Menjadi Jomblo Berkualitas (Part 1)

13-1-crop

Banyak orang merasa malu jika harus mengakui dirinya jomblo. Apapun alasannya, semakin lama single, semakin malu menyatakannya. Padahal sebenarnya tidak ada yang salah dengan menjalani hidup single, asal bermutu ala jomblo berkualitas.

Seseorang yang single punya lebih banyak kesempatan bersenang-senang dengan teman-temannya baik pria maupun wanita. Seseorang yang single dapat berkonsentrasi penuh memuaskan diri dengan penitian karirnya. Seseorang yang single juga punya kebebasan waktu untuk menelusuri hobi atau minat pribadi.  Jadi dibandingkan dengan yang sudah berpasangan, kondisi single justru bisa memberi lebih banyak kemewahan dalam hidup Anda, bukan?

Pertanyaan yang perlu Anda renungkan adalah… apakah sekarang Anda sudah menggunakan seluruh hak-hak kemewahan tersebut?

Karena jika tidak, akan sangat wajar jika Anda merasakan sengat racun kesepian yang bernama depresi saat ini.

Dan yang lebih lucunya lagi, jika Anda berusaha mencari kekasih karena merasa kesepian seperti itu, entah kenapa semua target Anda seakan bergerak menjauh dari Anda. Sadari bahwa semakin Anda mengejar, semakin mereka berlari. Semakin Anda merayu, semakin mereka kehilangan minat pada Anda. Kalaupun Anda beruntung dan berhasil menemukan pacar baru, depresi kesepian itu tidak akan hilang begitu saja, seperti yang sudah saya jelaskan di Pacaran Tidak Obati Kesepian.

Sobat, kelajangan yang tidak dimanfaatkan malah akan cenderung berbalik merugikan Anda! Ada banyak sekali hal yang HARAM Anda lewatkan begitu saja ketika Anda masih single. Coba pikir saja sendiri: apa saja yang bisa Anda lakukan ketika sedang dalam keadaan lajang? Kualitas hidup dan kemewahan apa saja yang sudah Anda lewatkan serta lupa syukuri selama ini? Renungkan prinsip-prinsip pokok berikut ini:

1. KEBEBASAN, KEBEBASAN, KEBEBASAN

Kebebasan akan membuat Anda hidup lebih meriah spontan, seperti anak kecil yang masih minim tanggung jawab. Penting sekali bagi Anda untuk menggunakan kebebasan waktu-energi-finansial ini untuk meningkatkan kualitas hidup semaksimal mungkin!

Content continue below...

Anda dapat pergi ke mana saja dan memutuskan apa saja tanpa perlu mendiskusikannya pada siapapun! Anda bisa bertingkah gila tanpa merepotkan siapa pun selain diri Anda sendiri. Anda tidak perlu dipusingkan dengan rutinitas memberi kabar dan menanyakan kabar tentang kekasih Anda. Tidak ada kewajiban untuk meminta ijin, tidak ada rasa bersalah jika ingin pergi bersenang-senang dengan sahabat Anda.

Ini sepertinya common sense biasa saja, tapi kebebasan adalah kemewahan terbesar yang baru akan Anda rindukan jika nanti sudah punya pasangan. Jangan sia-siakan waktu ini, nikmati kebebasan Anda sekarang juga. Ini perintah!

2. KEUANGAN SEPENUHNYA MILIK ANDA

Salah satu keuntungan dari single adalah Anda tidak perlu membagi pendapatan Anda untuk keperluan rutinitas percintaan. Hubungan itu menghabiskan uang. Orang yang berpacaran wajib menyisihkan pengeluaran tambahan untuk mentraktir kekasih makan dan jalan-jalan setiap minggunya.

Menjadi lajang berarti seluruh kekuatan finansial Anda adalah sepenuhnya milik Anda, bebas untuk digunakan memuaskan diri sendiri. Anda bisa membeli gadget terbaru dan asesorisnya. Anda bebas menonton berbagai film, konser dan mengunjungi party lebih banyak daripada sebelumnya. Anda bisa bebas meledakkan budget untuk keperluan kesehatan dan fitness.

Jika Anda baru saja putus, maka segera salurkan kelebihan uang yang sebelumnya dipakai untuk menyenangkan kekasih Anda untuk memuaskan hati dan diri Anda sendiri, misalnya dengan membeli Playstation 3 yang selalu Anda incar selama ini. Anda berhak menikmati hasil jerih payah Anda. Anda berhak untuk membahagiakan diri Anda sendiri. Bahkan, saran saya… jangan pernah pelit untuk diri Anda sendiri!

Selain dua point ini, masih ada dua point lagi yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan masa lajang Anda, tapi praktekkan dulu dua point ini! Setelah itu, silakan baca Part 2 di halaman ini.

Share Your Thoughts