Jika Pasangan Suka Mengatur Kamu Soal 5 Hal Ini, Putuskan Dia Saja!

Mengatur Kelas Cinta

Jika kamu memiliki hubungan yang sehat bersama pasangan, kalian tidak akan mudah meributkan perkara kecil seperti ke mana kamu pergi, kamu bersama siapa saat ini, dan kenapa kamu mengunggah foto dengan teman lawan jenis di media sosial. Pasangan tidak berhak mengatur kamu soal itu dan sebaliknya.

Sayangnya, masih banyak pasangan yang menganggap masalah-masalah tidak penting tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Sehingga banyak dari mereka mengatur-atur pasangannya setiap kali dia cemburu atau insecure. Dimulai dari membatasi pergaulan, mengecek ponsel, melarang pasangannya mengunggah foto-foto tertentu di media sosial, dan lain sebagainya.

Pasangan kamu salah satunya? Memiliki insecurity itu normal, tetapi jangan sampai insecurity pasangan mengekang kamu dalam hubungan. Jika kamu masih bingung pasangan tidak boleh mengatur kamu dalam hal apa, berikut ini adalah jawabannya.

1. Cara Kamu Memilih Teman dan Dengan Siapa Kamu Bergaul

brooke-cagle-39570via Unsplash

Kecuali kalau temanmu memberikan pengaruh negatif padamu, pasangan tidak berhak melarang kamu bergaul dengan siapa pun. Sebelum kamu punya pasangan, kamu punya teman, jangan sampai teman-temanmu menghilang karena kamu meninggalkan mereka saat pasangan cemburu.

Pasangan memang tidak harus menyukai temanmu. Akan tetapi, dia wajib menghormati pilihan kamu untuk berteman dengan mereka. Jadi, kalau pasangan mulai mengatur kamu untuk tidak lagi bergaul dengan temanmu, tinggalkan saja dia.

2. Apa Saja yang Kamu Unggah ke Media Sosial Kamu

jacob-ufkes-195221via Unsplash

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam memanajemen media sosial mereka. Kamu bebas mengunggah konten apapun ke media sosial kamu. Baik mengunggah soal hobi, teman-teman, pekerjaan, apa saja. Pasangan sama sekali tidak punya hak untuk menentukan siapa yang boleh kamu follow atau unfollow, konten siapa saja yang kamu sukai, dan lain sebagainya. Kalau dia tidak suka dengan konten media sosial kamu, suruh saja dia unfollow kamu.

3. Cara Kamu Membalas Pesan Teks Darinya

luke-porter-203637via Unsplash

Content continue below...

Kecuali kamu sedang dalam situasi darurat, pasangan tidak perlu menuntut kamu membalas pesan teks dia dalam waktu cepat. Misalnya, kamu tidak membalas pesan singkat dalam 5 menit saja, pasangan sudah curigaan padamu, artinya hubungan kalian sudah tidak sehat. Ingatkan pasangan bahwa hidup kamu tidak hanya untuk dia saja.

4. Ketika Kamu Ingin Berjumpa Dengan Keluargamu

i-m-priscilla-149914via Unsplash

Dalam pernikahan, ada kalanya kamu sulit memilih antara keluarga atau pasangan pada situasi tertentu. Dan dalam semua hubungan, pasti ada kompromi. Misalnya, minggu ini kamu bertemu keluargamu, dan minggu depan kamu menghabiskan waktu bersama pasangan. Akan tetapi, pasangan tidak boleh melarang kamu menemui keluargamu.

Pasangan yang ingin mengontrol akan berusaha memisahkan kamu dari keluarga dan teman-teman kamu agar kamu hanya bergantung pada dia saja. Jika kamu mulai sadar pasangan sedang mengisolasi kamu, segera akhiri hubungan sebelum terlambat!

5. Cara Kamu Menghabiskan Waktu Sendiri

tim-stief-65281via Unsplash

Semua orang berhak memiliki waktu sendiri. Selama positif, apapun yang kamu lakukan untuk meluangkan waktu sendiri tidak berhak diganggu gugat oleh siapa pun. Meski sudah punya pasangan, kamu tetaplah individu yang punya minat dan passion yang bisa membahagiakanmu. Apabila pasangan berusaha melarang kamu melakukan hobi kamu atau menyuruh kamu meninggalkannya, berarti dia bukan pasangan yang tepat buat kamu.

Jangan biarkan pasangan meyakinkanmu bahwa tanggung jawab terbesarmu adalah membahagiakan dia dan mengurus dia. Orang yang melarang-larang kamu menggeluti minatmu adalah mereka yang tidak puas dengan dirinya sendiri.

Share Your Thoughts