Hubungan Bermasalah? Waspadai 5 Efek Stress Ini!

stress

Stres bisa disebabkan oleh kemacetan lalu lintas, masalah keuangan, kehidupan yang sibuk, dan banyak hal lainnya termasuk hubungan percintaan. Nah stres yang disebabkan oleh hubungan percintaan, tidak seperti stres akibat pekerjaan, Anda tidak bisa mengukurnya. Namun, tanda-tanda stres ini ada dan dapat dengan mudah diidentifikasi.

Yang berbahaya sebenarnya bukanlah stressnya, melainkan apa yang Anda lakukan saat stress! Karena kebanyakan orang melakukan hal-hal yang destruktif bagi dirinya sendiri maupun orang lain saat stress. Apalagi stress karena percintaan yang melibatkan minimal satu orang lainnya, yaitu pasangan Anda.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang menunjukkan Anda berada dibawah stres akibat hubungan percintaan, seperti dikutip Boldsky.com. Check these out!

1. Merokok setelah bertengkar.

Para perokok mengklaim bahwa mengisap rokok mampu menghilangkan stres. Bila stress Anda makin intensif, otomatis Anda makin intensif merokok setelah bertengkar. Masalah tidak selesai, paru-paru pun makin rusak. Anda harus membuang kebiasaan ini.

2. Mabuk-mabukan setelah bertengkar.

Minum alkohol adalah salah satu cara pelarian untuk meredakan stres. Bila Anda atau pasangan Anda mabuk-mabukan untuk menghindari masalah hubungan percintaan, sebaiknya hentikan. Minum alokohol tidak akan mengurangi stres, tetapi hanya akan meningkatkan masalah ke depannya dan malah membuat masalah baru.

Alkohol mematikan bagian dalam otak yang berfungsi untuk mencegah manusia melakukan hal-hal bodoh. Jangan sampai Anda melakukan hal bodoh dalam hubungan Anda karena bertengkar di bawah pengaruh alkohol.

Content continue below...

3. Mengendarai motor/mobil dengan mengebut.

Ketika pasangan bertengkar di dalam mobil, itu bisa sangat berbahaya. Ada kalanya pengendara mengebut agar adrenalin mengambil alih pikiran atau agar cepat sampai karena tidak tahan mendengar ocehan pasangan. Sebaiknya Anda tahan emosi jika berada di sebuah mobil. Pertengkaran bisa menyebabkan kecelakaan yang bukan hanya mengancam jiwa Anda saja, tapi juga jiwa orang lain.

4. Menjadi pemarah.

Jika Anda sedang mengalami masalah serius dalam hubungan, Anda pastinya akan menjadi seseorang yang pemarah terus-menerus. Bahkan pada orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan masalah hubungan Anda. Lebih gila lagi, beberapa orang menganggap bahwa orang lain harus maklum dimarah-marahi karena dia sedang memiliki masalah percintaan. Sikap ini bukan hanya berujung menghancurkan hubungan Anda dengan pasangan, namun juga hubungan lainnya dengan keluarga dan sahabat.

5. Menolak untuk makan.

Menolak makan karena gejolak emosi akan menyebabkan kekurangan asupan nutrisi dan hanya akan meningkatkan stres dalam hidup Anda, yang kemudian bergulir dan bergulir hingga ke dalam hubungan Anda. Pastikan Anda mengasup nutrisi tidak perduli apapun kondisi hubungan Anda.

Nah bagaimana dengan Anda, apakah punya cara khusus untuk melawan stress yang diakibatkan oleh percintaan?

Share Your Thoughts