Ladies, Waspadai 11 Gejala Narsisisme pada Pasangan Atau Teman Kamu!

pablo-charnas-180193

Kalau kamu berpikir gangguan narsisisme adalah kamu sering selfie atau jadi banci kamera, kamu salah besar, Ladies. Tanda-tanda penyakit narsisisme pada seseorang jauh lebih halus dan sering kali tidak kamu sadari. Banyak orang—mungkin termasuk kamu—yang tanpa sadar terjebak dalam pengaruh orang narsis yang kelihatannya baik-baik saja namun sebenarnya mereka hanya menguras energi dan kesehatan mentalmu.

Berkebalikan dari pandangan kebanyakan orang yang berpikir seorang narsistik pastilah orang yang terlalu mencintai dirinya sendiri, orang narsis justru malah membenci dirinya sendiri dan menganggap merekalah yang paling buruk di antara semua orang—meski mereka amat sangat malu dan nyaris tidak pernah mau mengakuinya. Jadi, kamu bisa menyingkirkan pemikiran bahwa dengan mencintai diri sendiri sama saja dengan narsis, ya.

Nah, mengingat gejala narsisisme pada seseorang sering kali luput dari pandangan mata, berikut ini adalah 11 gejala orang yang memiliki gangguan narsisisme yang bisa kamu perhatikan di kehidupan sosial sehari-hari.

1. Saat Sedang Mengobrol, Dia Sering Menyela Pembicaraan Untuk Membicarakan Dirinya Sendiri

giphy (64)
via Giphy

Setiap kali kamu mengobrol dengan orang narsis, dia tidak akan membiarkanmu membicarakan hal lain selain dirinya sendiri. Makanya, ketika topik obrolan beralih ke hal lain, dia menyela pembicaraan agar kalian kembali membicarakan dirinya sendiri. Obrolan kalian terasa seperti searah, karena kemungkinan besar dia tidak akan mau mendengarkanmu membicarakan hal lain.

2. Saat Kamu Mengutarakan Perasaanmu, Dia Tiba-Tiba Hilang Minat Untuk Mendengarkanmu

giphy (63)
via Giphy

Kalau kamu ingin curhat atau mengeluarkan uneg-uneg, orang narsis akan mengabaikanmu. Karena seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, dia malas mendengarkan orang lain membicarakan hal lain selain dirinya sendiri. Dia hanya ingin kamu memujanya, dan ketika dia membutuhkanmu secara emosional, dia pasti malas hadir untukmu.

3. Saat Membutuhkan Seseorang, Dia Berusaha Meluluhkan Hati Orang Lain dengan Pesonanya

giphy (65)
via Giphy

Ya, orang narsis memiliki pesona yang sulit ditolak olehmu dan orang lain. Biasanya, pesonanya inilah yang menjadi daya tariknya untuk memancing perhatian orang lain. Orang narsis akan melakukan segala cara, baik itu benar atau salah, untuk membuktikan dirinya orang yang paling menarik dan terbaik di antara orang lain.

4. Saat Kamu Membuka Akun Media Sosial Orang Narsis, Kamu Tidak Akan Pernah Menemukan Satu Pun Foto Dirinya yang Jelek

giphy (66)
via Giphy

Menurut W. Keith Campbell, Ph.D., kepala Departemen Psikologi di Universitas Georgia, orang narsis tidak pernah memiliki foto dirinya yang jelek di media sosial. Hal ini disebabkan karena dia merasa sangat wajib menjaga status sosialnya, sehingga dia sangat sadar diri jika penampilannya terlihat jelek dan bersikap perfeksionis terhadap penampilannya. Jadi, dia selalu mengunggah foto dirinya agar dianggap menarik di mata semua orang.

5. Saat Melakukan Kesalahan, Dia Pasti Menyalahkanmu atau Orang Lain Karena Baginya Dia Tidak Pernah Salah

giphy (67)
via Giphy

Ketika dia melakukan kesalahan, orang narsis pasti akan memutarbalikkan fakta seolah apa yang dia lakukan bukanlah kesalahannya. Misalnya, saat dia menceritakan masalah pribadinya padamu dan kamu berpikir dia yang bersalah dalam masalah tersebut, dia pasti berkata, “Justru dia yang salah karena bikin gue marah sama dia!”

