Susah Cari Pasangan? Mungkin Kamu Punya 11 Gejala Kurang Pergaulan Ini!

Friendship Together Bonding Unity Youth Culture Concept

Pernahkah kamu melihat beberapa orang di sering update status galau di media sosial tentang betapa kesepiannya mereka, susahnya jadi seorang jomblo, dan sharing meme galau tentang percintaan. Atau jangan-jangan kamu salah satu dari mereka?

Status jomblo kamu bisa jadi ngenes kalau kamu tidak mengisinya dengan kehidupan menarik dan pergaulan yang luas. Menutup diri dan pikiran, membatasi pergaulan karena minder atau tidak tertarik dapat mempersulit usahamu mencari pasangan. Nah, daripada kamu galau kenapa tidak ada orang yang mau menemani kamu di malam minggu, cek dulu apakah kamu punya gejala orang kuper atau kurang pergaulan berikut ini.

1. Kamu Tidak Tahu Siapa yang Bisa Kamu Hubungi Jika Sesuatu yang Tidak Diinginkan Terjadi

StockSnap_A4PP0PWRDT (1)via Stocksnap

Jika kamu tidak tahu siapa yang bisa kamu hubungi di saat darurat atau butuh bantuan, tandanya kamu perlu memperbanyak pergaulan dengan teman-temanmu. Kamu kurang bersosialisasi dengan mereka, sehingga kamu tidak yakin mereka mau membantumu pada saat sulit. Sesekali, jangan lupa hubungi mereka dan ajak mereka nongkrong, ya!

2. Kamu Hanya Memiliki Satu Teman

StockSnap_CKU65O416Ivia Stocksnap

Sama sekali tidak punya teman memang tidak baik, begitu pula dengan memiliki satu orang teman saja. Memang, punya seorang sahabat dekat yang bisa diandalkan dan mengenalmu luar dalam sangatlah bagus. Namun, kamu juga harus bisa punya lebih banyak teman selain sahabat kamu. Jika sahabat kamu sedang berhalangan hadir untukmu, kamu masih punya teman lainnya untuk mendukung dan menemani kamu.

3. Kamu Memiliki Gejala Stres dan Gangguan Cemas

StockSnap_BJ880XYE9T (1)via Stocksnap

Saat kamu sedang stres dan mudah cemas, kamu pasti enggan bersosialisasi dengan orang lain. Padahal, berdasarkan berbagai studi dan penelitian ilmiah, bersosialisasi dapat mengurangi kadar stres tinggi dan meningkatkan kebahagiaan dalam jiwa kamu.

4. Kamu Kurang Termotivasi Dalam Hidup

StockSnap_FE65E51CF9via Stocksnap

Menurut Psychology Today, menghabiskan waktu dengan orang-orang di sekelilingmu dapat membantumu mengatur prioritas hidupmu. Kamu butuh teman yang bisa menanyai kabarmu dan kesibukanmu saat ini untuk meningkatkan produktivitas hidup kamu. Menjawab telepon atau pesan singkat dari teman dapat memotivasi kamu untuk mencari kesibukan yang bermanfaat.

Content continue below...

5. Teman-Teman Kamu Mulai Berhenti Mengajakmu Berkumpul Dengan Mereka

StockSnap_Q0GSBMDXV8via Stocksnap

Karena terlalu sering mendengar penolakanmu saat mengajakmu berkumpul, mereka jadi malas mengajakmu lagi. Jadi, kalau kamu mulai iri saat melihat foto-foto mereka sedang bersenang-senang di media sosial tanpamu, artinya kamu perlu membuka diri kepada mereka lagi dan tidak lagi menolak ajakan nongkrong mereka.

6. Kamu Hampir Tidak Pernah Memiliki Kenalan Baru

StockSnap_ZQ96G7DSR2via Stocksnap

Jangankan gebetan atau pasangan baru, kenalan baru saja kamu tidak punya! Entah hanya sebagai koneksi baru atau koleksi gebetan, kamu wajib berkenalan terus dengan banyak orang baru! Bertemu dengan orang baru secara konstan dapat mengusir kejenuhan hidup, dan kamu tidak akan pernah tahu siapa jodoh kamu yang sebenarnya.

7. Kamu Mudah Galau di Pagi Hari Karena Kamu Kesepian

pexels-photo-271897 (1)via Pexels

Saat kamu bangun tidur dengan rasa galau dan pesimis, segera hubungi temanmu untuk dukungan sosial. Mungkin saja kamu merasa baik-baik saja di kantor atau di luar rumah, tetapi kamu tidak sadar kalau kamu merasa kesepian dan insecure.

8. Kamu Mudah Sakit-Sakitan

StockSnap_SA20YXQRC4via Stocksnap

Sering sakit-sakitan biasanya dianggap sebagai tanda kamu terlalu kelelahan atau stres, padahal itu hanya permukaannya, lho. Kesepian karena kurang teman adalah salah satu akar permasalahannya. Kesepian dapat melemahkan imun tubuh kamu, meningkatkan inflamasi kronis dan mengurangi senyawa antiviral yang bekerja melawan penyakit dalam tubuhmu.

Share Your Thoughts