5 Manfaat Kesehatan dari Menangis

putus cinta

“Jangan nangis ah! Dasar cengeng!” siapa yang sering mendapat kalimat seperti saat masih kecil? Rata-rata semua orang pernah dibilang seperti itu oleh orang tuanya ya. Kalau sekarang, apa kamu masih dibilang cengeng saat menangis?

o-MAN-CRY-facebookKarena selalu dikaitkan dengan sifat lemah dan cengeng, banyak orang yang menahan diri untuk menangis. Terutama pria, mereka pantang menangis saat merasa sakit—baik secara fisik maupun secara perasaan—karena akan dianggap lemah oleh orang-orang di sekitarnya. Tangisan dan air mata itu hanya untuk orang lemah, begitu anggapan yang ada.

Padahal, menangis bukanlah bagian dari sifat lemah. Jika merasa sedih, menangis dapat membuat hatimu sedikit lebih lega. Menangis pun memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Sebuah penelitian menemukan bahwa air mata dapat mengeluarkan kimiawi negatif dari dalam tubuh.

Dilansir dari Net Doctor, berikut ini adalah manfaat kesehatan dari menangis.

Kesehatan Mata

Air mata pastinya keluar dari mata dong, ya? Nah, air mata dapat meningkatkan kesehatan mata. Cairan yang keluar dari sepasang mata kita dapat mencehag kekeringan/dehidrasi pada membran mata yang dapat membuat penglihatan menjadi kabur.

Perasaan Jadi Lebih Lega

Bagaimana perasaanmu ketika menahan tangis? Rasa sesak di dada? Oleh karena itu, jangan menahan air matamu. Ketika merasa sakit fisik maupun perasaan, menangislah. Setelah menangis, organ tubuh seperti sistem limbik, otak, dan jantung akan menjadi lebih lancar. Itulah sebab mengapa perasaanmu menjadi lebih lega seusai menangis.

Content continue below...

Meningkatkan Mood

Tahukah kamu, level depresi seseorang bisa menurun karena menangis. Suasana hatinya akan meningkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna meregulasi sistem metabolisme tubuh.

Air Mata Berpengaruh Terhadap Stres dan Emosional

Menangis rupanya mengeluarkan hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin dari dalam tubuh. Kedua hormon tersebut dapat memicu seseorang menjadi stres. Selain itu, air mata juga membantu melawan penyakit yang disebabkan oleh  stres, salah satunya tekanan darah tinggi.

Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

William Frey, seorang ahli biokimia menemukan bahwa air mata yang keluar dari menangis karena emosional rupanya mengandung racun. Eits, bukan berrarti air mata kita berbahaya ya, melainkan cairan tersebut membawa racun dan mengeluarkannya lewat air mata.

Jadi, siapa bilang menangis itu lemah? Menangis itu menyehatkan, loh.

Share Your Thoughts