5 Cara Usir Rasa Sepi Pasca-Putus

People who are socially isolated may be at a greater risk of dying sooner, a British study suggests. But do Facebook friends count? How about texting?

Sebagian orang merasa takut untuk putus cinta, padahal mereka berada dalam hubungan yang salah, hubungan yang nggak sehat, atau bisa dibilang hubungan yang buruk. Penyebab mereka takut untuk putus beragam, salah satunya karena takut kesepian.

Woman Lying in a Bathtub Holding a MugBenar, setelah putus, nggak ada lagi pria atau wanita yang menemanimu hari-harimu. Nggak ada lagi seseorang spesial yang bisa kamu ajak berkencan. Nggak ada lagi yang mengirimu sms atau meneleponmu di setiap kamu butuh teman bicara. Handphone-mu akan terasa sepi, begitu pula dengan hatimu.

Walaupun begitu, kamu perlu meninggalkan hubungan asamara jika hal tersebut sudah nggak berjalan dengan semestinya. Akan lebih baik untukmu menjadi sendiri, daripada bertahan dalam hubungan yang nggak sehat. Ketika sudah menjadi single, kamu akan merasa bahagia dan dapat menemukan hal-hal dalam dirimu yang terlupakan selama menjalani hubungan.

Lalu, bagaimana mengatasi rasa sepi tersebut? Jangan khawatir, selalu ada cara untuk mengusir rasa sepi setelah putus cinta.

Bergaul

Jangan pernah berpikir bahwa pasangan satu-satunya orang yang bisa mengisi hari-harimu. Kamu masih punya teman-teman, loh. Kalau dahulu kamu lebih banyak menghabiskan waktu dengan pasangan saat pacaran, kini saatnya kamu bergaul kembali dengan teman-temanmu. Kalau perlu, tambah lagi pergaulanmu sehingga kamu memiliki banyak teman. Jangan menyendiri saja di rumah. Rasa sepi itu akan semakin menguat kalau kamu hanya menghabiskan waktu untuk merenungi kepergian mantan. Bergaul dan bermain bersama teman akan menghilangkan rasa sepi dalam hatimu.

Hubungi Teman-Teman Pria/Wanita

Apakah kamu punya teman lawan jenis yang pernah dekat sebelumnya? Hubungi saja lagi mereka. Loh, nggak apa-apa tuh? Bukannya itu dinamakan pelarian? Bukan, bukan, poin ini nggak memintamu untuk menjadikan mereka sebagai pelarian atau langsung menjadikan mereka sebagai pasanganmu. Tetapi, poin ini menyarankanmu untuk mengontak kembali teman lawan jenis yang dulu pernah dekat denganmu. Bertemanlah lagi dengan mereka. rasa sepi itu pun perlahan menghilang dari hatimu.

Content continue below...

Tetapi, pastikan mereka single juga, yah.

Lakukan Kegiatan Baru

Selain bergaul dan mengontak teman lama, lakukan kembali hobi-hobimu yang dulu sempat terhenti karena hubungan asmara. Kini kamu punya banyak waktu luang, kenapa nggak memanfaatkannya? Akan lebih baik lagi jika kamu mencari kegiatan baru yang belum pernah kamu lakukan. Mengikuti kegiatan baru akan membantumu menambah teman-teman baru juga. Rasa sepi itu tentu akan hilang seiring dengan kamu menikmati kegiatan barumu.

Pergi Berlibur

Kalau kamu punya budget lebih, pergilah berlibur. Istirahatkan hati dan pikiranmu dengan pergi ke sebuah tempat yang relaks dan menyenangkan. Ajak temanmu, atau kamu bisa pergi sendirian. Pergi liburan dapat me-refresh dirimu dari segala kepenatan hidup.

Chatting Online

Hmm, bukan pilihan yang baik, tetapi nggak buruk juga. Kamu bisa join beberapa aplikasi chatting dan menemukan teman chatting di dunia maya. Dengan chatting online, seenggaknya rasa sepi itu sedikit terobati. Cara terakhir ini alternatif saja. Kalau kamu nggak ingin melakukannya, lewati saja.

Share Your Thoughts