengetahui perselingkuhannya dengan wanita lain.

Young couple holding glasses with champagne and woman looking for them, outdoors, focus on woman with red hair and manLantas, apa yang akan kamu lakukan? Jika kamu sudah telanjur cinta padanya, apakah kamu tetap memilih bertahan daripada melepaskannya? Tentu kamu bingung memikirkan keputusan terbaik untuk hubunganmu. Kamu pun semakin bingung memikirkan jawabannya karena hatimu masih dalam emosi yang nggak stabil.

Lakukan empat langkah ini agar kamu bisa lebih tenang mengambil keputusan, dan bisa move on dengan segera dari perselingkuhan pasanganmu yang playboy.

Menyendirilah Sementara

Jangan langsung melabrak pasangan playboy ketika mengetahui perselingkuhannya. Sebab tindakan tersebut merupakan hal yang kurang bijak. Kamu bisa beraksi spontan, dan bisa menyesal di kemudian hari karena telah melakukan hal tersebut. Ada baiknya kamu mengambil waktu menyendiri selama beberapa hari. Jauhi pasanganmu, tenangkan pikiran dan emosimu.

Memikirkan Masa Depan Hubungan

Saat menyendiri tersebut, pikirkan baik-baik konsekuensi dari setiap keputusan yang ingin kamu ambil. Pasti terbesit dalam pikiranmu untuk memaafkan pasangan dan tetap bertahan bersamanya. Sebab, kamu menaruh harapan bahwa dirinya nggak akan melakukannya lagi. Tetapi, apa kamu yakin dengan harapanmu itu? Apa kamu sudah mempersiapkan diri jika dia berselingkuh lagi?

Bahkan seseorang yang bukan playboy, bisa tergoda untuk berselingkuh lagi. Lalu bagaimana dengan seorang playboy? Kamu pun harus memikirkan dirimu sendiri jika kembali dalam hubungan. Apa kamu bisa memercayainya lagi seutuhnya seperti dulu? Apa kamu bisa nggak posesif dalam hubungan karena pernah dikhianati? Apa hubungan bisa berjalan normal kembali? Pikirkan baik-baik.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Mungkin kamu terjebak dalam rasa penyesalan. Kamu merasa bersalah dan bertanggung jawab atas perselingkuhan pasangan. Dalam pikiranmu, dia berselingkuh karena kamu kurang sesuatu dalam hubungan.

Ya, bisa jadi pasangan berselingkuh karena kesalahan kamu. Namun, jika memang hubungan memiliki masalah, seharusnya bukan selingkuhlah yang dilakukan, melainkan diskusi bersama. Dengan begitu, masalah dalam hubungan bisa selesai dengan tuntas. Jika dia berselingkuh, dia nggak cukup berani untuk menyelesaikan masalah dalam hubunganmu. Kamu boleh belajar dari kesalahanmu, tetapi jangan menyesali kesalahan tersebut dan menyalahkan diri sendiri.

Ratih Ibrahim, Psikolog dan Pendiri Conseling and Development Center PT Personal Growth, berkata, “Ada pepatah yang mengatakan ‘good people give you happiness, bad people give you experience, and worst people give you lesson.’ Jadi, relakan perasaan sakit hati yang kamu rasakan dengan memaafkan yang sudah terjadi. Saat bisa memaafkan, kamu melepaskan dirimu dari beban menyakitkan.”

Jangan Berpikir untuk Balas Dendam Pada Pasangan

Sekarang, kamu sudah mantap untuk memilih putus dengan pasanganmu yang playboy. Namun, jangan sekali-kali mencoba untuk balas dendam padanya. Cukup putuskan dirinya, lalu melangkahlah move on. Jangan melakukan tindakan konyol sebagai aksi balas dendammu pada pasangan. Sebab, masalahmu nggak akan pernah selesai. Justru keadaan akan jadi semakin rumit. Kamu bukannya fokus pada move on, melainkan sibuk memikirkan cara membalas dendam pada pasangan. Secara nggak langsung, berarti kamu masih memikirkan pasanganmu.

Ratih menambahkan, “Memaafkan bukan berarti membenarkan peristiwa tersebut atau masih menerima orang tersebut dalam hidupmu. Dengan memaafkan, kamu sudah berdamai dengan rasa sakit tersebut dan siap melangkah ke depan.”

Share the knowledge!