Apresiasi Dalam Hubungan, Ternyata Penting Sekali

apresiasi

Apresiasi berarti penghargaan, penilaian, pengertian, bentuk itu berasal dari kata kedua “to aprreciate” yang berarti menghargai, dan menilai. Tidak semua orang dapat diberikan apresiasi, kecuali ada seseorang yang pantas menerima apresiasi. Orang suka lupa untuk memberi apresiasi kepada orang lain telah melakukan sesuatu yang pantas dihargai, misalnya pasangan.

Ada banyak sekali bentuk apresiasi yang diberikan, bisa melalui hadiah, perbuatan, atau hal sesimple Thanks sekalipun. Ada begitu banyak pasangan yang tidak tahu betapa pentingnya memberikan penghargaan kepada pasangannya. Mungkin Anda salah satunya, jarang sekali memberikan apresiasi kepada pasangan Anda. Biasanya orang terjebak mengira tidak perlu memberikan suatu bentuk terima kasih, karena mengira itu sudah serta merta kewajiban pasangan untuk melakukan hal tersebut, jadi tidak perlu diapresiasi. Coba diingat-ingat, kapan terakhir kali Anda bilang thanks?

Padahal jika Anda menghargai tindakannya, pasangan akan terpancing untuk lebih sering melakukan hal yang Anda hargai tersebut. Dan sebaliknya, bila Anda tidak mengapresiasi dirinya, dia akan berhenti melakukannya.

Misalnya, Anda pernah meminta dia melakukan sesuatu yang Anda sukai, lalu kemudian dia melakukannya. Entah itu memasakkan sesuatu, menjemput, make up, mencukur jenggot dan kumis, apapun itu. Bila setelah dia melakukannya Anda bersikap biasa saja, tanpa penghargaan untuk usahanya, maka lama kelamaan hal tersebut akan menjadi rutinitas atau malah lebih buruk: pengorbanan.

Nah misalnya lagi, pasangan memasakkan Anda sesuatu tanpa Anda pernah minta, dan ternyata masakannya sangat enak. Berikan apresiasi balasan kepadanya, misalnya dengan membawanya dinner yang romantis. Berikan kalimat ajaib ini: “Sayang, makasih yah udah buatin aku makanan hari ini, makanannya enak banget..”

Lalu bila pasangan Anda rela datang jauh-jauh hanya untuk menjemput maupun mengantar Anda, di depan pintu rumah jangan pernah lupa untuk mengatakan: “Thanks ya sayang..” Atau berikan rasa terima kasih dalam bentuk lainnya keesokan harinya misalnya dengan membuatkan dia makan siang, atau jenis apa saja.

Content continue below...

Jika Anda terus menerus mengapresiasi tindakan pasangan, maka jangan kaget saat melihat dia berinisiatif melakukan hal-hal manis yang tidak pernah Anda minta sama sekali. Ini akan membuat hubungan Anda semakin menarik, dan mengairahkan.

Namun ingat, apresiasi hanya diberikan kepada orang dan tindakan yang memang pantas diberi apresiasi. Bila dia bersikap rese, ngambek dan kekanakak-kanakan namun Anda malah “mengapresiasinya”, misalnya dengan bersikap manis agar dia berhenti bersikap demikian, maka dia akan terus menerus bersikap rese, ngambek dan kekanak-kanakan agar Anda bersikap manis kepadanya.

Lalu, perlakukan apresiasi sebagai balasan, bukan sogokan. Karena bila seseorang diapresiasi sebelum dia melakukan apa-apa, dia tidak akan melakukan apa-apa.

Nah bagaimana dengan Anda, apakah punya cara sendiri untuk menghargai pasangan? Yuk berbagi di kolom komentar.

Share Your Thoughts