Ladies, 4 Bahaya Kesehatan dari Memakai High Heels

b895932b92f5d3055464c01b46c02de2

Wanita nampak lebih cantik dengan mengenakan high heels. Namun, bagi sebagian wanita, sepatu/sendal seperti ini nggak nyaman untuk dikenakan dalam waktu. Akan tetapi, ada pula beberapa wanita yang tetap menahan diri untuk mengenakan high heels seharian. Selain agar terlihat cantik, beberapa momen khusus membuat wanita harus mengenakan heels dalam waktu lama.

Meskipun kamu sudah terbiasa untuk memakai high heels dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya untuk tetap membatasi pemakaiannya. Sebab, terlalu lama mengenakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ya, di samping membuat penampilan wanita terkesan seksi dan elegan, high heels dapat membahayakan tubuh wanita.

Sakit Punggung

shutterstock_131393606Terlalu sering mengenakan high heels dapat menyebabkan sakit punggung kronis. Ada banyak hal-hal berbahaya yang bisa terjadi saat sedang mengenakan high heels, seperti ruas-ruas tulang belakang yang bergeser, tulang belakang melengkung hingga, sciatica (rasa nyeri yang menjalar dari punggung bawah, paha, betis, tumit, dan telapak kaki). Sakit punggung yang paling umum dialami oleh wanita adalah ruas tulang belakang yang bergeser.

Tulang Belakang

Dr. Sudeep Jain, konsultan bedah tulang belakang sekaligus direktur di Spine Solutios India, mengatakan, “Mengenakan high heels terus-menerus dapat berbahaya sekali bagi tulang belakang. ini sebabnya sakit tulang punggung sering terjadi pada wanita bekerja.”

Postur tubuh secara otomatis akan berubah saat mengenakan high heels. Perubahan yang terjadi secara tiba-tiba namun nggak konstan (Memakain high heels, lalu melepasnya) bisa mengganggu stuktur tulan belakang yang berakibat sakit punggung, bahkan postur tubuh bungkuk saat sudah lanjut usia.

Hyperlordosis

Kesejajaran tulang belakang dapat terganggu akibta pemakaian high heels dalam jangka panjang. Kondisi ini menyebabkan tulang belakang jadi melengkung, yang dikenal dengan sebutan hyperlordosis. Akibtanya, tulang belakang bisa rusak secara permanen.

Content continue below...

Merusak Jaringan Sendi

Nggak hanya menyebabkan sakit punggung, hyperlordosis juga merusak jaringan pengikat sendi. Apabila dibiarkan begitu saja, akan berpengaruh terhadap keseluruhan persendian, menimbulkan sakit dan peradangan hingga membuat tubuhmu menjadi nggak fleksibel lagi. Kamu akan susah bergerak.

Cukup membahayakan bukan? Adakah yang sudah mengalaminya? Untuk mengatasi gangguan di atas, perbanyaklah istirahat dan berhenti mengenakan high heels. Namun, cara ini belum cukup ampuh untuk meredakan gangguan-gangguan di atas.

Biasanya, banyak orang memilih untuk mengoleskan gel/krim penghilang rasa sakit, atau meminum obat sejenisnya. Namun, cara ini belum bisa menyembuhkan gangguan secara total. Lebih baik segera membicarakan penyakitmu dengan dokter tulang.

Cara lainnya, cobalah dengang mengompres es pada bagian-bagian yang bengkak. Rasa sakit akan sedikit terobati. Jangan lupa juga melatih tubuh untuk meningkatkan fleksibiltias serta mempercepat penyembuhan.

Share Your Thoughts