Ternyata, Ada Rumus Matematika dalam Cinta

coupleinlove

Kata siapa cinta hanya tentang perasaan saja? Kata siapa cinta itu nggak bisa diukur? Berarti kamu belum banyak baca artikel Kelas Cinta ,ya? Cinta itu sebenarnya bisa dihitung dan ada rumus matematikanya loh!

o-WOMAN-CONFUSED-facebook

What? Matematika dalam percintaan? Seperti “Aku+Kamu=Kita”? Yah… itu mah basi! Ayo, kita bahas sama-sama sekarang.

Seorang dosen matematika di UC, Hannah Fry menyatakan bahwa cinta dapat dihitung dalam rumus matematika. Ada rumus 3P yang dibutuhkan agar cinta dapat bekerja. Apa saja “P” tersebut?

Proud (Bangga)

Untuk membuat cinta bekerja, kamu harus bangga dengan diri sendiri. Tunjukkan keunikan dirimu yang nggak dimiliki orang lain. Formula “proud” ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh sebuah situs kencan di luar negeri. Studi tersebut melibatkan 5000 perempuan untuk menilai daya tarik diri mereka dengan angka 1-10. Ternyata, perempuan yang menilai diri mereka sangat menarik mendapat ajakan kenalan lebih sering dibanding perempuan yang menilai diri mereka kurang menarik. See? Sebelum mendapatkan cinta, kamu harus bangga dan mencintai dirimu sendiri. lalu “cinta” akan tertarik denganmu.

Content continue below...

Proactive (Aktif)

Jangan aktif tanpa tahu arah dan tujuan! Tentukan dahulu apa yang kamu mau dan apa yang ingin dilakukan. Fry telah membuat percobaan dengan para laki-laki. Dalam sebuah pesta, para pria diminta untuk mengajak kenalan beberapa wanita. Nah, hasilnya mereka mendapatkan pasangan wanita yang sesuai, meskipun beberapa kali ditolak sebelumnya. Lalu, hubungannya dengan matematika? Kalau dihubungkan dengan alogaritma, pria yang lebih aktif memulai dan berkenalan mendapat kesempatan lebih besar untuk bertemu pasangan yang sesuai dibanding perempuan yang diam saja.

Provocable (Dapat Diprovokasi)

Kita terbiasa mendengar kata “provokasi” dengan konotasi jelek. Bahasa sehari-harinya “mengkompori”. Tapi bukan ini yang dimaksud, bukan “mengkompor-kompori” hubungan. Fry mengungkapkan bahwa sesungguhnya hubungan sepasang kekasih akan berjalan dengan baik kalau satu sama lain saling berbicara dengan jujur. Sebuah eksperimen ilmu psikologi yang dilakukan oleh John Gottman membuktikan hal ini. Percobaan tersebut menemukan bahwa pasangan suami-istri yang saling jujur hidup lebih harmonis dan lebih bahagia dibanding pasangan yang diam-diam saja.

Jadi, didapat sebuah rumus agar cinta dapat bekerja, yaitu 3P, Proud+Proactive+Provocable=Love. Sudahkah diterapkan dalam mencari cinta atau dalam hubunganmu?

Share Your Thoughts