Saat dia ditegur oleh kamu atau orang lain, dia akan merasa paling disalahkan dan menganggap dirinya sebagai korban. Kamu tidak akan pernah mendengar dirinya yang salah dan meminta maaf padamu.

Content continue below...

6. Saat Dikritik, Dia Tidak Pernah Bisa Menerimanya dengan Baik

giphy (68)
via Giphy

Dikritik memang sakit rasanya. Tetapi, orang narsis akan selalu menanggapi kritik dengan ekstrem. Sekecil apapun kritik yang dia dengar dari siapa saja, dia tidak akan pernah bisa menerimanya. Dia akan menganggapmu tidak kompeten untuk mengkritik dirinya dan akan membencimu karenanya. Setiap kritikan yang didengar dia masukkan ke dalam hati dan dia akan menyimpan dendam padamu.

7. Saat Kamu Berteman atau Berpasangan Dengan Orang Narsis, Kamu Merasa Seperti Harus Memberinya Pujian Secara Konstan

giphy (70)
via Giphy

Kamu pasti berteman dengan seorang narsistik kalau kamu merasa harus memberinya pujian untuk menghindari atau menyelesaikan konflik. Memang, dalam pertemanan, kamu dan sahabat harus saling memberikan dukungan dan afirmasi positif. Tetapi, lain ceritanya jika dukungan dan afirmasi tersebut hanya berjalan searah, kamu merasa energimu terkuras secara mental sampai-sampai kamu harus memutuskan hubunganmu dengan orang seperti itu.

8. Saat Kamu Menceritakan Masalahmu, Dia Selalu Bersikap Sok Tahu dan Memberikan Saran Tanpa Diminta

giphy (72)
via Giphy

Orang narsis selalu sok tahu akan segala hal dan pasti memberikan saran tanpa diminta oleh orang lain. Dengan melakukan ini, dia ingin merasa dianggap orang penting dan paling pintar. Saat ditegur, dia akan berdalih dia ingin membantumu, tetapi sebenarnya dia hanya ingin menunjukkan dirinya paling tahu di antara semua orang.

9. Saat Dia Meminta Bantuanmu, Dia Tidak Pernah Sabar dan Menuntutmu Untuk Memprioritaskannya

giphy (75)
via Giphy

Berhubung dia merasa dirinya paling spesial, dia selalu menuntut orang lain untuk membantunya di saat itu juga tanpa harus menunggu lebih lama. Dia akan berkata, “Gue kan sahabat lo, lo pasti bisalah bantu gue dulu!” atau “Aku kan pacarmu! Harusnya aku jadi prioritas utama kamu!”

Dia merasa dirinyalah yang paling berhak untuk diutamakan dan orang lain tidak boleh mengurusi hal lain selain dirinya sendiri.

10. Saat Bersaing, Dia Tidak Pernah Mengakui Kekalahan atau Selalu Merendahkan Orang Lain Saat Menang

giphy (74)
via Giphy

Kamu tidak akan bisa bersaing sehat dengan orang narsis. Dia tidak bisa menerima kekalahan, selalu marah-marah atau merasa dicurangi olehmu. Dan sekali pun dia menang, dia selalu merendahkan orang yang kalah dan menganggap dirinya superior di antara yang lain. Dia bisa menghalalkan segala cara untuk memenangkan sesuatu, meskipun dia harus menyakiti orang lain untuk meraih kemenangan tersebut.

11. Saat Kamu Menegurnya, Dia Tidak Akan Sadar Diri dan Malah Menyebutmu Gila Karena Ucapanmu Tidak Masuk Akal

giphy (73)
via Giphy

Seperti bentuk gaslighting yang acap kali dilakukan oleh orang abusive, orang narsis pasti akan memutarbalikkan fakta dan kenyataan setiap kali kamu menegurnya. Kamu akan meragukan dirimu sendiri karena kepercayaan dirimu dilumpuhkan olehnya. Kamu jadi tidak bisa membedakan mana yang benar dan yang salah karena dimanipulasi olehnya. Jadi, kalau kamu merasa insecure dan kehilangan identitas dirimu karena bergaul atau berhubungan dengan sahabat atau pasanganmu saat ini, sebaiknya kamu menjaga jarak atau memutuskan hubungan dengan mereka.

Share Your Thoughts